Sekali kita berbohong maka kita harus melindungi bohong dengan bohong lainnya, begitupun bohong selanjutnya, maka jadilah pembohong yang tak tahu lagi mana yang benar.

— Abdullah Gymnastiar


Wordpress

Nasehat untuk blogger pemula : Pilihlah nama yang tepat untuk blog Anda



 

Tulisan saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara memberikan sebuah nama yang baik untuk blog kita. Namun sebenarnya “baik” menurut kita belum tentu baik menurut orang lain. Kita harus pandai-pandai memilih kata untuk blog kita agar nama blog kita tersebut memiliki makna yang bagus bagi semua orang dan termasuk diri kita sendiri. Ya, kita akan berbicara tentang Merk atau bahasa gaulnya adalah Brand yang akan diberikan kepada blog kita. Perlu di ingat lagi, “nama blog” berbeda dengan “alamat blog”. Misalnya alamat blog Anda adalah www.mulanjameela.com, Anda bisa saja memberikan nama blog Anda, “Rahasia Jameela” atau “Sesuatu di hatiku” atau “Sesuatu Banget” atau mungkin Anda bisa memilih nama-nama blog yang lain. Kelak nama blog yang akan Anda buat akan menempel di pikiran pengunjung blog Anda, sehingga kelak ia akan kembali berkunjung.

Berikut ini adalah panduan dasar tentang Apa yang harus Anda lakukan untuk memberikan sebuah nama pada blog kita. Nama blog ini nantinya bisa Anda tampilkan di halaman depan Blog Anda dapat berupa tulisan atau gambar. Tapi sebelumya, bukannya saya bermaksud mengajari, saya hanya akan memberitahukan kepada Anda apa yang sebaiknya dilakukan. Saya akan menceritakan kepada Anda sekalian, kesalahan-kesalahan saya saat akan memulai blogging dahulu kala, sehingga Anda tidak perlu melewati kesalahan tersebut. Meskipun pada kenyataannya saya tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
:)



Sebelum Anda membuat blog, Anda harus bisa mengetik bukan? Sebelum melangkah lebih jauh dalam tutorial ini, alangkah baik nya jika anda membaca terlebih dahulu Tutorial mengetik 10 Jari.

Pertama, buatlah nama blog yang unik dan mudah di ingat.

Apabila Anda ingin menarik perhatian pengunjung blog Anda, Anda harus mencatat hal ini : Bahwa blog-blog terkenal di Amerika memiliki nama-nama yang unik dan menarik. Karena itulah yang saya lihat saat saya melakukan penelitian di sana dan tinggal di daerah sekitar Detroit City (Uppss.. tidak, tidak. Saya bohong. Keluar dari Pulau Jawa saja saya tidak pernah.) Misalnya nama-nama blog seperti “Black Inspiration” atau “Prince become a King” “Fly Without Wings” atau nama blog lainnya. Pilihlah nama yang membuat curiga pengunjung blog Anda atau setidaknya nama blog yang selalu teringat-ingat di pikiran orang lain. Dan akan lebih baik lagi memilih nama blog yang tidak terlalu panjang, dan yang tidak memusingkan pengunjung blog Anda atau blog-blog yang lain.

Anda harus berpikir lebih kreatif. Mintalah bantuan dari sahabat dan keluarga Anda untuk meningkatkan pemikiran Anda agar menjadi lebih kreatif. Pilihlah nama tempat yang menjadi favorit Anda atau kata-kata yang sangat familier dengan kesenangan atau hobi Anda atau nama yang selalu Anda pikirkan sejak dahulu kala. Inti nya, buatlah nama blog yang Anda cintai, sehingga membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Feels like home, yang artinya pilihlah nama blog yang membuat Anda serasa berada di kampung halaman Anda sendiri. Karena hal itu secara tidak langsung akan merangsang kinerja otak kiri Anda (Upsss.. bahasanya terlalu tinggi.) untuk terus bercengkerama ke blog Anda dan kemudian meng-updatenya lebih sering.

Kedua, pilihlah nama blog yang dapat tumbuh bersama Anda.

