Taufan-Prakoso-about-Me-PS

Hai, nama saya Taufan Prakoso. Atau panggil saja saya Topan. Dilahirkan di Yogyakarta, Indonesia. Saya pernah menduduki bangku di :

  • Playgroup Dewi Safitri, Yogyakarta.
  • TK Al-Anab, Kotagedhe, Yogyakarta
  • SD Muhammadiyah Sokonandi, Yogyakarta,
  • SMP Negeri 16, Yogyakarta,
  • SMU Muhammadiyah 2, Yogyakarta.

Saya juga merupakan alumni dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Yogyakarta, Jurusan Hubungan Internasional. Saya adalah pribadi yang jujur, loyal, berdedikasi tinggi, dan sanggup bekerja dibawah tekanan.  Saya memiliki beberapa pengalaman pekerjaan yang sejarahnya telah saya lampirkan di Curriculum Vitae.

* Loh kok malah kayak nglamar pekerjaan gini? *

Hehehe..

Sebenarnya laman ini hanyalah untuk catatan pribadi saja, bukan untuk konsumsi publik. Di laman ini saya mencoba menerawang titik-titik yang berhamburan pada kehidupan saya. Kemudian saya akan men-tracking dan menghubungkannya dengan sesuatu di masa depan untuk menemukan hikmah dari misteri kehidupan ini.

 

وَلْتَنظُرْ نَفْسٌۭ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۢ

Hendaklah seseorang memperhatikan apa yang ada di masa lalu, untuk dia bisa menentukan apa yang akan terjadi di masa depan.
QS. Al-Hasyr [59] : 18

 

Yuk mari kita mulai:

2002

  • Saya suka lagunya EMINEM. Pernah saya menterjemahkan setiap lirik lagu rap beliau ke dalam bahasa Indonesia hanya karena ingin tahu apa maksud lagu yang sedang dinyanyikannya. Saat itu saya masih SMA. Selain itu, saya juga fans berat dari tim sepak bola Italia, Inter Milan. Namun, sekarang saat menulis blog ini, saya sudah tidak fanatik lagi, biasa aja 🙂

2003

Juli 2003

  • Lulus SMA. Saat SMA saya berada pada kelas konsentrasi IPA, tapi tidak tahu kenapa kuliahnya saya ambil IPS?
  • Kuliah di jurusan Ilmu Politik (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN Yogyakarta). Namun pada pertengahan kuliah saya lebih banyak mempelajari ilmu komputer daripada Ilmu Politik itu sendiri. Alhasil, saya menyelesaikan kuliah lebih lama di banding mahasiswa normal pada umumnya. Hehehe..
  • Saat masih kuliah, saya memiliki beberapa “pekerjaan sambilan” seperti jagain rental VCD, volunteer di gallery pameran lukisan, sampai volunteer event organizer wisata kuliner, untuk menambah uang jajan. Karena saya gak bakal bisa beli makan siang di kantin kampus sembari menunggu jam kuliah selanjutnya kalau tidak cari-cari kerjaan sampingan. Hehehe..

2004

  • Masih mencari jati diri. Kelayapan hampir tiap hari, keluar malam pulang pagi. Nongkrong sana-sini, nginep sana sini.
  • Di tahun ini pula saya pernah merasakan lumpuh, gak bisa jalan, bahkan gak bisa bangun dari tempat tidur, sakit sekali. Bisa bayangin nggak? 🙂

2005

Di sekitar tahun 2005

  • Belajar iseng-iseng membuat lagu pertama saya, semacam lagu hiphop gitu deh (meskipun suaranya berantakan dan kacau balau) menggunakan software Fruity Loops dan microphone yang biasanya di pakai ibu saya buat pengajian di rumah. Sempat saya publish di blog ini, lagunya sangat suram. Hehehe..

Desember 2005

  • Saya kehilangan Ayah saya saat tragedi Tsunami di Aceh.

 

2006

  • Gempa Jogja. Kota ini penuh dengan debu dan sempat lumpuh. Rumah-rumah runtuh. Bangunan-bangunan roboh. Cita-cita kami terhenti sejenak, tak berdaya, namun harapan tak akan pernah sirna.

