Inspirasi Jurnal

30 Pelajaran Penting Dari 30 Tahun Kehidupan

Dunia adalah tempat yang membingunkan pada awal-awal saya berusia dua puluhan. Saat itu, tampaknya – seolah-olah semua orang yakin akan apa yang mereka ingin lakukan dengan hidup mereka, kecuali saya. Saat itu saya rasa kehidupan tidak bekerja dengan cara yang saya inginkan. Mungkin karena saya terlalu banyak nonton TV dan atau bermain games.

Memang, saat itu saya benar-benar maniak games dan juga maniak bola, sehingga meninggalkan segalanya. Seiring berjalannya waktu, saya sadar, untuk mendapatkan kehidupan yang saya inginkan saya harus belajar lebih keras. Belajar sampai di ambang batas kemampuan otak saya dalam berfikir.

Ingat, kebanyakan manusia hanya menggunakan 10% dari kemampuan otaknya. Gimana kalau 100 persen?, Yah, meskipun itu adalah mitos dan miskonsepsi terbesar dalam Biologi, khususnya tentang otak, saya percaya aja, dengan beranggapan seperti itu saya bisa men-genjot otak saya (sampai gila) untuk berfikir memecahkan suatu masalah atau untuk menciptakan ide baru.

Saya pernah membuat kesalahan, saya pernah gagal, tapi saya tidak pernah berhenti berusaha. Sepanjang perjalanan ini, ibarat saya mencoba menelan pil pahit, awalnya saya tidak suka, namun lama kelamaan saya menikmatinya. Ketagihan, dan mencoba memproduksi pil pahit saya sendiri di setiap waktu. Kini saya dapat melihat dan mengerti bagaimana sebenarnya dunia ini bekerja, baik itu hal-hal baik ataupun hal-hal buruknya. Dan bukannya menghindari, saya akan menghadapinya dengan sepenuh hati.

Tulisan ini saya hadiahkan kepada diri saya sendiri untuk kado ulang tahun spesial saya yang ke-30, pada April 2015. Semoga saya bahagia, sejahtera dan sehat selalu. Hehehe..

 

Some People are old at 18 and some are young at 90

“Waktu” hanyalah sebuah konsep yang diciptakan oleh manusia.

 

Lanjut,

Suatu hari seorang yang baru saya kenal bertanya kepada saya, Apa yang membuat saya bahagia. Dia ingin tahu bagaimana saya bisa mempertahankan motivasi saya tahun demi tahun dalam menjalani semua ini. Jawabannya sederhana, karena — sebagian besar kebahagiaan saya berasal dari proses yang saya lakukan. Saya tidak pernah menganggap hasil akhir adalah yang terpenting. Saya menganggap hasil akhir yang sempurna hanyalah BONUS dari semua apa yang telah saya lakukan.

Diam dan tak melakukan apa-apa itu sangatlah membosankan. Do something!! Saya memilih untuk bergerak dan menciptakan sesuatu (sanajan ora ono duite). Saya menikmati setiap proses dari cita-cita dan saya merasa bahagia setiap kali saya melihat kembali siapa saya yang dulu, dan siapa saya yang sekarang. Saya telah membuat kemajuan dalam setiap bidang kehidupan saya sejak 10 tahun yang lalu, dan saya tidak berencana untuk berhenti dalam waktu dekat ini. Hidup ini berharga dan saya tidak akan pernah menyia-nyiakan satu haripun.

Meskipun berjalan lebih lambat dibanding teman-teman saya yang lain, itu tak mengapa, mungkin karena keterbatasan saya pribadi sebagai seorang manusia, dan sampai hari ini pun saya masih berusaha untuk terus membenahinya.

Saya mungkin tidak memiliki semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan misteri kehidupan kamu. Tapi saya tahu pelajaran kehidupan yang telah saya pelajari sepanjang jalan ini membantu saya sampai ke tempat saya hari ini. Saya ingin membagikan list ini semua karena saya ingin teman-teman semua untuk belajar lebih cepat dan lebih baik daripada saya. Baiklah, kita mulai, inilah 30 Pelajaran Yang Saya Dapat Dari 30 Tahun menjalani Kehidupan:

 

 

1. Jangan bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain.

Sebenarnya saya tidak begitu yakin apa kunci kebahagiaan, tapi membandingkan hidup kamu dengan kehidupan orang lain adalah kunci ketidakbahagiaan.

