Kebijaksanaan bisa didapat dari Menghadapi Tantangan, Merenung, dan Paling Cepat Nikmat adalah Belajar dari Orang yang Bijaksana.

— Tung Desem Waringin


Komputer

MediaMonkey – Pemutar Musik Terbaik Untuk Windows



Apa itu MediaMonkey? Mungkin kamu lebih familiar dengan software Winamp atau iTunes untuk memutar musik di komputer windows kalian. MediaMonkey adalah pemutar musik favorit yang telah saya gunakan sejak tahun 2006 lalu. Sejak tulisan ini di-publish mungkin kira-kira sudah 9 tahun saya telah menggunakan MediaMonkey sebagai pemutar musik utama saya, meskipun sempat beberapa kali menggunakan iTunes untuk melakukan sinkronisasi ke iPhone dan juga memakai Winamp untuk keperluan tertentu namun akhirnya kembali pakai MediaMonkey lagi.

Mungkin kalian lebih familiar dengan nama WinAmp (yang kabarnya awal 2015 lalu sudah dihentikan pengembangannya) atau iTunes. Saya kebetulan pernah menggunakannya semua, tapi hanya MediaMonkey yang bisa memenuhi kebutuhan saya. Memang sih kebutuhan setiap orang berbeda. MediaMonkey memang mungkin di khususkan untuk penggemar berat mp3 agar bisa me-manage koleksi-koleksi mp3 dan video di dalam hard drive komputer mereka secara lebih terperinci dan detail. Disitulah enaknya MediaMonkey. Kalau hanya untuk sekedar memainkan musik aja sih saya rasa WinAmp udah cukup, tapi kalau kamu ingin lebih, kamu mungkin bisa mencoba MediaMonkey.

Apakah kamu memiliki koleksi lebih dari 10.000 lagu? Nah, di sini kamu bisa menggunakan fitur dari MediaMonkey untuk menemukan judul mp3 yang sama sehingga kamu bisa menghapusnya biar nggak menuh-menuhin hard disk komputer kamu, dengan begitu kamu bisa lebih bijaksana dan efisien dalam menggunakan kapasitas hard disk kamu yang terbatas.

MediaMonkey memang diperuntukkan bagi orang-orang yang terlalu serius dalam me-manage koleksi MP3 nya, jadi kalau kebutuhan kamu cuman buat mainin lagu aja saya rasa pakai Winamp saja udah cukup. Lalu apa kelebihan lain dari Media Monkey? Di bawah ini akan saya ulas berbagai kelebihannya dan kekurangannya.

Sudah lama sekali saya ingin me-review aplikasi ini, penulisannya pun saya update secara berkala di draft catatan saya di Evernote. Dan baru hari ini review tentang Media Monkey ini saya publish.

 

Ini adalah tampilan MediaMonkey saat pertama kali di-install. Jujur saya tidak begitu suka dengan tampilan gelap ini.

 

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows

 

Tapi dengan sedikit pengubahan “Skin”, kamu akan mendapatkan tampilan MediaMonkey seperti pada gambar di bawah ini. Karena saya lebih suka warna terang.

MediaMonkey - Musik player terbaik untuk Windows 2

 

For Your information: Border warna biru muda di atas mengikuti warna biru  muda yang merupakan warna taskbar Windows saya saat itu. Kalau kamu mengganti warna Windows mu menjadi warna merah tentu saja Media Monkey bakal ikut berwarna merah. Oh, iya saya menggunakan Windows 8 Windows 10, tidak tau kalau Windows XP atau Windows 7 begini atau enggak.

