Jangan pernah berpikir bagaimana cara kamu mengalahkan orang lain, tapi berpikirlah bagaimana cara kamu mengalahkan dirimu sendiri.

— Tung Desem Waringin


Media Sosial

Cara post ke Social Media disertai dengan gambar

Apakah kamu anak Sosial Media yang hobi berbagi berita dan info terkini? Atau apakah kamu seorang blogger yang hobinya postang-posting? Atau bisa juga kamu adalah seorang entrepreneur yang ingin mengembangkan startup bisnis kamu menjadi lebih besar dan dikenal banyak orang. Nah tentu saja kamu harus aktif di semua akun sosial media ternama seperti Facebook, Twitter, Google+ dan juga akun sosial media lainnya.

Namun kadang mem-posting URL blog ke social media itu menjadi suatu hal yang melelahkan. Oleh karena itu kadang kita ingin sekali kerja dengan menjadwalkannya saja agar ter-publish di waktu yang telah kamu tentukan sendiri.

Men-schedule / menjadwalkan post ke Twitter, Facebook dan Google+ itu sangat mudah dilakukan. Namun tentu saja butuh sedikit trik khusus agar kamu merasa lebih nyaman. Untuk posting link berita ke Google+ memang sangat saya rekomendasikan karena segala sesuatu yang kamu posting di Google Plus secara otomatis akan di-indeks oleh Google lebih cepat, dan itu berarti hal tersebut memperkuat posisi situs kamu dalam hasil pencarian.

Tapi akan sangat melelahkan jika kamu harus posting satu-satu ke Facebook, Twitter dan Google+. Bagaimana jika kamu bisa mem-posting-nya hanya dengan sekali klik? kedengarannya enak bukan?

 

Kak Ted Room - MotiVasee.com

 

Buku PromoKisah-Kisah Menggetarkan Hati, Mereka Yang Mengejar Ridho Ilahi. Mengenali yang haram agar tak salah jalan. Atas nama gengsi, seperempat orang Indonesia berhutang. Buku Mencari Jalan Pulang. Karya Saptuari Sugiharto. Dapatkan sekarang!


Dalam tulisan kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana kamu dapat mulai menjadwalkan suatu posting ke Social Media untuk memperluas pembaca blog kamu. Tapi sebelum itu, biarkan saya memberitahukan kepada kamu secara singkat mengapa kamu perlu menggunakan Google Plus untuk mengembangkan bisnis kamu. Ini sangat penting untuk diketahui.

Kenapa Google+ lebih Powerful dibanding Facebook?

(DPA) GOOGLE+ IL NUOVOSOCIAL NETWORK DI GOOGLE

1. Seperti yang telah saya kemukakan tadi di awal tulisan bahwa: Segala sesuatu yang kamu posting di Google Plus secara otomatis akan terindeks di Google, dampak positif nya tentu saja postingan kamu akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Ketika seseorang mencari sesuatu di Google, hasil pencarian pada halaman pertama tentu saja berkesempatan untuk mendapatkan klik lebih banyak. Dan Google tentu saja memiliki pengaruh besar dalam menempatkan artikel kamu di halaman pertama apabila kamu pernah mem-posting link artikelmu pada Google Plus.

Buku PromoKisah-Kisah Menggetarkan Hati, Mereka Yang Mengejar Ridho Ilahi. Mengenali yang haram agar tak salah jalan. Atas nama gengsi, seperempat orang Indonesia berhutang. Buku Mencari Jalan Pulang. Karya Saptuari Sugiharto. Dapatkan sekarang!


Kamu bisa mengetahui lebih banyak mengenai Google+ pada tautan ini
www.google.com/+/learnmore

2. Dengan 1 miliar pengguna yang telah terdaftar, hari ini Google+ dianggap sebagai jaringan sosial terbesar kedua di dunia setelah Facebook. Dan Google tidak akan pernah berhenti disini. Social Media yang dikembangkan oleh Google ini telah tumbuh pada tingkat yang luar biasa yaitu 33% per tahun.

Baca juga
Kenapa Facebook dilarang, lalu apa manfaatnya

3. Tidak seperti Facebook (yang sekarang terlalu banyak iklan), Google+ adalah tempat terbuka untuk berbagi minat dan menghubungkan kamu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama melalui beberapa komunitas yang dapat kamu pilih, influencer, dan beberapa merek yang relevan. Google+ adalah ruang untuk berbagi dan merekomendasikan informasi.