Kita ini generasi media sosial, dan semua orang berusaha untuk menggambarkan hidupnya lebih menarik daripada yang sebenarnya (termasuk saya, kadang-kadang, hehe..). Namun ingatlah, bahwa kamu tidak melihat gambar secara penuh; kamu hanya hanya melihat apa yang mata kamu bisa lihat.

Saat ada orang yang meng-upload foto gadget tercanggihnya di Facebook atau Twitter, tentu kamu tidak bisa melihat bagaimana kondisi sebenarnya, bisa saja itu barang kredit, atau bisa saja utangnya di Bank masih numpuk. Pesan saya, jangan terlalu serius di sosial media, ini hanyalah sebuah permainan. Disitu kamu tidak boleh merasa sedih.

 

Satu-satunya orang yang harus kamu bandingkan adalah diri kamu sendiri. Apakah kamu sudah menjadi orang yang lebih baik dibandingkan tahun lalu?

Barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi.
HR. Bukhari

 

2. Pertumbuhan Terjadi di saat kamu tidak merasa nyaman

Saat kamu melakukan hal yang sama, kamu akan mendapatkan hasil yang sama. Namun jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih besar, kamu harus perlahan-lahan meningkatkan jumlah beban yang kamu tanggung. Saya melihat terlalu banyak orang puas rata-rata karena, pada dasarnya, mereka suka berada dalam keadaan “nyaman”. Karena sejatinya, otak dan tubuh kita memang dirancang untuk mencari kenyamanan.

Perlu teman-teman ketahui bahwa sebenarnya di dalam zona nyaman itu tidak akan ada pertumbuhan, sedangkan salah satu tugas kita sebagai manusia di dunia ini adalah untuk terus bertumbuh. Pertumbuhan mengharuskan kamu pergi ke tempat yang tidak kamu ketahui, dan mungkin itu bisa menciptakan situasi yang berbahaya. Saat tumbuh, kamu juga berarti harus berani membuat sebuah keputusan sulit dan dan menanggung segala resiko yang akan terjadi.

Hidup itu mudah kawan, buatlah sebuah keputusan, dan jangan pernah menyesallinya.
Han – The Fast and the Furious: Tokyo Drift

 

3. Deretan angka akan memberi kamu sebuah arti akan kebenaran

Sangat mudah bagi kita untuk berbohong kepada diri kita sendiri. Setiap kali saya ingin meningkatkan bagian dari hidup saya, saya selalu melacaknya dengan sebuah angka yang relevan.

Ingin menghemat lebih banyak uang?
Mulailah dengan membuat anggaran, dan melacak pengeluaran kamu. Saya biasa menggunakan aplikasi Android untuk melacak pengeluaran dan pemasukan saya.

Ingin hidup lebih sehat?

1. Hitung berapa sendok gula yang telah kamu konsumsi hari ini. Kata @DokterNews, Idealnya kebutuhan manusia akan gula hanya perlu 2 sendok teh gula. Saya pribadi hanya membatasi 6 sendok teh gula, itu berarti 3 gelas teh manis hangat favorit saya. Selanjutnya saya hanya boleh mengkonsumsi air putih.

2. Hitung berapa langkah yang telah kamu lalui hari ini. Aplikasi Google Fit mungkin bisa membatu kamu menge-track-nya. 5000 langkah per-hari adalah jumlah yang di sarankan dalam ilmu kesehatan agar manusia tetap fit dan dapat menanggulangi stress.

