Jangan menunda lagi. Yuk kita hidup dengan lebih aktif hari ini dan seterusnya.

— Mario Teguh


Ulasan

Perbedaan Perusahaan CV, PT, Pte. Ltd. , Corp. dan Inc.

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja membuatkan CV untuk toko online saya. Meskipun nggak begitu diperlukan namun hal ini saya rasa penting untuk kedepannya, tujuan awalnya sih biar bisa untuk mengajukan tender pengadaan barang ke perusahaan atau instansi lain yang membutuhkan. Soalnya beberapa bulan yang lalu kami mengikuti tender (iseng-iseng aja sih) pengadaan 7 buah Apple MacBook Air ke sebuah Perguruan Tinggi swasta di Yogyakarta.

Kebetulan 2 saingan perusahaan kami sudah berbadan hukum, yaitu PT dan satunya lagi CV. Dan untungnya kami memenangkan tender tersebut meskipun saat itu toko online kami belum menjadi sebuah badan hukum. Kenapa? Karena pada saat itu harga penawaran kami lebih murah. Dalam kasus ini dapat kami tarik kesimpulan bahwa pendirian CV atau PT bukan menjadi penilaian utama client kami.

Hmm.. bisa saja mereka menilai dari website kami saja, tapi.. hmm.. mungkin tender kami menang karena pihak administrasi perguruan tinggi tersebut adalah tetangga nya teman saya. Hehehe.. Bisa jadi.. bisa jadi.

Maaf bahasanya awam banget, secara saya bukan orang hukum dan nggak banyak memiliki pengetahuan tentang hal ini. 

Akhirnya, untuk mempersiapkan tender-tender esok hari agar lebih matang, kami memutuskan untuk membuat CV saja. Dan beberapa hari kemudian berhasil setelah melalui beberapa proses. Ternyata tidak sesulit yang kami kira.

Cara membuat CV tidak akan saya bahas di sini, saya rasa kamu bisa menemukannya lebih jelas dengan mencarinya di Google ya gaesss..

 

Dan setelah saya googling lebih dalam lagi ternyata dengan mendirikan perusahaan yang berbadan hukum perusahaan tersebut akan serasa lebih valid di mata publik, khususnya di mata calon client. Selain itu kita bisa bikin akun Bank dengan nama perusahaan kita. Juga bisa mengikuti pameran pada acara-acara berskala Nasional.

Usaha yang berbadan hukum CV juga bisa mengajukan dana pinjaman sebesar puluhan juta rupiah ke salah satu Bank pemerintah. Yay !! Dan masih banyak lagi.

Nah, paragraf di atas sebenarnya hanya Intro. Sebenarnya awal mula saya membuat artikel ini karena saya ingin menjawab pertanyaan saya pribadi, yaitu apa sih Pte Ltd itu? Selain itu saya juga akan membahas apa perbedaan Firma dan CV.

Pertanyaan itu timbul setelah saya surfing di web nya teman-teman, karena akhir-akhir ini saya memang sering blog walking, contohnya adalah salah satu web nya om Irwan pada gambar di bawah ini:

Perbedaan CV, PT dan Pte Ltd

 

 

Jadi, ternyata Pte Ltd itu adalah singkatan dari Private Limited.  Label untuk perusahaan berbadan hukum di Singapore yang kalau di Indonesia sekelas dengan PT. Itu adalah jenis perusahaan yang membatasi pemegang saham, di antaranya:

1. Para pemegang saham tidak dapat menjual atau mengalihkan saham mereka tanpa menawarkan terlebih dahulu kepada pemegang saham lainnya,
2. Para pemegang saham tidak dapat menawarkan sahamnya atau surat utang kepada masyarakat umum melalui bursa-saham.
3. Jumlah pemegang saham tidak bisa melebihi angka tetap (biasanya 50).

Yang belum saya tanyakan kepada beliau adalah kenapa harus membuat perusahaan di Singapore? Apakah perusahaan Pte. Ltd. itu lebih valid daripada perusahaan PT di mata dunia? Atau ada alasan lain yaa.. ? Maklum saya orang awam.

Baca juga
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis di Indonesia | Beasiswa 2017

Menurut pemahaman saya setelah Googling, Pte. Ltd. itu nama di Singapore, kalau di Indonesia namanya PT (Perseroan Terbatas). Dan kalau di Malaysia namanya itu Sdn. Bhd. atau singkatan dari “Sendirian Berhad”. Lucu ya.. (Berhad = Pakai Batas ; had = batas). Untuk perusahaan badan hukum di negara lain kamu bisa membacanya di Wikipedia melalui tautan ini.

Nah, kalau di bawah ini adalah singkatan badan hukum perusahaan Indonesia lainnya yang mungkin belum kamu ketahui:

PT = Kepanjangan PT adalah Perseroan Terbatas (Pemberian label diletakkan di awal nama perusahaan, contoh: PT Tambang Batubara Bukit Asam)

NV  = Naamlooze Venotschap

CV  = Kepanjangan CV adalah Comanditaire Venotschap / Persekutuan Komanditer. (Contoh: CV. Jogja Gadget Teknologi)

UD = Kepanjangan UD adalah Usaha Dagang

Istilah badan hukum perusahaan tersebut beberapa mengadaptasi dari bahasa Belanda, karena dulunya memang hukum-hukum di Indonesia itu warisan dari hukum Belanda.

