Sejumlah orang beruntung karena telah melahirkan gairah dengan alamiah pada bidang yang dia pilih.

— Merry Riana


Jurnal

Hikmah Dari Mati Listrik Seharian


Bangun tidur biasanya langsung hidupin PC untuk lanjutin kerjaan Internet Marketing seperti biasa. Begitu setiap harinya, sembari balesin satu-satu chat dari customers toko online saya. Tapi hari ini mati listrik, jadinya PC gak bisa konek ke Internet. Haduh.. aktifitas hari ini akan berubah pastinya.

Untung Internet HP masih ada, jadi bisa tetep cek-cek barang dagangan. Tapi gak bisa coding se-ekstrim kalau utak-atik kode di PC.

Balas email, mencatat order, forward pesanan ke distributor. Masih bisa dilakukan di Android, jadi masih bisa “kerja“.

Hikmah dari mati listrik adalah saya jadi bisa mengoptimalkan dan mencari-cari cara bahwa semua kegiatan di PC bisa saya lakukan di Android, agar tetep bisa produktif dimana saja.



Termasuk di dalamnya posting produk baru di blog, edit foto produk, Jalanin SSH, edit stok barang di Google Spreadsheet, sebarin link affiliate, nulis artikel bahasa Inggris untuk Adsense, dan lainnya. Saya bersyukur kegiatan saya ya cuma itu-itu saja. Semua bisa dilakukan di Android. That’s how i make extra money for life, not much sih, but i really really grateful. Thanks God.

Kalau untuk posting ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan Instagram semua udah otomatis, karena sudah saya set di awal bulan kemarin, jadi tidak perlu saya pikirkan lagi.

Baca juga
Lagu pertama yang pernah saya buat

Selain itu saat mati listrik,  saya juga bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk membaca beberapa ebook yang pernah saya beli di Google Play Book, ataupun buku fisik yang sudah berdebu di rak buku saya.

Saya sadari saya memang kurang fokus, memang Fokus Adalah Pilihan. Karena biasanya awal beli buku ya cuma dibaca sekilas, sampai ditengah-tengah, tiba-tiba muncul ide lain yang harus segera di-eksekusi, atau mungkin ada kerjaan lain, lalu bacaan tadi jadi terbengkalai deh.. hehe..

Buku terakhir yang saya baca:



Saat mati listrik juga ada banyak waktu untuk bersih-bersih kamar, ganti sprei, nyapu kolong meja kerja.

Malahan, ide lebih banyak muncul kalau sedang tidak menatap monitor komputer. Nah, ide itu saya tulis semua di aplikasi EverNote di Android. Biar nanti kalau listrik udah nyala bisa langsung saya implementasikan dari PC.

Baca juga
Cara saya mengusir kebosanan akut

Dan, saat mati listrik saya jadi bisa sholat tepat waktu. Saat suara adzan terdengar langsung ambil air wudhu, kalau hari biasanya kan ditunda sampai beberapa jam gitu. Astaghfirullahaladzim 🙁

Akhirnya.. habis maghrib, listrik baru menyala kembali. Alhamdulillah.

Pesan moral:

Semua kejadian itu pasti ada hikmahnya. Itu tadi baru mati listrik udah kebingungan, karena sudah terbiasa dengan segala aktivitas seperti sedia kala yang biasa dikerjakan sehari-hari, eh tiba-tiba harus mengubah pola hidup sebelumnya.

Itulah yang dinamakan Adaptasi. Kalau kata Professor X di film X-men, Manusia yang bisa selamat dari perubahan yang cepat adalah orang yang bisa beradaptasi dengan cepat pula.

Ya begitulah ceritanya. Kalau nggak bisa beradaptasi, yang ada mungkin kita hanya mengeluh saja, complain sana-sini, boring, bete, bad-mood, mengutuk pemerintah, atau bisa juga menyalahkan orang lain.

Hadapilah. Kalau kamu bisa mengubah keadaan yang ada, ya ubahlah. Kalau nggak bisa, ya udah diam saja kemudian lanjutkan hidupmu.

23:45 WIB – 17 Maret 2017

Oleh: Taufan Prakoso       Hikmah Dari Mati Listrik Seharian 1     Hikmah Dari Mati Listrik Seharian 2    Hikmah Dari Mati Listrik Seharian 3



Ikuti MOT|VASEE                  


Notifikasi Artikel

Tips Internet Marketing & Inspirasi via email

Terima kasih telah berlangganan, silahkan cek email untuk konfirmasi ...

... Ada sesuatu yang salah ...