Ingatlah akan 5 Perkara

Ingatlah akan 5 Perkara

 

Perlakukan hidup kamu seperti seorang ilmuwan. Lihatlah dan analisa data yang kamu punya. Jika itu masih membuat kamu malas, cobalah ingat akan 5 perkara sebelum datang 5 perkara, yaitu:

1. Manfaatkan Masa mudamu sebelum datang masa tua.

2. Masa sehat mu, sebelum datang masa sakitmu.

3. Masa kayamu sebelum datang masa sakit mu.

4. Masa lapangmu sebelum datang masa sibukmu.

5. Masa hidupmu sebelum datangnya kematian.

 

Lima hal tersebut merupakan INTI misi dan visi hidup manusia, karena kunci kesuksesan itu terletak pada bagaimana kita “mempergunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya”. Menggunakan kesempatan adalah bentuk pasrah pada upaya dan usaha, bukan pada hasil. Prinsip pasrah pada upaya & usaha akan membentuk jiwa yang teguh, tegar, kuat, dan tidak mudah putus asa. Bila suatu saat upaya kita belum menghasilkan target yang kita harapkan, maka kita nggak boleh putus asa, Putus asa itu adalah temannya setan loh. Karena kewajiban kita adalah berupaya, berupaya dan berupaya. Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya karena:

Kita tak dapat menyentuh air sungai yg sama 2x, karena air slalu mengalir, sama seperti waktu. Maka hargailah setiap detik waktumu.

 

4. Ubah sudut pandang kamu dalam melihat sebuah kegagalan

Sebagian orang memandang kegagalan adalah sebuah hal yang buruk. Orang-orang berfikir kegagalan adalan indikasi bahwa mereka tidak pintar atau tidak cukup baik. Ini ironis, karena kamu perlu gagal untuk menjadi seorang yang besar.

“Tapi mas, kita kan bisa belajar dari kegagalan orang lain?”
“Itu benar, tapi sebuah bola tidak akan melambung lebih tinggi jika tidak di timpuk secara lebih keras.”
“Maksudnya apa mas?”
“Kasih tau nggak yaaa…?”

Seseorang yang tidak pernah mengalami kesalahan, maka sebenarnya ia sedang tidak melakukan apapun.
Albert Einstein

 

Meskipun begitu, saya tidak akan membiarkan kegagalan membawa saya ke dalam jurang kesedihan yang mendalam, karena saya tau kegagalan adalah sebuah proses dalam pembelajaran diri. Saya akan bertanya kepada diri saya sendiri tentang apa yang salah dan bagaimana cara saya memperbaikinya. Yang jelas, kamu tidak akan mencapai apapun dalam hidup ini jika kamu takut gagal.

Ketahuilah — bahwa tidak ada seorangpun yang mencatat berapa kali kamu gagal, semua orang sudah sibuk berjuang dalam pertempuran mereka sendiri. Jadi kamu nggak perlu malu kalau gagal.

Ingat, Thomas Alva Edison mengalami 100 kali kegagalan dalam percobaan menciptakan lampu. Tidak ada yang peduli tentang berapa kali ia gagal untuk sampai ke penemuannya tersebut, sampai akhirnya ia berhasil menciptakannya.

There are no mistakes in life, just lessons.
@NeilPatel

 

Kita tidak pernah tau hidup ini akan membawa kita kemana nantinya. Tapi kita bisa mengontrol nya dengan melakukan hal terbaik yang kita bisa.

1. Man Jadda Wajad. (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)

2. Man Shobaro Zhafira. (Siapa yang bersabar akan beruntung)

3. Man Saro ‘Aladdarbi Washola. (Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)

 

Jangan takut mencoba hal baru dalam hidupmu. Jika kamu berhasil, kamu akan bahagia. Jika tidak berhasil, kamu akan lebih bijaksana.

 

Baca juga
Girls, Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sendiri

5. Kamu tidak berhak mendapat apapun dalam hidup

Orang tua kita selalu berkata betapa pandai dan spesial nya kita. Seperti tokoh dalam film Iron Man yang cerdas, kaya, menjadi idola dan selalu mendapatkan apapun yang ia inginkan. Kenyataannya, saat lulus kuliah, kamu tidak membuat banyak uang, tidak bisa menikmati enaknya berlibur ke luar negeri, tidak mampu beli mobil keren. Bukankah kehidupan itu seharusnya luar biasa?