 

 

Perbedaan Usaha Dagang (UD) dan Perseroan Terbatas (PT)


-Usaha DagangPerseroan Terbatas
Kepemilikan Bukan Badan Hukum Minimal 2 orang pendiri / pemegang saham
Status Badan Hukum Bukan Badan Hukum Badan Hukum
Tanggung Jawab Tidak terbatas. hingga kepada harta pribadi Terbatas. Sebatas modal yang telah disetor / sebatas saham yang telah dimiliki.
Fungsi Pemilik dan Pengurus Pemilik. Umumnya sekaligus sebagai yang mengurusi jalannya usaha. Ada pemisahan fungsi diantara pemegang saham pengurus /direksi.
Modal minimum Tidak ditentukan Minimum Rp. 50 juta.

via HukumOnline

 

Selanjutnya, karena keasyikan mengulik akan hal ini kemudian saya menemukan lagi istilah perusahaan badan hukum yang lain, yaitu Corp., Inc. dan Ltd. Nah itu apalagi?

 

Corporation (Corp.)

adalah perusahaan (utama/holding/induk) berbadan hukum yang mempunyai banyak perusahaan di bawahnya (anggota) dimana ia memiliki hak dan kewajiban yang berbeda dengan anggota perusahaannya. Perbedaannya pun bisa bermacam-macam, baik bentuk usaha ataupun inti bisnisnya. Selain itu Corporation (Corp.) tersebut memiliki bermacam bentuk meliputi perusahaan organisasi profit ataupun non-profit.
Kepemilikan perusahaan di atur dengan suatu hukum (semacam AD/ART) dan tidak bisa dipindahkan kepemilikannya begitu saja ke pihak lain, sehingga sahamnya kadang nggak bisa di jual secara bebas. Di Indonesia padanannya bisa Perseroan Terbatas (PT) bisa juga CV (Commanditaire Vennootschap) atau Persekutuan Komanditer. Sebelumnya saya googling jenis perusahaan ini karena teringat akan TRANS CORP yang sering kita lihat di TV itu.
Perbedaan Perusahaan CV, PT, Pte. Ltd. , Corp. dan Inc..

 

Incorporation (Inc.)

Incorporation (Inc.) adalah bentuk perusahaan baru dari Corporation. Pengertiannya memang hampir mirip. Bedanya, kalo Incorporation itu kepemilikannya bersifat transferable, dan sahamnya bisa diperjualbelikan secara bebas. Padanannya kalau di Indonesia itu PT yang di belakangnya ada Tbk. Nah kalau di Malaysia biasanya Sdn. Bhd. (Sendirian Berhad).

Contoh perusahaan dunia yang berbadan hukum Inc diantaranya adalah eBay yang merupakan induk perusahaan dari PayPal. Dan tentu kamu para fanboy juga seharusnya teringat akan perusahaan Apple yang memiliki nama lengkap Apple Inc. Dimana dulu Steve Jobs pernah memiliki saham di perusahaan tersebut.

 

Perbedaan Perusahaan CV, PT, Pte. Ltd. , Corp. dan Inc. Apple.

 

Limited Company (Ltd. atau co, Ltd.)

Apa itu Ltd? yaitu perusahaan korporasi (Corporation) yang berada di bawah holding (perusahaan induk) dimana dia memiliki perjanjian (hak) terbatas dari perusahaan induknya. Perjanjian terbatas itu bisa bermacam-macam. Entah itu dia nggak boleh buka unit bisnis baru, entah itu perjanjian yang lainnya.

Baca juga
Fungsi Tombol MC, MR, MS, M+ dan M- pada Kalkulator

 

Terbuka (Tbk.)

Sama dengan Incorporation, perusahaan berbadan hukum Tbk, merupakan Corporation yang go publik (new Corporation), sehingga sahamnya bisa diperjualbelikan secara bebas melalui mekanisme yang di sebut IPO (Initial Public Offering). Seperti perusahaan asal Cina yang dimiliki oleh Jack Ma bernama Alibaba yang tahun 2014 kemarin memecahkan rekor IPO Facebook. Baca di sini.

 

Berbeda dengan label PT, Pada Tbk penggunaan label nya diletakkan di belakang nama perusahaan. Contoh perusahaan Tbk di Indonesia di antaranya seperti:
* XL Axiata Tbk
* PT Telkom Indonesia Tbk
* Kalbe Farma Tbk
* Indosat Tbk
* Bank Mandiri (Persero) Tbk
* Bank Central Asia Tbk.
Perusahaan Tbk di atas telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama 487 perusahaan Tbk lainnya.

 

Nah, itu tadi singkatan CV, PT dan Perbedaan Perusahaan CV, PT, Pte. Ltd. , Corp. dan Inc. Saya rasa cukup, jika ada yang perlu ditambahkan saya akan meng-update-nya dikemudian hari.

Quote of today:
Raja Properti Indonesia, yaitu Pak Ciputra, selalu mengikuti tender pembuatan jalan tol. Tetapi bukan untuk memenangkannya, melainkan untuk mengetahui peta jalan tol, dan kemudian membeli tanah di sekitarnya yang masih murah, untuk selanjutnya di jadikan perumahan dan hunian exclusif. Did you get the point? Yup, saya menyebutnya sebagai Indirect Marketing yaitu mentargetkan sejumlah usaha yang tidak berhubungan langsung dengan market kamu, .

 

Okay, semoga bermanfat dan Terima Kasih sudah membaca sampai selesai. Mohon di koreksi jika terdapat kesalahan dalam tata bahasa ataupun penulisan artikel ini. Terima kasih 🙂

231214




Ikuti MOT|VASEE di