 

2007

  • Pertamakali nge-blog di WordPress.com. Itu aja karena terpaksa. Saat itu seorang dosen di kampus saya, namanya Hikmatul Akbar (panggilannya Pak Kiki) mentitahkan para mahasiswanya untuk mengumpulkan tugas kuliah bukan pada sebuah tulisan di lembaran kertas, namun pada sebuah tulisan di-blog. Saat itu mata kuliah Politik Cina. Awalnya males banget, aneh-aneh aja masa’ tugas kuliah suruh ngerjain di-blog, wah harus ke warnet nih. Tapi setelah itu saya jadi ketagihan nge-blog dan membuat sesuatu di Internet sampai sekarang, bahkan sekarang saya dapat menghasilkan pendapatan dari Internet.
  • Pesan moralnya adalah bahwa hikmah tidak selalu datang pada sesuatu yang yang kita suka. Kadang ia datang dari hal-hal yang kita benci. Terima kasih pak 🙂

 

2008

Di pertengahan tahun 2008, saat masih kuliah, saya iseng-iseng les belajar bahasa jepang. Alasanya, bahasa Inggris kan udah biasa, dan saya ingin sesuatu yang lain. Lagian kan banyak tuh perusahaan Jepang di Indonesia, pikir saya, siapa tau ilmu nya bisa kepake kelak.

Setelah beberapa bulan, saat sedang asyik belajar dan menterjemahkan bahasa Jepang, tentu saja saya membutuhkan sebuah kamus. Saat itu saya sudah memiliki sebuah kamus berbetuk buku yang sangat tebal. Nah, sayangnya saat itu saya tidak menemukan software desktop (komputer) penterjemahan bahasa Jepang-Indonesia di internet. Muncul keinginan untuk mempelajari bahasa pemograman Visual Basic untuk membuat Software kamus bahasa Jepang untuk komputer. (Jaman dulu belum ada smartphone)

Ok, bisa teman-teman lihat sendiri, betapa anehnya saya. Hehehe.. Les bahasa Jepang belum selesai, udah les bahasa pemograman. Udah gitu kuliah Ilmu Politik saya gimana? Semua nya benar-benar tidak ada yang nyambung. Saya tidak pernah menyadari bahwa saat itu saya benar-benar gagal fokus.

Namun, setelah software kamus bahasa Jepang-Indonesia yang saya beri nama Kaijin Dictionary tersebut selesai dikerjakan dan saya publish untuk umum, dan telah di-download lebih dari 35.000 orang di seluruh dunia, barulah saya merasa bahagia, meskipun semua itu telah mengorbankan beberapa waktu-waktu terpenting dalam hidup saya.

Apakah saya mendapatkan keuntungan finansial dari apa yang saya lakukan? Tentu saja tidak. Tapi saya suka melakukannya, dan kelak saya hanya ingin bekerja di tempat dimana saya dibayar KARENA saya melakukan sesuatu hal yang saya suka. Namun akhirnya pada tahun 2012 saya berhenti mengembangkannya software kamus ini karena suatu kesibukan lainnya.

Saya berkonsentrasi pada proses, dan bukan pada hasil akhir. Hidup serasa lebih mudah jika kamu percaya pada proses.  Ingin berhasil? Kamu harus sabar. Kamu menanam benih hari ini, tapi kamu mungkin tak melihat tanaman itu tumbuh untuk sementara waktu pada awalnya. Fokus pada apa yang BISA kamu lakukan, dan percayalah pada proses. Jangan Sukses Dijadikan Tujuan, Karena Kesuksesan Seseorang adalah Buah dari Proses yang Dia Jalani.

 

2009

Saat masih kuliah, sekitar tahun 2009 (masa-masa skripsi), saya menemukan mainan baru. Yaitu bahasa pemograman HTML dan PhP. Tentu nya mainan saya ini dapat di-implementasikan pada bidang desain web.