Iya, itu bisa. Tapi semuanya terserah pada kamu. Kenyataannya kamu tidak dilahirkan secara spesial. Tapi kamu harus bisa menjadi spesial. Beberapa orang memang memiliki keunggulan lebih baik dari kamu sejak lahir, tapi itu bukan alasan untuk tidak mencoba untuk menjadi versi terbaik dari diri kamu sendiri.

Bersabar dan tetaplah bekerja keras, karena dalam hidup ini ada hal yang datang sendiri tanpa diminta dan adapula hal yang harus diperjuangkan terlebih dahulu sebelum bisa di dapatkan.

Ada beberapa orang di dunia ini yang di anugerah kan kelebihan baik dalam keadaan fisik, kemampuan financial, maupun kemampuan berfikir. Namun semua anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan tersebut tidak akan ada arti jika kita kita bisa memaksimalkan nya menjadi sebuah tindakan nyata.

 

6. Hadapi setiap kritik dan para Haters dengan lapang dada

“Untuk menghindari kritik, jangan mengatakan apa-apa, jangan melakukan apa-apa, jangan menjadi apa-apa.”
Aristoteles

Dulu, saat saya memutuskan keluar dari tempat kerja saya dan menceritakan apa yang akan saya lakukan untuk meraih cita-cita saya, beberapa orang mentertawakan dan miris terhadap apa yang sedang saya bangun. Mereka bertanya kenapa saya meninggalkan pekerjaan yang stabil? Tidak bisakah hal tersebut kamu lakukan sebagai sampingan?

Berhentilah memberitahukan impian besar Anda kepada orang-orang yang berpikiran kecil.

Beberapa tahun kemudian, perusahaan tersebut memutuskan untuk memangkas beberapa karyawan, dan jika dulu saya masih bekerja di sana mungkin saya salah satu dari mereka. Orang-orang yang pernah mencemo’oh saya tampaknya memiliki andil besar dalam kemajuan saya saat ini, karena di pandang sebelah mata membuat saya berusaha lebih giat dan luar biasa dalam membangun apa yang pernah saya cita-citakan.
Pesan moral: Jangan pernah mentertawakan impian orang lain. Jika bisa, bantulah ia meraih cita-citanya. Jika tidak, diam lah. Jika kamu ingin tertawa, maka tertawakanlah diri kamu sendiri.

Karena menertawakan getirnya hidup akan memperingan langkah.
@TheRainBand

Apa yang harus kamu lakukan ketika kamu memiliki barisan para pembenci yang nggak suka sama kamu? Abaikan saja mereka dan mulailah bekerja. Jika mereka membenci kamu sekarang, maka tunggulah sampai mereka melihat di mana kamu di dalam beberapa tahun ke depan, semoga saja menjadi lebih baik daripada hari ini. Hehe…
Sebagian besar waktu orang-orang yang membenci kamu mungkin adalah pengagum terbesar kamu, namun mereka tidak menyadarinya. Hidup ini keras, mari kita memiliki lebih banyak pelukan dan kurang kebencian.

 

7. Jadikanlah Kesehatan sebagai prioritas utama kamu

Sulit rasanya menikmati hidup jika kamu tidak memiliki kesehatan yang bagus. Jadi, lakukan apa yang saja yang kamu bisa untuk meningkatkan peluang kamu untuk tetap hidup sehat.
Berikut ini adalah upaya saya untuk tetap sehat:

✎ Minum lebih banyak air.
Faktanya, minum air putih di pagi hari itu sangatlah efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di dalam darah melalui urine dan keringat kita. Sehingga nanitnya tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari. Minum air putih juga bisa menjadi penyeimbang Sistem Getah Bening.

Saat sistem getah bening kita bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang kita miliki. Itu hanya sebagian manfaat dari air putih, kamu bisa googling aja untuk mendapatkan informasi lengkapnya atau follow Twitter @DokterNews 🙂

✎ Tidur 7-8 jam setiap hari.
Dengan tidur tidak berarti kamu malas, itu berarti kamu cukup pintar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan tubuh kamu. Tidur itu perlu dilakukan agar waktu 16 jam kamu yang lain dapat terjaga dengan kualitas yang lebih baik, sehingga akan meningkatkan produktivitas kamu. Jangan sampai terpengaruh sama orang-orang yang suka bilang — “Tidur adalah kegiatan yang dilakukan orang-orang yang lemah.”

