Jangan takut kalau kita berbuat adil sesungguhnya pertolongan dari Allah tidak akan tertukar.

— Abdullah Gymnastiar


Komputer

Cara Menampilkan Thumbnail Video pada Windows Explorer



Jika kamu memiliki koleksi video klip musik atau koleksi film, biasanya file tersebut tidak menampilkan Thumbnail-nya. Apa itu Thumbnail, yaitu tampilan potongan gambar yang ada dalam video tersebut sehingga akan memudahkan kamu dalam memilih video mana yang ingin kamu mainkan dari Windows Explorer.

Perlu di ingat, bahwa format video itu ada banyak, diantaranya adalah mp4, avi, mkv, flv,mpg, mpeg, mov. 3GP, m4v, wmv,  dan lainnya. Yang paling populer adalah video dengan format mp4 dan biasanya yang dapat menampilkan Thumbnail-nya secara otomatis hanyalah video yang berformat mp4 juga.

Lalu bagaimana dengan format-format video yang lainnya? Apakah mereka bisa menampilkan Thumbnail-nya juga?

Kadang kita bertanya-tanya. Kenapa koleksi video di laptop saya tidak ada gambar depannya? (tidak ada cover-nya?) Mungkin komputer kamu memiliki masalah dengan Thumbnail Preview.

Thumbnail Preview ini juga tentu saja akan mempercantik tampilan file video pada Windows Explorer kamu. Jika di sini kamu masih belum paham apa yang saya maksudkan, di bawah ini akan saya tampilkan gambar preview-nya. Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menampilkan gambar video pada file explorer windows 8.

Jadi gini, ini adalah tampilkan koleksi Video Klip di Windows Explorer saya sebelum mereka dapat memunculkan Thumbnail-nya:

Baca juga
Download STARDICT (kamus multi-bahasa) untuk Windows

Cara menampilkan Thumbnail Video pada Windows Explorer 1

Dan di bawah ini adalah tampilan setelah semua format video dapat menampilkan Thumbnail-nya.

Cara menampilkan Thumbnail Video pada Windows Explorer 2

Bagaimana menurutmu? Lebih menarik mana? Tentu saja lebih menarik yang dapat menampilkan Thumbnail-nya kan? Lalu bagaimana caranya agar file video pada Windows Explorer kamu bisa menampilkan Thumbnail-nya seperti pada gambar terakhir di atas?

Caranya sungguh mudah, kamu cukup meng-install sebuah software bernama MediaPreview. File-nya hanya sekitar 6MB.

Baca juga: MediaMonkey – Musik player terbaik untuk Windows

Setelah di download, kemudian install. Kemudian ikuti langkah-langkah seperti yang di tampilkan pada gambar di bawah ini:

Cara menampilkan Thumbnail Video pada Windows Explorer 3

Centang semua atau beberapa format video yang ingin kamu tampilkan Thumbnail-nya pada Windows Explorer kamu nanti, kemudian klik tombol “Apply“.

SELESAI.

Sekarang coba cek koleksi video-video kamu di Windows Explorer, apakah mereka sudah mampu menampilkan Thumbnail Preview mereka? Jika belum sabar dulu, software ini sedang melakukan proses. Kamu mungkin perlu melakukan restart komputer jika diperlukan.

Software gratis, Media Preview ini juga memiliki beberapa setting yang bisa kamu utak-atik sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa men-download-software Media Preview melalui tautan ini.

Bagimana? Bagus kan? Semoga bermanfaat yah. Jika kamu menemukan artikel dan tips ini bermanfaat tolong bantu share yah, Terima kasih :)

10813




Ikuti MOT|VASEE di