Jangan menjadi laki-laki yang ternyata adalah pilihan yang tidak begitu baik bagi wanita Anda.

— Mario Teguh


Android

Menulis Cepat Di Android Dengan JotterPad



Artikel ini ditulis menggunakan aplikasi JotterPad Writer di Android.

Hmm.. ! Bagus sih. JotterPad Lebih enak daripada aplikasi sejenis lainnya seperti iWriter, Writer Plus atau Neutrinote yang duluan saya Install di Android saya kemarin.

Ya, ini semacam riset gitu dalam rangka mencari “aplikasi untuk menulis” yang sesuai kebutuhan saya. Jadi aplikasi JotterPad ini saya khususkan untuk menulis konten buat blog saja, agar terhindar dari distraksi.

Jaman dulu juga udah pernah pakai JotterPad juga, tapi mungkin saat itu untuk kebutuhan berbeda. Saat ini saya sedang cari aplikasi untuk menulis cepat aja. Kalau untuk nyimpen catatan tetep.. di aplikasi Evernote.

JotterPad men-support penulisan dengan format Markdown.

Kenapa menggunakan format Markdown untuk menulis cepat?

Iya, karena saya bisa membubuhkan tanda baca tebal , miring atau menambahkan Link dengan cepat. Kalau kamu belum tau format Markdown silakan baca tulisannya Codepolitan pada tautan ini

Kebutuhan saya kali ini untuk menulis cepat dengan format Markdown tapi pengen dengan output format HTML , saya pakai aplikasi JotterPad ini karena bisa export dari format Markdown ke format HTML .

Kenapa butuh format HTML?

Iya, biar nanti HTML nya bisa tinggal di-paste aja ke blog saya lewat WordPress for Android kalau udah siap mau publish. Jadi gak perlu edit lagi di sana.

Kenapa gak langsung nulis di WordPress for Android aja ? Kan mereka juga support format Markdown?

Nggak tau. Nggak suka aja. Saya pengen semua tulisan saya yang ada di blog WordPress itu pake format HTML , bukan format Markdown .

Jadi sekarang nulis pake format Markdown, nanti kalau tulisannya sudah siap, dan mau publish , formatnya mau saya export ke HTML . Ribet ya saya ni, muter-muter. Iya, gpp mz.

Katanya udah pakai Evernote sejak lama, kenapa gak nulis langsung di Evernote for Android? Kan nanti dari Evernote bisa di-copy lalu paste di WordPress for Android?

Iya, bisa. Tapi kalau saya amati, teks yang di-copy dari Evernote lalu di-paste ke WordPress itu tag ganti paragraf-nya pake div bukan pakai p. Gapapa sih sebenernya. Tapi gasuka aja.

Kenapa nulis di HP, kok enggak di PC/laptop aja?

Saya gak tau kenapa kalau nulis di PC itu gak bisa fokus . Lagian kalau nulis di Android bisa santai sambil tiduran dimana saja.

Dan kalau nulis di Android ada fitur autocorrect dari SwiftKey yang udah terlatih sejak beberapa tahun yang lalu. Soalnya gaya tulisan saya udah tersimpan di cloud-nya SwiftKey sejak lama. Iya, saya di Android pakai keyboard SwiftKey yang sekarang udah di-akuisisi sama Microsoft.

Autocorrect-nya asyik, jadi kalau misal saya nulis se-typo apapun sama dia tetep dibenerin otomatis, pas sesuai dengan yang saya inginkan. Jadi saat mau nulis, pencet aja itu tombol keyboard di Android sekenanya , ntar dia benerin sendiri dengan kata yang sesuai. Soalnya beliau bisa mempelajari gaya tulisan dan kata yang sering saya pakai di Twitter, Facebook dan sosial media lainnya.

Baca juga
Cara Menghapus Suaramu Yang Direkam Oleh Google

Selain itu kalau nulis di Android kita bisa slide-slide gitu deh di keyboard-nya. Paham nggak maksud saya? Jadi nulisnya bisa lebih cepet.

SwiftKey juga bisa memprediksi kata-kata apa saja yang selanjutnya bakal saya tulis. Magic .

Loh, kok malah bahas SwiftKey?

Iya, gapapa mz

Eh, kamu tau nggak? Ada suatu masa dimana saya pengen nulis, tapi ketika itu saya berada di PC/laptop, dan tulisannya tidak pernah selesai sampai berminggu-minggu. Lha kemarin ketika nulis di Android , gak ada satu jam tulisannya udah selesai dan udah di publish juga di blog ini. Luar biasa. Weleh-weleh.