 

Tidur adalah kegiatan yang dilakukan orang-orang yang lemah

Tidur adalah kegiatan yang dilakukan orang-orang yang lemah

 

✎ Lakukan beberapa jenis aktivitas fisik setiap hari.
Jika kamu tidak suka gym, ada banyak kegiatan lain yang dapat Anda lakukan. Dance, Yoga, panjat tebing, dll. Cari aktivitas yang kamu nikmati. Kalau saya lebih suka berenang. Saya melakukanya setiap 3x dalam seminggu.

✎ Sisakan waktu untuk merenung setiap harinya.
Catat apa yang telah kamu lakukan hari ini. Selain dapat digunakan untuk melatih pikiran dan mental kamu, merenung juga kadang menimbulkan munculnya inspirasi atau ide baru. Kadang di malam hari saya merenung selama beberap menit, melihat bintang kemudian memejamkan mata. Saya sungguh merasa hidup ini indah.

✎ Hindari makanan cepat saji dan makanan olahan.
Makanlah lebih banyak sayuran dan tetaplah mengikuti Tips kesehatan di akun media sosial kamu.

Tubuh kita tidak dirancang untuk duduk terus sepanjang hari. Bekerja di depan komputer, duduk. Nonton TV, duduk. Terlalu banyak duduk memang tidak baik, ada beberapa saluran syaraf dalam tubuh kita yang akan berhenti bekerja. Saat duduk terlalu lama, biasakan berdiri setelah 30 menit sekali dan melakukan aktifitas yang lain.

Jempol Bagus

 

Apakah kamu orang tua yang sudah memiliki putra putri? Maka kamu harus menyadari bahwa hidup kamu adalah milik mereka sejak anak-anak kamu lahir. Bagaimana kamu bisa berada di sana untuk mereka jika kamu meninggal lebih awal karena kamu terlalu malas untuk mengurus dan memperhatikan kesehatan kamu sejak dini?

Ingat bahwa proses masih berlangsung. Kamu tidak memiliki alasan untuk tidak memperhatikan kesehatan. Mungkin sekarang kamu tidak merasakan, namun dampaknya akan terjadi di masa depan.

8. Jadilah master dalam Personal Finance

Ini adalah salah satu keterampilan yang paling penting dalam hidup. Jika uang itu tidak penting, kamu tidak akan bekerja 40 jam lebih dalam seminggu.

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, tetapi membeli kebebasan dan kesempatan. Uang juga membebaskan kamu dari stres, dan kecemasan yang datang dengan menjadi miskin.

Saat masih di Sekolah atau Kuliah, mereka tidak mengajarkan ilmu Personal Finance (Keuangan Pribadi) kepada kamu. Saran terbesar saya untuk kamu adalah untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan uang. Namun setelah mempelajarinya, jangan sampai kamu diperbudak oleh uang.

9. Kerpercayaan itu sangat mahal harganya

Meraih kepercayaan itu GAMPANG, namun menjaganya TIDAK MUDAH. Kepercayaan biasanya berhubungan erat dengan komitmen, janji, atau sumpah. Kegagalan seseorang memenuhi salah satu atau ketiganya akan mengurangi atau bahkan mungkin menghilangkan kepercayaan orang lain kepadanya.

Saran saya, jika orang sudah percaya sama kamu, jangan sampai sekali-kali kamu mengkhianatinya. Contohnya kalau kamu pedagang online, jangan sampai kamu melakukan kecurangan, karena sampai kapan pun kamu tidak akan di percaya lagi, bukan hanya oleh sang korban, tetapi juga teman-teman korban, apalagi jika korban posting masalah tersebut di Kaskus ataupun Facebook.

