Bangunan tanpa pondasi akan roboh, demikian juga hidup. Kita tidak akan hidup sukses tanpa melakukan ibadah dengan niat benar dan sesuai contoh Rasulullah.

— Abdullah Gymnastiar


Inspirasi

Celah Antara Pekerjaan dan Hobi

Diterbitkan tanggal: 1 Mei 2009

Saat catatan ini saya tulis, saya memang masih kuliah, namun saya pernah beberapa kali bekerja part-time. Dari Teknisi Rental Komputer, Admin Rental VCD, Front Office pameran lukisan sampai Event Organizer kecil-kecilan. Setelah saya pikir-pikir, dari kesemua jenis pekerjaan yang pernah saya geluti dulu, tidak ada satupun yang tidak saya sukai.

Saya tidak tahu kenapa saya benar-benar menikmati pekerjaan berat saya pada waktu itu. Belakangan saya baru sadar bahwa sebenarnya semua pekerjaan itu sama. Yang membedakan hanya jumlah gaji, perlakuan bos kepada kita, sifat teman-teman kerja kita, pelajaran yang kita dapat, job yang kita tangani (loh kok banyak banget.)

Hmm.. sebenarnya inti nya cuma satu, yaitu kita harus menganggap pekerjaan adalah hobi kita. Dulu waktu saya jadi admin Rental VCD saya hobi banget nonton VCD. Sehari rata-rata saya bisa menghabiskan waktu saya untuk menonton 3-4 judul film VCD. Lalu saat saya menjadi Front Office Pameran Lukisan di daerah Yogyakarta, saya jadi hobi menggambar dan membaca puluhan katolog lukisan yang di jual di tempat saya bekerja. Seakan hobi saya dulu yang gethol banget nonton film serasa sirna.

Begitulah seterusnya, saya selalu mempunyai hobi-hobi baru sesuai dengan jenis pekerjaan part-time saya dulu yang pernah saya geluti. Sekarang pun meski saya sudah tidak bekerja part-time lagi karena konsentrasi pada skripsi kuliah saya, ada hobi baru lagi yang saya temui. Yaitu mengetik. Ya maklum lah, saya harus mengetik ratusan lembar Tugas Akhir tiap harinya hanya untuk menyenangkan dosen pembimbing saya. Dalam dunia pekerjaan, dosen saya itu bisa saja saya sebut bos. Meskipun saya tidak dibayar untuk itu. Tapi saya benar-benar menikmatinya.

Baca juga
30 Pelajaran Penting Dari 30 Tahun Kehidupan

Dari semua kondisi yang saya alami di atas, saya mengambil kesimpulan:

Jangan sering bergaul dengan orang yang mudah mengeluh.

Celah Antara Pekerjaan dan Hobi kucing
Celah Antara Pekerjaan dan Hobi kucing fry complaining by Salvagnin

Yah setidaknya agak di jauhi, karena itu merupakan sebuah virus yang cepat atau lambat akan mempengaruhi Anda jika tidak cepat-cepat menjaga jarak darinya. Mungkin saja mereka mengeluh karena mereka tidak suka dengan kehidupan mereka sendiri, atau bisa jadi mereka sebenarnya tidak bisa bisa mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada mereka.

 

Berpikirlah seperti seorang bos.

Celah Antara Pekerjaan dan Hobi Steve Jobs
Celah Antara Pekerjaan dan Hobi Steve Jobs Steve Jobs by Jeff

Maksudnya, lihatlah diri Anda dari sudut pandang atau mata seorang Bos.
Dimana Anda harus merasa memiliki perusahaan tersebut. Bukankah kita akan menjaga sesuatu yang kita miliki dengan sepenuh hati ?. Bukankah kita akan mengingatkan pegawai kita yang malas. Dengan memiliki kemampuan berfikir seperti seorang bos, Anda mungkin akan segera merubah sikap buruk Anda dan kemudian Anda tak akan tertekan dan membuat segala hal menjadi lebih mudah bagi Anda.

Fokuslah kepada hal-hal yang bisa kamu ubah.

Celah Antara Pekerjaan dan Hobi @ EMAX Amplaz

Ada hal-hal yang bisa kita kendalikan dan ada yang tidak. Saya memutuskan sejak awal tidak akan khawatir tentang hal-hal yang tidak bisa saya kendalikan. Sehingga saya hanya fokus kepada hal-hal yang bisa saya ubah yang merupakan tanggung jawab saya sebagai seorang pekerja.

Ambilah hal-hal baik selagi Anda masih bekerja di sana.

Celah Antara Pekerjaan dan Hobi - new space
Celah Antara Pekerjaan dan Hobi - new space new space by fractor_team

Seperti kita ketahui, tidak selamanya kita akan bekerja di sini terus. Oleh karena itu ambilah hal-hal baik yang bisa Anda gunakan sebagai bekal untuk perjalanan Anda di kemudian hari, ambil lah ilmunya, simpahlah pelajarannya. Bisa saja besok pagi Anda di pecat, bisa juga nanti sore Anda di PHK, Nah Apakah Kamu Karyawan Yang Tahan PHK ?

Baca juga
Girls, Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sendiri

Hmm.. saya rasa cukup, kalau ada tambahan saya akan meng-update nya di lain waktu.
Ok. Selamat menikmati waktu. Lupakan negara, teruslah bekerja dan tetaplah Semangat.




Ikuti MOT|VASEE diย  ย  ย  ย  ย  ย  ย