Kejatuhan kita di sisi mana pun adalah kalau kita tidak sanggup serius memimpin diri sendiri.

— Abdullah Gymnastiar


Kutipan

10 Kata-Kata Bijak untuk Motivasi Sekolah dan Belajar



Setelah libur panjang, biasanya akan ada rasa malas untuk berativitas seperti biasa. Mulai harus bekerja setiap hari, menyelesaikan tugas, sampai bersekolah. Rutinitas harian itu akan terasa sangat berat untuk dijalani.

Alhasil, kita menjadi kurang fokus, tidak semangat, dan tidak antusias menjalani aktivitas kita. Padahal, semua aktivitas tersebut penting untuk kita agar bisa terus maju dan berkembang.

Bayangan untuk kembali ke sekolah, harus menggunakan seragam setiap hari, menyelesaikan tugas, berkegiatan di kelas, sampai mengerjakan PR akan menjadi sangat membosankan. Padahal sangat penting untuk dilakukan dan dijalani.

Untuk mengisi kembali semangat untuk belajar dan pergi ke sekolah, yuk baca 7 kata-kata bijak yang bisa membangkitkan semangat kita untuk ke sekolah! Jangan lupa bagikan kata-kata bijak dengan desain cantik ini dengan teman-teman. Berikut ini adalah kata-kata bijak tersebut:

1

Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. tapi juga soal memperluas pengetahuan dan meyerap ilmu kehidupan. shakuntala devi, penulis

“Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi juga soal memperluas pengetahuan dan meyerap ilmu kehidupan.”
— Shakuntala Devi, Penulis

Kalimat ini ditulis oleh Shakuntala Devi yang dikenal juga sebagai manusia komputer karena kemampuan menghitungnya. Ia menyebut, sekolah bukan hanya soal pergi dan belajar. Tapi juga soal membuka wawasan sehingga kita mendapatkan banyak ilmu kehidupan.

 

2

Mereka yang pergi ke sekolah, adalah ia pergi meninggalkan penjara. victor hugo, penulis

Mereka yang pergi ke sekolah, adalah ia pergi meninggalkan penjara.
— Victor Hugo, Penulis

Victor Hugo merupakan seorang penulis asal Perancis di abad ke-19. Ia menyebut pendidikan bisa membantu kita untuk pergi meninggalkan penjara. Penjara di sini bisa berarti penjara secara harfiah dan juga kiasan. Pendidikan bisa membantu kita mengurangi tindak kriminal. Pendidikan juga bisa membuat kita memiliki wawasan yang terbuka dan tidak terpenjara sekaligus terisolasi dari pengetahuan.

 

3

Apa yang aku ingat tentang sekolah adalah kenangan kenangan yang aku buat bersama teman teman. j. j. watt, atlet american football

Apa yang aku ingat tentang sekolah adalah kenangan-kenangan yang aku buat bersama teman-teman.
— J. J. Watt, Atlet American Football

J. J. Watt, Pemain American Football ini menyebut ia mengenang sekolah sebagai tempat membuat memori bersama teman-temannya. Memang, jika malas pergi sekolah menyerang, ingatlah teman-teman kita di sana. Pastinya semangat akan muncul lagi!

 

4

Aku pikir harus ada keseimbangan antara menjadi seorang murid sekolah yang baik sekaligus menikmati masa sekolah. vanessa minnillo, selebritas

Aku pikir harus ada keseimbangan antara menjadi seorang murid sekolah yang baik sekaligus menikmati masa sekolah.
— Vanessa Minnillo, Selebritas

Sama seperti J. J. Watt, Vanessa Minnillo juga menyebut sekolah bukan hanya sebagai tempat mencari ilmu, tapi juga tempat bersenang-senang dan membuat memori. Tentunya memori indah bersama teman-teman sekolah lainnya!

 

5

Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia. nelson mandela

Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia.
— Nelson Mandela

Mantan Presiden Afrika Selatan ini menyatakan bahwa pendidikan bisa menjadi alat paling ampuh untuk mengubah dunia. Jadi dengan pergi ke sekolah dan mendapatkan pendidikan, kita bisa mengubah dunia menjadi lebih baik. Nelson Mandela adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999.

Baca juga
Emha Ainun Nadjib - Kutipan, Kata Bijak, Kata Mutiara, Quotes & Caption

 

6

Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, untuk hari esok yang dimiliki oleh mereka yang mempersiapkannya hari ini. malcolm x, aktivis muslim as

Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, untuk hari esok yang dimiliki oleh mereka yang mempersiapkannya hari ini.
— Malcolm X, Aktivis Muslim AS

Jika Nelson Mandela menyebut pendidikan adalah senjata ampuh, Malcolm X menyebut pendidikan adalah paspor untuk masa depan. Siapa pun yang mempersiapkan pendidikan hari ini, akan memiliki masa depan yang baik.