Namun sebaliknya, jika kamu udah sangat di percayai, kamu mau jualan apapun pasti customer bakal loyal, tanpa pikir panjang pun mereka bakal beli apapun yang kamu jual. Seperti yang saya alami saat saya memutuskan untuk masuk Beauty Market dengan merilis produk kesehatan Bio Nature Plus. Baru 1 hari setelah launching, customer lama saya kok bisa-bisanya langsung memutuskan untuk membeli, padahal mereka belum tau banget-banget itu produk tentang apa. Nah, itulah yang di namakan dengan ASSET. Kita membangun asset dengan sebuah kepercayaan yang sudah dipupuk sejak lama.

10. Bacalah lebih banyak buku

Jika lari-lari adalah olahraga bagi tubuh, makan membaca itu ibarat olahraga bagi otak. Penelitian juga mengatakan bahwa dengan membaca lebih banyak akan mengurangi dampak kepikunan di masa tua. Buku adalah jendela dunia. Aku bisa mengetahui apa yang penulis bukukan selama 1 dekade untuk aku pelajari hanya dalam beberapa hari dengan biaya hanya sekitar 100rb-an. Karena aku sadar pengetahuan merupakan keunggulan kompetitif.
Mungkin dulu kamu tidak pernah mendapat kesempatan untuk Kuliah. Mungkin kamu tidak memiliki mentor. Tapi tidak ada alasan buat kamu untuk tidak membaca. Hmmm.. apakah membeli sebuah buku membutuhkan banyak uang? Jangan khawatir, kamu bisa menemukan buku-buku berkualitas di Perpustakaan Daerah tempat dimana kamu tinggal. Jika tidak tau tempatnya, googling lah 🙂
Berikut ini adalah 2 buku terakhir yang baru saja selesai saya baca:

30 HARI JAGO JUALAN. Oleh Dewa Eka Prayoga.

Kembali Ke Titik Nol (Membangun Bisnis Tanpa Riba). Oleh Saptuari Sugiharto

Steve Jobs. Oleh Walter Isaacson

 

 

Mizan Steve Jobs (1)

 

 

Mizan Steve Jobs (2)

 

 

11. Jadilah orang yang bahagia

Orang-orang selalu merasa seolah-olah mereka harus memiliki sesuatu agar kehidupan mereka menjadi sempurna. Mereka berpikir bahwa jika mereka memiliki lebih banyak uang, atau bisa membeli mobil mewah, maka kehidupan mereka akan menjadi lengkap.
Dulu aku berfikir seperti itu. Aku selalu merasa perlu menjadi “kaya” agar semua masalah-masalah ku bisa hilang begitu saja. Namun setelah aku membuat lebih banyak uang daripada yang pernah aku rencanakan, ternyata – tidak banyak hal yang berubah. Aku masih berada pada tingkat kebahagiaan yang sama seperti dulu.
Sekarang aku tau, bahwa kebahagiaan bukanlah merupakan suatu tujuan. Kebahagiaan adalah sesuatu yang sudah kamu miliki, namun kamu harus tetap menjaganya agar kebahagiaan itu tetap ada pada dirimu.

Baca juga
111 Kumpulan Kata-Kata Bijak (2)

Bagaimana cara agar kamu bisa menjaga kebahagiaan yang sudah kamu miliki?
✪ Teruslah berlatih.
Karena seperti yang aku bilang pada paragaraf di atas tadi bahwa – sebuah “proses” adalah bagian dalam kebahagiaan.
✪ Bersyukurlah.
Syukuri apa yang telah kamu miliki. Rayakanlah sewajarnya, jangan sampai perayaanmu merenggut kebahagiaan orang lain secara tidak langsung.
✪ Ramahlah pada setiap orang yang kamu temui.
✪ Luangkan waktu dengan orang yang kamu sayangi.
✪ Luangkan beberapa waktu di luar rumah untuk bersilaturahmi.
✪ Hiduplah di masa sekarang.
Jangan terlalu mengingat kepedihan di masa lalu, dan jangan kamu khawatirkan masa depan yang bahkan belum pernah kamu lihat.
✪ Tersenyumlah lebih sering.
✪ Luangkanlah waktu dengan pekerjaan-pekerjaan yang kamu sukai, dan hobi yang kamu gilai.

Janganlah mengejar kebahagiaan. Lepaskanlah pemikiran seperti itu. Karena sebenarnya kebahagiaan sudah ada di dalam diri kamu saat ini.

