Tips

Tips Merawat Koleksi Sepatu Kulit Agar Lebih Awet

Sepatu jenis apa yang kamuΒ sukai? Bila ternyata kamuΒ penyuka sepatu yang terbuat dari kulit maka bisa dipastikan kamuΒ adalah orang berkarakteristik mandiri, elegan, dan tegas.

Bukan rahasia lagi kalau sepatu berbahan dasar kulit biasanya cukup awet dan tahan bertahun-tahun. Semuanya tergantung bagaimana cara kamuΒ merawatnya. Perawatan sepatu kulit memang tidak bisa dipandang remeh karena tergolong gampang-gampang susah. Bila Anda tidak mengetahui cara perawatannya, kulit sepatu kamuΒ akan retak, atau pecah. Udara panas juga bisa membuat warna sepatu kamuΒ memudar.

KamuΒ bisa merawat sepatu kulit sendiri dengan mengikuti tips yang sederhana ini:

1. Jenis kulit seperti apa sepatu kamu?

Jenis sepatu kulit
Jenis sepatu kulit

Terlebih dahulu kamu harus tahu sepatu kamu tuh memakai jenis kulit apa. Bila jenis kulit berkualitas baik, kamu bisa tersenyum lega. Kulit berkualitas terbaik biasanya tidak terlalu β€œmanja” dan mudah perawatannya. Tetapi tentu saja harga dari sepatu tersebut terbilang lebih mahal.

Kualitas kulit berdasarkan darimana kulit itu dihasilkan. Produsen sepatu lebih menyukai kulit yang berasal dari sapi, kangguru, dan domba karena permukaan kulitnya lebih mengilat dan cocok untuk sepatu.

Ada juga kulit buatan yang berasal dari bahan sintetis. Kulit jenis ini termasuk lebih sulit untuk dirawat.

2. Hindari Jamur dengan silica gel.

Merawat Sepatu Kulit dengan Silica Gel
Hindari Jamur dengan Silica Gel

Bila kamu menyimpan koleksi sepatu dalam dus atau box, jangan lupa sisipkan beberapa silica gel di sepatu kamu. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah lembab yang mengundang bau tak sedap dan jamur. Jamur kerap menyebabkan kulit sepatu kamu lapuk, berbintik-bintik putih dan akibatnya penampilan sepatu kamu menjadi jauh dari keren.

Baca juga
Cara Mengatasi Blackberry Rusak - SIM NOT ALLOWED

3. Tips mencuci dan mengeringkan sepatu kulit

Mengeringkan & merawat Sepatu Kulit
Mengeringkan & merawat Sepatu Kulit

Tak dipungkiri proses mencuci sepatu sangatlah berpengaruh pada kulit sepatu. Tahap ini membutuhkan kehati-hatian.

Kamu harus memiliki spoon dan sikat khusus yang berbulu lembut. Hal tersebut untuk menghindari goresan pada bahan kulit sepatu kamu.
Bila sepatu kulit kamu menginjak lumpur, pastikan lumpurnya sudah kering terlebih dahulu sebelum akhirnya kamu mengelap sepatu dengan kain lembab dan diangin-anginkan.
Saat proses pengeringan sepatu kamu, Janganlah menjemur sepatu langsung dibawah matahari terik karena itu akan menyebabkan kulit sepatu kamu pecah-pecah.
Apabila kamu menggunakan pemanas atau heater untuk mengeringkan sepatu, kamu harus melapisi sepatu dengan kertas. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi panas yang ditimbulkan dari alat pengering.

4. Menggunakan semir sepatu supaya kinclong kulitnya

Merawat Sepatu Kulit dengan Semir
Semir dulu kak..

Agar sepatu kulit tetap seperti baru dan terjaga kelembabannya, oleskan semir sesuai dengan warna sepatu kamu. Jangan lupa, pilihlah produk semir yang bermutu baik untuk menghindari kerusakan warna kulit sepatu kamu. Juga usahakan saat menyemir, arahkan dalam satu arah agar warna sepatu tetap alami. Untuk mengatasi retak kecil-kecil pada sepatu, oleskan krim yang dijual di toko-toko sepatu kulit. Tentu saja produk itu akan melapisi dan melindungi kulit sepatu.

Ikuti tips di atas untuk merawat koleksi sepatu kulit kamu agar lebih awet. Jika kamu baruΒ berencana membeli yang baru, jangan lupa untuk memanfaatkan promo dari kartu kredit ketika berbelanja!




facebook β€” instagram β€” twitter β€” tumblr β€” produk β€” berlangganan β€” kontak