 

7

Akar dari pendidikan memang pahit, tapi buahnya manis. aristoteles, filsuf

Akar dari pendidikan memang pahit, tapi buahnya manis.
— Aristoteles, Filsuf

Memang, pergi sekolah dan harus menjalani rutinitas adalah hal yang membosankan. Itulah yang disebutkan Aristoteles sebagai akar pendidikan yang pahit. Tapi, di samping itu semua, ada buah manis yang menunggu di masa depan, jika kita terus mencari ilmu lewat pendidikan di sekolah.  Ayo semangat, persiapkan hal yang indah di masa depan!.





8
10 ilmu tidak cukup untuk mewujudkan mimpi. @erixsoekamti
Vokalis grup band Endank Soekamti.

10 Ilmu tidak cukup untuk mewujudkan Mimpi, 1 Mimpi cukup untuk bikin kita punya banyak Ilmu.
— Erix Soekamti, Vokalis

Berawal dengan 1 mimpi saja kita bisa banyak sekali menemui ilmu-ilmu baru dalam perjalanan kita meraih impian kita tersebut. Ilmu-ilmu yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Misalnya gini gaes, contohnya saat kita punya impian untuk membangun rumah impian, nah dalam mewujudkannya kita pasti akan mendapatkan ilmu seperti bagaimana mengatur keuangan agar dapat membeli sesuai waktu yang diinginkan, bagaimana mencari lokasi perumahan yang strategis, dimana mencari bahan bangunan yang pas di kantong, dan ilmu-ilmu baru yang tak terduga lainnya. Apakah kamu pernah mengalaminya?

 

9
Bila memiliki banyak harta, kita akan menjaga harta. namun jika memiliki banyak ilmu, maka ilmu lah yang akan menjaga kita. aa gym [v2]
Perbedaan orang yang memiliki banyak harta dan orang yang memiliki banyak ilmu.

Bila memiliki banyak harta, kita akan menjaga harta. Namun jika memiliki banyak ilmu, maka ilmu lah yang akan menjaga kita.
— Aa Gym

Menurut Abdullah Gymnastiar atau yang lebih sering kita sapa dengan panggilan Aa Gym, orang kaya itu akan selalu menjaga harta mereka agar tidak dicuri, mereka akan khawatir jika harta itu akan hilang. Tetapi, bagaimana dengan orang yang memiliki banyak ilmu?  bisa dipastikan ilmulah yang menjaganya, dengan kehendak Allah tentu saja. Benar juga perkataaan beliau, karena menurut pemikiran masyarakat luas bahwa semakin kaya seseorang, maka akan besar kemungkinan semakin banyak pula orang yang akan iri. Sehingga tidak heran jika kekayaan seseorang menumbuhkan musuh disekitarnya. Tetapi tidak untuk ilmu, semakin pandai seseorang, maka semakin banyak ia memiliki teman terbaik yang akan menjaganya.

Baca juga
Sujiwo Tejo - Kutipan, Kata Bijak, Kata Mutiara, Quotes & Caption

 

10
Barangsiapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya. imam syafi'i
Menuntut Ilmu Adalah Bagian Dari Jihad.

Barangsiapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, Ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.
— Imam Syafi’i rahimahullah

Inilah nasehat Emas dari Imam Asy-Syafi’i rahimahullah. Beliau berkata:

Aku melihat pemilik ilmu hidupnya mulia walau ia dilahirkan dari orangtua terhina.
Ia terus menerus menerus terangkat hingga pada derajat tinggi dan mulia.
Umat manusia mengikutinya dalam setiap keadaan laksana pengembala kambing ke sana sini diikuti hewan piaraan.
Jikalau tanpa ilmu umat manusia tidak akan merasa bahagia dan tidak mengenal halal dan haram.

Diantara keutamaan ilmu kepada penuntutnya adalah semua umat manusia dijadikan sebagai pelayannya.
Wajib menjaga ilmu laksana orang menjaga harga diri dan kehormatannya.
Siapa yang mengemban ilmu kemudian ia titipkan kepada orang yang bukan ahlinya karena kebodohannya maka ia akan mendzoliminya.

 

Itulah 10 kata-kata bijak mengenai pendidikan yang perlu dibaca agar kita semangat untuk sekolah. Semoga dengan membaca kata-kata bijak ini, kita menjadi tahu betapa pentingnya untuk pergi ke sekolah, menghabiskan waktu bersama teman, dan juga mencari ilmu sebanyak-banyaknya untuk masa depan.  Semoga bermanfaat. 




Ikuti MOT|VASEE