12. Keadilan itu tidak pernah ada

Aku benci ketika orang-orang mengeluh bahwa hidup ini tidak adil. Menurutku, sebenarnya keadilan hanyalah sebuah konsep untuk membuat kita mempercayainya.
Pernahkah kamu memperhatikan bahwa kata “adil” hanya ada ketika hal tersebut memberikan manfaat bagi orang yang bersangkutan?

Jika aku berfikir hidup ini tidak adil, baiklah akan aku beri contoh, Aku bekerja 1×24 jam seharian untuk mendapatkan sepeser uang sepuluh ribu, dan menggendarai motor yang sudah berusia 10 tahun. Teman dekat ku dilahirkan dalam sebuah keluarga kaya, dia tidak harus bekerja untuk memiliki mobil Porsche terbaru, yang sampai mati pun tidak akan bisa aku beli dengan pendapatanku saat ini.

Contoh lain, aku menyukai seorang cewek, aku cinta mati sama ini cewek, aku memperlakukannya dengan sangat istimewa, namun akhirnya ia menikah dengan pria yang memperlakukannya seperti seorang pelac*r.

Lihat – Keadilan adalah omong kosong. Dengan melihat contoh di atas, seharusnya kamu mengerti, seperti itulah sebenarnya dunia ini bekerja. Oleh karena itu, hadapilah dunia ini seperti itu dan ambilah keuntungan dari itu. Kebanyakan orang hanya duduk saja dan mengeluh tentang cara dunia yang memperlakukannya tidak adil tanpa berusaha apa-apa.

Keuntungan yang dapat aku ambil adalah: Aku bekerja membanting tulang.. agar anak-anakku kelak mendapatkan manfaatnya, yaitu pelajaran etos kerja keras ayahnya yang dapat mereka terapkan untuk mendidik anak-anak mereka sendiri nantinya.

Tentu, dulu aku juga pernah pacaran sama cewek paling cantik di kampusku, yang akan membuat orang lain berfikir “Woh, mesin penggilesan lagi berduaan sama bidadari.”

Ketahuilah – Dunia ini tidak dirancang untuk menjadi adil. Dunia ini dirancang untuk menghargai orang-orang yang menguasai aturan yang udah ada.

13. Ketahui apa yang dapat membuat kamu lebih baik

Seorang teman meminta saran ku untuk mencari pekerjaan beberapa tahun yang lalu. Dia memiliki resume yang luar biasa dan ia juga percaya akan kemampuannya, aku juga tau dia memang hebat dalam bidangnya, tapi untuk beberapa alasan, ia tidak dapat menemukan pekerjaan.

Tentu saja ia kemudian berfikir, “Dunia ini sungguh menyebalkan”.
Yup, dia tidak bisa mengubah perekonomian-nya yang saat ini masih labil.

Sebagai Chief Marketing perusahaan, aku telah mewawancarai beberapa orang yang ingin bekerja di kantorku, beberapa hari kemudian, aku mengundang temanku tadi untuk datang ke kantorku selama satu hari untuk melakukan wawancara secara pura-pura. Aku ingin dia memperlakukan wawancara ini seperti layaknya wawancara nyata.

Dalam 5 detik pertama, aku tidak terkesan. Jas yang dipakainya lebih besar dari ukuran tubuhnya, tampak jas itu seperti milik ayahnya. Kumis dan jenggot-nya tidak dicukur dan tampak kelihatan tidak rapi. Keterampilan berbicara dalam wawancaranya sangat mengerikan. Dia selalu menghindari kontak mata dan canggung secara sosial. Team interview kami juga mengiyakan atas hal itu.

Tidak heran ia tidak bisa diterima. Aku mengatakan kepadanya bahwa berpenampilan dan berperilaku menarik di dalam sebuah wawancara adalah sama pentingnya dengan memiliki resume yang baik. Dilain cerita, secara pribadi aku sendiri memang tidak berpenampilan menarik, aku bahkan sering ke mall menggunakan sandal jepit dan berpakaian seadanya yang kadang belum di setrika, namun tentu saja hal tersebut tidak akan aku lakukan saat aku berada dalam sebuah interview pekerjaan yang mengharuskan diriku untuk berpenampilan menarik.