Maksudnya adalah, mmmm… jangan membuat nama blog yang mencerminkan kehidupan Anda sekarang. Seperti nama blog “Dua Puluh Tahun Hidupku” atau nama blog “Rambutku Yang Berkilau”. Bayangkan bagaimana jika bila besok Anda sudah tidak dua puluh tahun lagi karena bertambahnya umur dan rambut Anda sudah tidak berkilau lagi dan memutih karena dimakan usia. Kesalahan yang pernah saya alami adalah saya pernah memberi nama blog saya “Terjebak dalam keputusasaan”. Sungguh kasihan ya, karena waktu pertama kali blogging dulu saya sedang mengalami patah hati. (Haha.. semua orang pastinya pernah patah hatikan ?) Sungguh berbeda dengan keadaan saya sekarang ini dimana sekarang saya telah bangkit dan berbahagia menjadi seorang pria dewasa yang tegar menghadapi situasi sesulit apapun (Upsss.. tulisan ini maksudnya apa sih.)

Memang, semua yang terjadi dalam kehidupan kita di masa lalu pasti ada hikmahnya (Upsss.. Malah curhat.) Dan jangan pernah melupakan masa lalu, karena masa lalu adalah bekal untuk melangkah menuju masa depan. (Aaaarrrghh.. Cukup, cukup !!)

Kembali ke laptop, lebih baik lagi pilihlah nama blog yang tidak terlalu spesifik dan memiliki skala yang tidak terbatas. Maksudnya adalah nama blog yang matching atau serasi dengan situasi apapun. Misalnya saja nama blog “Permata Surga”. Nama blog ini akan tetap serasi meskipun kedepan lima tahun lagi Anda telah menikah dan memiliki anak atau bahkan telah memiliki cucu. Dan janganlah membuat nama blog yang skalanya terbatas, misalnya nama blog “Ayah Idaman”, karena nama blog ini memiliki batasan tulisan dengan tipe-topik tulisan yang tampak membahas tentang “Ayah” saja. Sama seperti nama blog Live in Jogja, karena bila suatu hal nanti Anda harus berpindah rumah bertugas ke luar Jogja maka Anda akan kesulitan menyamakan “Soul” anda dengan nama blog Anda. Saya tidak berkata Anda harus menghindari nama-nama blog yang spesifik, namun sebelum memulainya Anda harus benar-benar menyeleksi nama-nama blog yang membuat hidup Anda lebih nyaman untuk masa depan yang dapat Anda duga. Dengan nama blog yang baik dan mudah di ingat tentu pengunjung suatu saat akan bersilaturahmi kembali mengunjungi blog Anda.

Baca juga
Install Wordpress Di Flashdisc Portable

Ketiga, pastikan nama blog yang Anda buat mudah diucapkan dan di eja.

Mungkin ini agak tidak diperhatikan, tapi jangan menganggap hal ini tidak penting. Pembaca seharusnya dapat dengan mudah mengucap dan mengeja nama blog Anda. Dengan begitu ia akan selalu mengingatnya dan (mungkin) akan mengunjungi kembali Blog Anda di suatu saat nanti.

Keempat, belilah nama domain.

Janganlah terlalu setia dengan blog gratis Anda seperti Blogspot.com atau WordPress.com yang juga menyediakan ruang hosting secara gratis. Perlu Anda ketahui, ini sangat penting dan utama, bahwa memiliki nama domain Anda sendiri membuat Anda tampak serius dan Profesianal.

Paijo : “Ah, saya ngeblog buat hobby aja, gak perlu serius-serius amat. Saya gak mau menginvestasikan uang saya hanya untuk membeli domain. Cukup buat Blog gratis saja di WordPress.com kan lebih gampang.”
Topan : “Yowis, sak karepmu.” Translate: “Ya sudah terserah kamu, toh suatu saat nanti kalau kamu menyukai hobby mu ini kamu akhirnya akan membeli nama domain juga. Dan sayangnya, saat itu kamu harus memulai membangun blog mu dari awal lagi.”

