Aku menjadi seseorang yang terbentuk dari melemparkan tantangan pada diriku sendiri.

— Merry Riana


Komputer

Cara RESIZE FOTO langsung dari Windows Explorer



Pernahkah teman-teman berkeinginan untuk me-resize gambar dalam keadaan terburu-buru, tapi tidak ingin membuka software photo editing seperti ACDSee atau Adobe Photoshop karena malas menunggu membuka loading-nya yang terlalu lama? Atau Mungkin teman-teman ingin me-resize (mengecilkan ukuran) semua foto dari Kamera Digital agar ukurannya lebih kecil sehingga tidak memenuhi hard disc teman-teman?

Nah mungkin software tambahan milik Windows ini bisa sedikit membantu teman-teman sekaliyan, karena jika ingin me-resize gambar atau foto di Windows Explorer, kita tinggal arahkan saja mouse kita diatas gambar yang ingin di resize, lalu klik kanan. Setelah itu kita akan menemukan pilihan menu baru di situ, yaitu Resize Pictures.

Disitu kita bisa me-resize satu foto saja atau bahkan ratusan foto yang teman-teman inginkan sesuai kebutuhan hanya dengan beberapa kali klik. Sungguh menghemat waktu bukan?

Berikut ini contoh tampilan aplikasi pengecil foto yang bernama “Resize Pictures” pada Windows Explorer saya:

 

Gambar 1
Gambar 1

 

Setelah itu akan muncul pilihan ukuran. Pilih salah satu atau tentukan sendiri ukuran resize-nya sesuai kebutuhan teman-teman. Lalu tekan OK.

Baca juga
Cara Menampilkan Gambar format Photoshop (*.psd) di Windows Explorer

 

Gambar 2
Gambar 2

 

Lihat gambar dibawah, hasil Resize teman-teman akan berada dalam satu folder bersama foto yang teman-teman resize tadi. Mudah sekali.

Gambar 3
Gambar 3

 

Bagaimana, enak kan? Silahkan download gratis aplikasi ImageResizerPowertoy di website resmi Microsoft pada tautan di bawah ini:

 

 

Kini cara mengecilkan ukuran foto di Windows kini semakin mudah. Semoga bermanfaat yah :)

16/11/09




Ikuti MOT|VASEE di