Saya mulai lebih aktif nge-blog, dan belajar  membuat website. Mengenal apa itu hosting, cPanel, domain. Dan mulai ber-eksperimen bermain degan kode-kode yang menurut saya rumit (karena di kuliah gak di ajarin kayak gini). Saya membuat dan membangun web mulai dari nol secara otodidak. Tanpa ikut les atau pelatihan khusus. Mulai belajar apa itu SEO (Search Engine Optimation), apa itu Page Rank dan lain sebagainya. Satu-satunya guru saya adalah Google. Tempat dimana saya selalu menimba ilmu sampai dengan sekarang.

Saya harus ke warnet setiap saya mau belajar. Maka saat di rumah, saya mencatat setiap hal yang ingin saya cari atau pelajari dalam secarik kertas, setelah terkumpul banyak, barulah saya ke warnet. Hal itu saya lakukan agar menjaga setiap detik-demi-detik waktu di warnet benar-benar efisien. Karena bagi saya biaya per-jam di warnet lumayan mahal saat itu.

Saat sibuk belajar mencari tutorial di Google, di sini saya menyadari, bahwa Bahasa Inggris itu penting, bahkan sangat penting. Karena ada ilmu-ilmu yang tidak bisa didapatkan dalam versi Bahasa Indonesia. Saya tidak terlalu bisa bahasa Inggris saat itu, tapi sedikit-sedikit saya telah balajar. Semua berawal dari keterpaksaan yang kemudian berubah menjadi kebiasaan, yang pada akhirnya menjadi sebuah hobi.

 

2010

Di awal 2010, Februari setelah saya wisuda. Dua bulan kemudian saya diterima bekerja di sebuah Apple Store di daerah Yogyakarta. Di mall terbesar di kota ini. Beruntungnya saya, baru lulus kuliah udah langsung dapat kerja. In here, understand Apple Mac OS and iPhone Operating System is a MUST. Banyak sekali hal baru yang saya dapat di sini. Tidak ada 1 tahun, di akhir tahun 2010 akhirnya saya keluar dan merintis usaha sendiri berupa Service iPhone, aplikasi dan upgrade iOS mengandalkan sosial media.

 

2011

Kemudian awal 2011, saya menjadi Freelance Web Designer di sebuah Advertising company, yang bergerak dalam bidang Promotion, Wedding Video & Video animation. Selain itu saya juga telah menjadi Google Publisher sejak tahun 2008 sampai saat ini, meskipun belum bisa dijadikan lahan penopang kehidupan utama, karena saya memang belum benar-benar serius menggelutinya. Just have fun, yang penting saya suka melakukannya.

Hal-hal yang saya lakukan di atas semuanya bukan merupakan bidang saya, tapi saya berhasil melakukan dan mewujudkannya. Karena saya percaya: “Apapun hal yang kita yakini, pasti bisa tercapai.”

That’s the point. Life is NOT always about skills. Sometimes the person who wins is the person who believe he/she can win!

Poin-nya adalah, hidup ini BUKAN semata-mata tentang keahlian. Kadang orang yang menang adalah orang yang yakin ia bisa menang !

Just believe it, and make it happen.

 

Hobby saya saat itu adalah mentertawakan diri sendiri, hahaha.. (karena saya tak akan dan tidak ingin mentertawakan orang lain, apalagi mentertawakan impian orang lain), saya suka humor, juga suka travelling, wisata alam, ngopi-ngopi, nongkrong di pinggir jalan sambil ngomentari orang lewat, hahaha.. suka menulis, sedikit programming, webdesign, blogging, japanese, twitteran, Social Media Marketing, bisnis, suka bikin quote, futsal dan ada kalanya ingin menyendiri. (Nanti pada akhirnya, di era 2013, hobi-hobi saya di tahun ini mengerucut menjadi lebih sedikit)

Masih di tahun 2011, saya mendirikan startup pertama saya. Toko online fashion. Yang kemudian gulung tikar beberapa bulan kemudian, karena saya ternyata belum siap atau belum tahu apa itu Internet Marketing yang sebenarnya. Tapi (nanti) beberapa tahun kemudian, ternyata kegagalan ini memberikan banyak pelajaran bagi saya di tahun-tahun berikutnya saat akan memulai lagi.