Okedeh, kita kembali membahas JotterPad aja.

 

Fitur-fitur JotterPad Writer:

  • Aplikasi ini bisa sync ke Dropbox, jadi nanti bisa baca-baca atau edit lagi di PC.

Oh, iya untuk membaca tulisan format Markdown di Desktop, ada banyak aplikasi yang bisa kamu coba–sayangnya JotterPad tidak ada versi Desktop-nya–, diantaranya ada:

Lebih sering pakai aplikasi yang mana? Tergantung sih. Kadang pakai aplikasi texts.io, kadang pakai

Notepad++ soalnya sudah terbiasa. Tapi kalau pakai Notepad++ perlu install

plugin lagi, namanya npp-markdown. Googling aja.

  • Di JotterPad bisa undo tulisan–ini penting, soalnya di beberapa aplikasi Android lainnya tidak menyediakan fitur ini–. Jadi kalau salah paste atau salah nulis gitu tinggal di-undo aja.
  • Ada menu Night Mode , tampilan dengan latar belakang gelap. Dipakai kalau malam biar mata tidak lelah .

le.lah

[a]

(1) penat; letih; payah; lesu; tidak bertenaga: ia berbaring di rumput untuk melepaskan –;

(2) Fis kecenderungan retak atau patah pd logam apabila mengalami tegangan berulang kali

[Mk v] me.le.lah v mengejar

[a] capek, erak, lejar, letih, payah, penat;

 

  • Ada menu Statistics.

Disini kita bisa melihat jumlah karakter, jumlah kata yang sedang kita tulis. Awesome .

Hmm.. saya sebenarnya pengen membiasakan untuk tidak menulis kata dalam bahasa asing di blog ini. Okey fine, mari kita kurangi.

Kenapa mz?

Karena pakai bahasa Indonesia itu keren . Dan kita harus terus melestarikan bahasa Indonesia dengan mengurangi tulisan dengan gaya bahasa asing–soalnya nanti kamu bakal dituduh men-support antek aseng — Saya juga ingin mencoba mengurangi penulisan dengan gaya bahasa alay juga.

Saya juga gasuka klo chat sama org tapi tulisannya disingkat-singkat gt, trus alay-alay gmn gt. Kan saya gapaham. Tulisanx bikin pusing az.

Pernah nggak bayangin kalau bahasa Indonesia punah? Iya, punah karena penggunaan Bahasa Indonesia yang tidak semestinya. Saya pernah mimpi kayak gitu. Bahasa punah, budaya punah. Lalu kita dengan bangga menjalani kebudayaan asing dari luar yang kian hari makin merajai negeri kita.

Baca juga
HaditsLengkap - Aplikasi Android

Tulisannya membingungkan ya? Iya, gpp mz. Namanya juga baru belajar. Hadeh hadeh.

Lanjut..

Tampilan dan menu-menu pada aplikasi JotterPad

 

 

 

  • Di JotterPad ada fitur Start Typewriter. Dia bisa memberi tampilan yang fokus hanya pada paragraf yang sedang kita tulis. Tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Image

  • Fitur Markdown Preview, yaitu tampilan hasil akhir. Fitur ini untuk pengguna versi pro.
  • Fitur Markdown Syntax Highlighting

Syntax Highlighting memberikan tampilan render real time tanpa perlu beralih antara modus editing dan modus pratinjau. Fitur ini untuk pengguna versi pro.

  • Fitur Snapshots.

JotterPad menyimpan snapshot dokumen kita secara berkala. Jadi kita bisa kembali ke catatan yang kemarin kalau Update catatan kita hari ini tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Fitur ini untuk pengguna versi pro.

  • Men-support Bluetooth Keyboard.Kalau punya keyboard Bluetooth maka kamu bisa koneksikan perangkat tersebut ke JotterPad.
  • Fitur Export & Share

Bisa export dan share ke berbagai format, diantaranya format pdf, docx, html, rtf, txt.

 

Contoh format HTML.

 

Suka sekali aplikasi ini. Rekomendasi buat kalian yang seorang penulis, pengarang, penerjemah, atau yang ingin sekedar menulis cepat.

 

Teman-teman  bisa mengunduh aplikasi Android ini di Google Play Store secara gratis. Jika ingin upgrade ke versi Pro harganya sekitar Rp. 68.000,- Link download ada pada bagian paling atas halaman ini ya.

Oke segitu aja, semoga bermanfaat :)

Oleh: Taufan Prakoso    




Ikuti MOT|VASEE di