4. Seperti yang kita ketahui bersama, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia dengan algoritma yang memberikan hasil yang sangat akurat. Mungkin kamu sudah tau bahwa tombol “+1” di Google Plus memiliki fungsi yang sama pada tombol “Like” di Facebook. Jika jumlah +1 nya banyak (yang berarti artikel yang kamu post berkualitas) maka In Shaa Allah Google akan menempatkan artikel kamu lebih sering pada halaman pertama hasil pencarian Google.

Cara men-schedule post ke Twitter, Facebook dan Google+ secara bersamaan disertai dengan gambar-jogja-gadget

5. Penciptaan Google+ memungkinkan mesin pencari Google untuk memberikan hasil pencarian pribadi yang lebih relevan kepada pengguna. Sekali lagi, unsur sosial menambahkan sesuatu yang ekstra untuk pencarian, yang juga meningkatkan kualitas hasil pencarian. Jadi misalnya kalau teman kamu pernah mem-posting artikel mengenai “Nadine Kaiser” di Google+, suatu saat jika kamu melakukan pencarian pada kunci tersebut.. artikel yang di share teman-mu itu akan muncul di hasil pencarian Google. Kira-kira seperti itulah. Oh iya, apakah kamu tau siapa itu Nadine Kaiser?

Baca juga: Apa itu Twitter dan cara menggunakannya

Pada dasarnya, jika kamu menggunakan Google+, itu akan meningkatkan peringkat situs atau halaman bisnis kamu di Internet. Google+ adalah jaringan sosial milik Google, dan hari ini, raksasa ini merupakan pintu gerbang menuju Internet yang sebenarnya.

Jadi, apakah sekarang kamu ingin mem-posting sesuatu di akun Google+ kamu? Bagus. Jangan lupa circle plus.google.com/+TaufanPrakoso yah.. :)

Nah, sekarang barulah kita akan kembali ke topik pembahasan utama, yaitu..

Cara men-schedule post ke Twitter, Facebook dan Google+ secara bersamaan disertai dengan gambar.

1. Kamu bisa menggunakan tools di internet yang bernama Postcron.com, jika belum memiliki akun kamu bisa mendaftar menggunkan akun Twitter, Facebook ataupun Google+

2. Setelah itu masukkan akun sosial media kamu pada dashboard yang telah disediakan, kemudian pilih akun mana yang mau kamu pake buat update status..

Cara men-schedule post ke Twitter, Facebook dan Google+ secara bersamaan disertai dengan gambar 2

 

3. Setelah itu masukkan isi (TEXT dan URL artikel) dan juga masukkan gambar pada kolom yang telah disediakan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini..

Cara men-schedule post ke Twitter, Facebook dan Google+ secara bersamaan disertai dengan gambar 3

Kenapa kamu juga harus menambahkan gambar? Karena menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu update status itu akan lebih clickable atau “lebih ingin di klik” daripada update status yang tidak menyertakan gambar di dalamnya. Selain itu dengan adanya gambar juga akan menambah estetika dalam penyajian informasi.

Apa itu Estetika?  yaitu salah satu cabang filsafat yang membahas keindahan. Estetika merupakan ilmu yang membahas bagaimana keindahan bisa terbentuk, dan bagaimana supaya orang dapat merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.

 

Baca juga
Cara membuat video dari Timeline Facebook

4. Kalau udah.. kamu juga bisa menentukan apakah mau di Schedule atau mau di Post sekarang..

Cara men-schedule post ke Twitter, Facebook dan Google+ secara bersamaan disertai dengan gambar 4

 

Nah, sekarang kamu tidak perlu pusing lagi karena harus publish satu-satu, dengan PostCron kamu bisa langsung sebarkan post artikel kamu beserta gambar ke semua akun Social Media kamu hanya dengan satu klik saja. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan layangkan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah itu yaa. Saya akan men-update artikel ini agar tetap fresh jika diperlukan atau jika ada pembaharuan ataupun fitur baru dari PostCron

Semoga ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat. Dan ingatlah, bila ilmu sudah ada di kepalamu, maka masa depan ada di tanganmu.

Good luck.. :)

241114




Ikuti MOT|VASEE diย  ย  ย  ย  ย  ย  ย