Jika kita menikmati setiap proses menuju tujuan kita, maka setiap kegagalan itu tidak akan pernah terasa.

2012

  • Di tahun 2012  saya menjadi salah  seorang pelunis pada portal berita online di Situs Anti Gaptek NGONOO.com dan website rujukan aplikasi Android nomer 1 di Indonesia APLIKANOLOGI.com.
  • Di tahun ini saya sibuk menulis dan menulis, sehingga tidak sempat utak-atik sesuatu atau menciptakan sesuatu yang baru.

 

2013

  • Saya mendirikan startup ke-2 saya. Sekarang kamu bakal lebih sering menemukan saya di Ambarrukmo Plaza Yogyakarta, karena kami memiliki sebuah counter kecil yang menangani service dan solusi untuk berbagai produk Apple di sana. Mau service iPhone dan MacBook, silahkan. Info selanjutnya kunjungi JogjaGadget.com
  • Belajar menggunakan IFTTT -Terima kasih banyak karena membuat hidup saya jadi lebih mudah-

 

2014

  • Saya mulai jatuh cinta dengan WooCommerce. Sebuah plugin WordPress untuk menangani penjualan produk dalam sebuah web online shop.
  • Saya mematikan domain pertama saya yang fenomenal dan me-legenda.. lebih tepatnya, tidak saya perpanjang lagi sewanya, yaitu www.topan.web.id, hehehe.. (karena sebuah alasan) dan kemudian berpindah ke blog yang sedang teman-teman baca saat ini.
  • Banyak mempelajari cara menjadi Affiliate Marketer untuk pasar lokal seperti di Ratakan, SociaBuzz, Convertion8 dan lain-lain.

Kira-kira bulan Agustus 2014,

  • Saya belajar ilmu mengenai SSH (Secure Shell) yaitu sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.
    Yang nantinya ini akan berhubungan dengan VPS (Virtual Private Server) untuk me-manage server web. Disini jadi banyak tau apa itu Cloud Server, Server Nginx, dan lain-lain. Saya masih sangat awam mengenai hal ini dan butuh lebih banyak belajar, karena sangat berguna untuk mengeruk celah-celah harta karun dollar yang ada di internet sana.
    Thanks to mz @tediscript, mz @gojeg dan mz Anjrah Susanto yang udah ngajarin tentang SSH, VPS dan Cloud Server :*
  • Mulai belajar menjadi Affiliate luar negeri di Amazon dan Viglink.

 

September 2014

  • Mulai belajar otodidak membuat aplikasi Android pertama saya dari NOL. Dari yang tidak tahu apa-apa tentang pemograman Android sampai mulai tahu caranya mengunggahnya ke PlayStore untuk pertama kali dalam hidup. Terima kasih kepada Google, tempat dimana saya menimba ilmu 🙂
  • Seterusnya, saya juga sedang memperdalam mengenai Internet Marketing lebih dalam.. dan lebih dalam lagi.. hingga suatu saat saya berhenti, kemudian bisa mengajarkannya kepada orang-orang yang membutuhkannya.

 

2015

Januari 2015

  • Mulai jatuh cinta dengan Buffer.com. –Sebuah tools Social Media Publishing untuk mem-posting sebuah konten ke beberapa akun Social Media sekaligus secara otomatis. Dulu tahun 2010 sampai 2014 saya menggunakan HootSuite, tapi tidak lagi untuk saat ini.
  • Mulai banyak belajar dengan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran di Internet, seperti Copywriting, List Building, Strategi Penjualan dengan Teknik Funneling, dan lain-lain.
  • Membangun beberapa assets akun anonim social media di Instagram, Facebook dan Twitter untuk menyebarkan pesan kebaikan dan untuk keperluan menjaring calon customer di masa depan.

April 2015

  • Mulai membangun situs yang menjual produk-produk dengan niche Kesehatan untuk pasar dalam negeri.