Baca juga
NONTON FILM sambil belajar bahasa dari subtitle Inggris & Indonesia

 

Cara mengubah Skin pada MediaMonkey sangat mudah, silahkan masuk pada menu Tools – Option seperti pada gambar di bawah ini:

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows 2

 

Kemudian akan muncul jendela yang baru, pilih saja opsi Skin seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows 3

 

Oke, hal diatas bisa kamu lakukan namun bisa juga tidak, tergantung kebutuhan kamu saja. Namun sebenarnya hal pertama yang harus kamu lakukan setelah meng-install MediaMonkey adalah memasukkan koleksi-koleksi mp3 kamu ke dalam Library MediaMonkey. Klik File – Add/Rescan files to the Library. Seperti tampak pada gambar di bawah ini :

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows 4

 

Kemudian cari folder dimana kamu menyimpan koleksi mp3 atau koleksi Video klip dan Film kamu seperi pada gambar di bawah ini:

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows 5

 

Fitur Media Monkey:

Bisa di bikin portable dan diletakkan di partisi D: , sehingga kamu tak perlu khawatir kehilangan setting-an MediaMonkey ketika format ulang Windows kamu.

Bisa bikin banyak Playlist, lagu-lagu bisa kamu pilih sendiri mau dimasukkin Playlist “Lagu Tidur”, atau playlist “Lagu Semangat”, playlist “Music Dance” semua terserah kamu.

Memiliki beberapa themes yang bisa kamu pilih. Themes saya pada gambar di atas mengikuti warna themes Windows saya. Jadi, klo warna Themes Windows kamu Biru, maka warna Themes MediaMonkey akan mengikutinya menjadi biru juga.

Kamu bisa mencari dimanakah lokasi lagu di Windows Explorer, dengan cara seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Bagi sebagian orang hal ini sangat berguna. Cara-nya klik kanan lagu nya, lalu temukan Menu yang tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows 6

 

Tidak hanya sebagai pemutar musik, MediaMonkey juga bisa digunakan sebagai pemutar Video. Namun saya pribadi jarang menggunakan MediaMonkey untuk memutar video. Software ini lebih saya khususkan untuk memutar mp3 dan untuk me-manage koleksi lagu saja. Untuk memutar video saya lebih enjoy menggunakan KMPlayer. Silahkan search di Google, KMPlayer, software favorit saya untuk memutar video ataupun film.

MediaMonkey bisa men-download Artwork secara otomatis saat terkoneksi ke internet. Bagi yang belum tau, ArtWork adalah sampul album pada yang lagu yang sedang dimainkan.

Bisa langsung masukin lagu ke smartphone kamu, caranya klik kanan lagu yang kamu inginkan, kemudian cari menu Send to – (Pilih mana smartphone kamu)

 

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows 7

 

Selain untuk me-manage koleksi mp3 kamu, Media Monkey juga bisa untuk mengelola koleksi Film atu video klip musik kamu. Tidak hanya itu saja, software ini juga dapat menampilkan thumbnail koleksi video kamu sepeti pada gambar di bawah ini.

Baca juga
5 Aplikasi Perekam Layar GRATIS terbaik untuk Windows

Media Monkey - Musik player terbaik untuk Windows 8

 

Bisa “Send to playlist” (ini yang paling saya suka), karena MediaMonkey ini tuh bisa dibikin portable, maka playlist saya sejak tahun 2006 sampai sekarang (2014) tidak akan hilang meskipun saya habis Instal / Restore ulang OS Windows. Disini saya menyusun playlist berdasar tahun, jadi saya membuat playlist lagu-lagu yang sedang Hits pada tahun yang bersangkutan.

Oh iya, kamu juga bisa menampilkan lirik dari setiap lagu yang dimainkan dengan meng-install MiniLyrics seperti yang tampak pada gambar dekstop komputer saya berikut ini..

Media Monkey - Musik player untuk Windows

Mengenai tutorial instalasi MiniLyrics mungkin bisa kamu baca di artikel: Dengerin lagu yang bisa nampilin lirik lagunya

Kalau setting lainnya bisa kamu utak-atik sendiri berdasarkan kebutuhan kamu, selamat mencoba yah. Kamu bisa men-download pemutar musik MediaMonkey secara gratis di website resminya yaitu di MediaMonkey.com

Sementara itu saja, selanjutnya tulisan di halaman ini akan saya update jika nanti ada lagi yang perlu ditambahkan. Semoga bermanfaat.

130215




Ikuti MOT|VASEE di