Akan sangat lebih mudah memiliki nama domain saat Anda akan memulai blogging daripada membelinya nanti saat Anda berada ditengah jalan. Tanyalah kepada orang-orang yang telah melakukannya, bahwa berpindah dari domain gratis (WordPress atau Blogspot) ke domain baru yang Anda miliki sendiri adalah seperti sebuah mimpi buruk. Anda harus pergi menuju rumah baru, sementara rumah lama Anda dikunjungi banyak orang. Seperti itulah analoginya. Dan dirumah Anda yang baru itu Anda belum memilki pengunjung satupun. Anda harus membangunnya dari awal lagi. Perlu waktu 3 bulan untuk Anda, agar Google dan mesin pencari yang lain menemukan rumah (blog) Anda yang baru. Dan memerlukan waktu lebih lama lagi untuk menemukan teman-teman baru yang mau mengunjungi rumah Anda yang baru.

Baca juga
Bikin blog WordPress pake EasyEngine hanya 10 detik

Paijo : “Sumpah deh pan, saya tetep gak paham. Kenapa mereka harus mengunjungi saya. Apa untungnya bagi saya. Lalu kenapa Google harus repot-repot mencari rumah saya yang baru ?”
Topan : “Terus terang saya tidak pandai dalam menjelaskan, lagian saya juga bukan orang yang ahli dalam hal ini, yang jelas ini ada hubungannya dengan “Page Rank” blog kamu, jika Page Rank kamu tinggi artinya Blog kamu ramai dikunjungi orang. Ramai artinya Traffic kamu tinggi. Padahal Traffic = Money.”
Paijo : “Loh kok bisa gitu ?.”
Topan : “Seiring dengan berjalannya waktu, kau akan paham dengan sendirinya. Lagian saya juga masih banyak belajar seperti kamu, Jo.”
Paijo : “Huuuuu… “

Anda bisa mencari domain dot com yang anda inginkan di Godaddy.com. Harganya sekitar 7 sampai 10 dollar untuk 1 tahun. Untuk memesan domain dari GoDaddy, sebelumya harus memiliki account Paypal untuk pembayarannya. Jika Anda belum memiliki account paypal, Anda bisa membuatnya dengan mengikuti tutorial Apa itu Paypal. Dan sebenarnya Anda bisa mencari tahu bagaimana caranya mendapatkan diskon gratis untuk satu tahun pertama. Tapi tidak akan saya jelaskan di sini. Saran saya, Anda mungkin bisa mencari informasinya di Google. Untuk membeli nama domain indonesia seperti co.id, mil.id, sch.id atau web.id Anda bisa mengnjungi Pandi.or.id.

Dan Tips terakhir untuk topik ini adalah..

Alamat blog Anda (domain Anda) seharusnya “matching” dengan nama Blog Anda. Jadi, kalau nama blog Anda adalah “Pecinta Tamara Blezinsky” maka seharusnya alamat Blog Anda adalah www.PecintaTamaraBlezinsky.com. Hmm.. sekedar share aja. saya biasa menulis beberapa catatan saya di software Evernote sebelum akhirnya benar-benar saya publish untuk umum nantinya.

SELESAI.

Tapi tahukah Anda ?
Saya tidak memberi “nama blog” saya sesuai dengan “alamat blog” milik saya, yaitu topan.web.id. Lagian sebenarnya Blog saya ini juga tidak saya beri nama kok.
Cukup Topan Blog saja. Dengan Head Line : Nothing But The Beat.
Apa hubungannya coba? Gak ada kan? Jangan ulangi kesalahan saya jika Anda ingin menjadi blogger professional.
Ada beberapa (atau mungkin semua) hal diatas yang tidak saya lakukan. Sekali lagi, saya harap Anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang saya lakukan. Percayalah, hal yang saya tuliskan di atas adalah yang terbaik buat Anda.

OK. Saya tidak mengharapkan apapun, tapi semoga tulisan saya di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi siapa saja yang membacanya.

:)

*Update 28 Maret 2015. Tulisan di atas dipublish pada tahun 2009 saat saya masih menggunakan domain www.topan.web.id dan sekarang semua tulisan di blog pertama saya tersebut berpindah ke domain yang sedang kamu baca saat ini. Hihihihihi..

260409




Ikuti MOT|VASEE diย  ย  ย  ย  ย  ย  ย