Mei 2015

  • Belajar Facebook Conversion Pixel untuk keperluan Facebook Ads (beriklan di Facebook).

Oktober 2015

  • Mulai membangun situs yang menjual produk-produk Fashion wanita untuk pasar Internasional.

November 2015

  • Saya memiliki kamera Canon pertama saya dan mulai belajar membuat konten video. Mulai banyak googling apa itu kamera DSLR, apa itu Mirrorless, apa itu Grading dalam proses video editing dan mencari tahu istilah-istilah perfilman lainnya.
  • Saat inilah saya mulai nge-vlog (Video bLOG) di Youtube. Yah, meskipun dengan kualitas yang biasa-biasa saja (namanya juga baru pemula). Tapi saya akan terus belajar 🙂 Info selanjutnya:  youtube.com/TaufanPrakoso  (saat kamu membaca tulisan ini, saya sudah berhenti mainan kamera gaess..)

Desember 2015

  • Mulai belajar software Adobe After Effects dan Adobe Premiere, untuk kepentingan video editing.
  • Belajar NEW Facebook Pixel. (Versi terbaru Facebook Conversion Pixel) untuk keperluan Facebook Ads dan Instagram Ads.
  • Belajar EasyEngine, yaitu software opensource yang dikembangkan oleh sekumpulan developer India untuk memecahkan masalah pada web dengan platform WordPress. Dengan hanya sebaris code kita bisa membuat sebuah situs yang memiliki loading lebih cepat.
    Terima kasih kepada kak @rasarab, @bernadsatriani dan @laabroo yang sudah memandu selama seharian di Spam Hoz.

 

2016

Januari 2016

  • Pertamakali berlangganan TV Streaming. Yaitu NetFlix, yang baru saja masuk Indonesia pada awal 2016 ini. NetFlix adalah streaming media company, dimana kita bisa nonton film Box Office dan Film seri terbaru secara online dan legal. (Sayangnya, pada Febuari 2016, ISP Telkom Speedy mem-blokir NetFlix, gak bisa nonton film lagi deh) 😛
  • Mulai suka dengan OnlyPult. Social Media Manager untuk Instagram.

Maret 2016

  • Tidak lagi menggunakan OnlyPult, dan beralih ke Instamate untuk me-manage Instagram

April 2016

  • Pertamakali menggunakan dan berlangganan sebuah teknologi yang dinamakan dengan VPS Windows. Dimana kita bisa memiliki sebuah Operating System yang tertanam di server Internet yang berjalan 24 jam non-stop bahkan saat komputer/laptop pribadi kita dimatikan sekalipun. Nanti kita bisa me-remote-nya dari komputer lain ataupun dari Android. Ini untuk keperluan penting saya yang terlalu spesifik, sulit untuk dijelaskan di sini 😐

Mei 2016

  • Sudah tidak mem-posting di akun Instagram pribadi. Takut Riya’. Namun lebih banyak posting hal-hal bermanfaat di akun Instagram  @motivasee, @dokternews, @risalahmuslim dan @jogjagadget

Agustus 2016.

  • Mulai mengintegrasikan semua web saya menggunakan SSL (Secure Socket Layer) yaitu lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang tangguh. Akan tampak dari alamat web diatas diawali dengan https:// dengan icon hijau 🙂
  • Mulai berpindah server web dari DigitalOcean ke OVH. Mematikan plugin WP SuperCache dan menggantinya dengan plugin cache lain, yaitu W3 Total Cache ke semua web. Tidak lupa juga mematikan plugin JetPack by WordPress karena katanya bikin loading web jadi lemot.

 

September 2016.

  • Mulai merencanakan dan sembari membuat kategori baru di blog saya  dengan niche Ilmu Pengetahuan Umum.

Oktober 2016.

  • DATABASE semua web saya gak sengaja ter-DELETE. Dan saya tidak punya back-up. Saya deg-degan, kerjaan bertahun-tahun bisa hilang nih. Namun akhirnya semua bisa teratasi. Terima kasih mz @merembablas yang telah memandu cara mengembalikan database web saya yang terhapus secara tidak sengaja tadi dari server. Semoga kebaikan selalu menyertaimu.