Alih-alih menyalahkan keadaan di luar sana, seharusnya temanku tadi harus segera mengambil kesempatan untuk menilai, melihat dan memperbaiki dirinya sendiri.

Memang sangat mudah untuk menyalahkan keadaan di luar. Menyalahkan keadaan, menyalahkan dunia, menyalahkan orang lain, bahkan menyalahkan Tuhan. Tapi akan lebih sulit untuk sadar diri dan menyadari bahwa sebenarnya kesalahan itu ada di dalam diri kamu sendiri.

 

14. Kamu adalah Apa Yang Ada di Sekitarmu

Orang-orang terdekat kamu memiliki dampak besar pada perilaku kamu. Studi ini menemukan bahwa jika sahabat kamu gemuk, ada kesempatan 57% lebih mungkin untuk kamu menjadi gemuk juga.

Jika semua teman kamu menggunakan narkoba, maka kamu lebih mungkin untuk menggunakan narkoba juga.

Sekarang, pikirkan ini, kamu ingin menjadi orang yang seperti apa?
Temukan seseorang / komunitas yang memiliki minat dan tujuan yang sama seperti yang sedang kamu pikirkan.

Apakah kamu ingin orang-orang yang mempengaruhi kamu secara positif? Maka carilah.

Teman-teman ku adalah orang-orang yang memiliki minat dalam bisnis dan kewirausahaan dan mereka juga senang bepergian (meskipun aku tidak). Aku selalu pastikan bahwa aku ingin mengelilingi diri ku dengan orang-orang yang mendorong dan memotivasi aku untuk menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah Fakta yang tidak ingin banyak dibicarakan: Kadang kamu akan tumbuh lebih dewasa dari teman-teman kamu. Jadi kamu jangan merasa diwajibkan untuk selalu bersama sahabat kamu karena kamu telah mengenalnya untuk waktu yang lama. Semua orang pasti berubah. Sama seperti dalam sebuah hubungan percintaan yang berakhir, kadang-kadang begitu juga dengan persahabatan.

Beberapa orang memang telah disiapkan Tuhan untuk hanya ditampilkan menjadi beberapa bab dalam buku perjalanan hidup kamu.

15. Kewalahan menghadapi masalah? Coba pecahkan menjadi potongan kecil yang mudah dikelola

Kita semua pasti pernah memiliki masalah besar yang tidak pernah kita duga. Namun kadang kita menyembunyikannya. Seiring berjalannya waktu, masalah ini terus berkembang sampai mereka menjadi monster dan terlalu menakutkan untuk di jinakkan.

Jika kamu pekerja kantoran dan memiliki 7 halaman esai yang harus selesai dalam seminggu, malam ini kamu bisa hanya fokus pada menulis satu halaman saja. Lakukan setiap hari. Dan tetaplah konsisten.

Apakah kamu memiliki banyak utang? Fokuslah terlebih dahulu untuk membayar pada tagihan yang paling kecil.

Ingin menurunkan berat badan 5 kilo dalam 2 bulan? Fokuslah dahulu untuk menurunkan 100 gram saja dalam 1 minggu.

Saya jadi teringat akan pepatah Jepang yang mengatakan:

Menunda Pekerjaan Sama dengan Menambah Pekerjaan.

Pokoknya, Don’t Wait Until Tomorrow What We Can To Do Now. Jangan menunggu sampai besok apa yang bisa kita kerjakan sekarang. Kamu harus DISIPLIN.

Keajaiban terjadi ketika kamu membuat kemajuan kecil. Bahwa prestasi kecil yang udah kamu lalui pasti akan memberi kamu momentum dan kekuatan untuk menaklukkan sisa masalah yang tersisa. Percaya deh, kamu pasti bisa melakukannya, hal ini terjadi berkali-kali dalam kehidupanku.

 

Saya akan meng-update halaman ini dilain waktu.. di halaman yang sama.. Jikalau ada waktu dan kesempatan 🙂

BERSAMBUNG