November 2016.

  • Pertamakali pake server web menggunakan Prosessor 2 Core dan RAM 8GB. —Biar bot-nya tambah rajin yang kerja :v

Desember 2016.

  • Mulai memperbaharui aplikasi-aplikasi Android saya di PlayStore setelah 2 tahun tidak tersentuh. Sebagian aplikasi ada yang saya turunkan dari PlayStore–karena mungkin saya anggap tidak layak lagi– Inisiatif memperbaharui aplikasi ini timbul saat melihat statistik dan mengetahui bahwa salah satu aplikasi saya–HaditsLengkap–ternyata aktif digunakan pada kurang lebih 8000 device, padahal aplikasi yang saya bikin ini sudah saya uninstall sejak lama di HP pribadi. Hehe.. saya cukup takjub, yang menginsprasi saya membuat aplikasi baru lainnya.  Anda bisa mengunjungi aplikasi-aplikasi saya lainnya di Play Store. Mohon maaf jika seadanya, maklum baru belajar.

Desember 2016.

  • Memulai membuat dari awal dan mengunggah aplikasi Android saya yang ke-5. Yaitu KAMUSIH – Kamus Indonesia Inggris, Inggris Indonesia, KBBI, Tesaurus dan Peribahasa dalam 1 aplikasi. Terima kasih untuk Android Studio dan Google Firebase.

2017

Januari 2017.

  • Karena udah gak tau mau nulis apa lagi di blog ini, maka saya coba jualan produk fashion untuk pria dan wanita. Hehehe.. Dengan target market lokal, produk pertamanya adalah Jaket, Sweater, Jumper dan semacamnya gitu deh.

Febuari 2017 

  • Mempelajari web scrapping menggunakan import.io. Sebenarnya service ini sudah pernah saya gunakan tahun lalu, namun dulu hanya sekedarnya (hanya ingin tahu saja) tapi sekarang saya akan mempelajarinya secara lebih dalam. Disini saya akan banyak bertemu dengan file-file json dan csv.  Saya sangat takjub dengan teknologi ini. (((TAKJUB))) 😀
  • Akhir-akhir minggu ini selalu mengawali hari dengan membuka Google Spreadsheet. Hampir semua kegiatan saya lakukan disini, contohnya untuk singkronisasi stok produk, schedule posting facebook, twitter, instagram. Import-Eksport tulisan post dan produk ke blog, mengorganisir kutipan-kutipan favorit saya, dan penyimpanan data text lainnya.

Maret 2017

  • Mainan Android Studio (lagi).

April 2017

  • Salah satu bulan paling berpengaruh dalam kehidupan saya. Saya berhenti merokok, dan lebih giat dalam mendalami agama.
  • Saya sudah hijrah. Tidak lagi memikirkan terlalu dalam kepentingan dunia.
  • Mulai sedikit demi sedikit menjauhi riba dengan me-non-aktifkan beberapa kartu kredit saya.
  • Berhenti nonton film Hollywood, hiburan-hiburan di TV, dan hal-hal yang tidak layak dipandang mata. Apakah nanti saya akan kekurangan hiburan? Ternyata tidak, karena memang benar kata Dr. Khalid Basalamah, bahwa: “Hiburan umat muslim adalah majelis ilmu.
  • Sedikit demi sedikit meninggalkan software bajakan dengan mengumpulkan uang untuk membeli yang asli, sedikit demi sedikit meninggalkan pemasukan yang kelihatannya haram ataupun samar-samar, dan sedikit demi sedikit meninggalkan perbuatan dan perkataan yang sia-sia. Hidup hanya sebentar, mulai mempersiapkan tabungan untuk akhirat.
  • Sudah tidak peduli dengan penilaian manusia. Tidak ingin dipuji. Semua harus dilakukan karena ridho Allah.
  • Selama hidup, saya tidak pernah merasa sebahagia seperti saat ini 🙂

 

Mei 2017

  • Membaca buku: Harta Haram Muamalat Kontemporer, karya Dr. Erwandi Tarmizi, MA

Juni 2017

  • Ramadhan Terbaik Sepanjang Masa. Ada beberapa Pengalaman Iman yang saya alami, diluar logika, yang tidak bisa dinalar oleh akal pikiran manusia. Yang tak henti membuat saya menangis haru. Peristiwa yang menunjukkan kebesaran Allah Sang Raja Manusia. Kalau saya ceritakan mungkin sedikit orang yang percaya. Akhirnya saya memutuskan untuk menyimpannya di dalam hati saja.
  • Beberapa kejadian itu telah saya catat secara pribadi. Saya sering membacanya ulang jika suatu saat iman saya mulai turun-naik, agar bisa istiqomah lagi dalam beribadah. Yah biasa ya, namanya juga manusia.
  • Pertama kali seumur hidup sholat Id di dalam Stadion Mandala Krida. Rumputnya bagus 🙂

Juli – September 2017

  • Tidak melakukan apa pun yang berbau duniawi 🙂

November 2017

  • Mengumpulkan ratusan potongan ayat-ayat Al-Quran dan potongan hadits (280 karakter) dari berbagai sumber, kemudian saya cek ke-shohihannya satu demi satu, untuk kemudian saya schedule di Twitter @RisalahMuslimID
  • Mengumpulkan Doa Sehari-Hari dari berbagai sumber, menerbitkannya dalam sebuah blog lalu saya schedule berulang juga di Twitter yang sama.

Desember 2017

  • Belajar Android Studio lagi, untuk update aplikasi HaditsLengkap dan Motivasee yang sudah hanpir setahun tidak diperbaharui. Seadanya ya, namanya juga baru belajar 🙂
  • Bikin web risalahmuslim.id
  • Memecah rekor earning Google Adsense sepanjang masa.
  • Menghabiskan malam terakhir tahun 2017 dengan menonton Felix Siauw di Masjid Gedhe Kauman.
  • Tahun terbaik kedua saya dalam dekade ini, setelah tahun 2010.

Pesan Terakhir untuk tahun 2017:

“Jangan pernah sekalipun mengesampingkan campur tangan Allah dalam setiap hasil dari jerih payah usaha kita.”

 

2018

 

/*Besok di-update dari sini
/*
/*
/*sampai sini, jikalau sempat

 

 

 

kuda-jalan-mundur

 

Apa yang saya benci?

  • Saya benci saat ada orang yang menemui suatu masalah atau tools baru atau pelajaran baru kemudian ia berkata?

    “Kok ribet ya?” / “Kok sulit ya?”

    Karena saat kamu bilang sulit, maka seluruh alam semesta akan mendoakan bahwa hal/masalah yang kamu temui ini akan bener-bener sulit. Sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin, selama kita mau berusaha dan yakin kita pasti bisa memecahkan masalah tersebut. Cieeeeeeeeee….. :v
    Saya lebih suka mendengar kata:

    “Kok menantang ya?”

  • Saya benci saat saya tidak bisa bangun dari tempat tidur 😐

Apa yang saya suka?

  • Tidur. Saya tidur terkadang bukan karena saya ngantuk, tapi karena saya lelah.
  • Berkarya dan menciptakan sesuatu.
  • Mencari masalah kemudian memecahkannya.
  • Menolong agama Allah.
  • Istighfar 33x

Ok, saya rasa itu saja, suatu saat saya akan meng-update halaman ini. Mohon maaf jikalau ada kata yang kurang berkenan.

Saya hanya manusia yang penuh dengan keterbatasan. Saya hanya manusia akhir zaman,
yang sedang terus belajar, berbagi dan memperbaiki diri.
Semoga dicatat sebagai amal soleh di hadapan Ilahi.
Semoga kita terus saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran, meskipun itu pahit sekalipun.

Mari berteman dengan saya:

 

Atau kirimi kami surel melalui halaman redaksi MOTIVASEE.

 

Hamba yang penuh dosa,
Taufan Prakoso