Diri ini akan sengsara bila selalu menginginkan orang lain menilai lebih dari kenyataan, jadilah manusia merdeka yang berani tampil apa adanya.

— Abdullah Gymnastiar


Komputer

Software Konversi Aksara Jawa ke Latin untuk Windows



HANACARAKA adalah sebuah software konversi aksara jawa ke aksara latin. Hanacaraka versi 1.0 merupakan program pembelajaran aksara Jawa yang telah dibuat untuk Dinas Kebudayaan Propinsi Yogyakarta, selain salah satu usaha untuk melestarikan kebudayaan daerah, aplikasi ini tentu saja juga sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin memulai belajar bahasa daerah, khususnya Aksara Jawa.

Konversi Aksara memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Anda-pun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.

Di program ini juga terdapat Menu pengenalan aksara yang membantu Anda dalam mengingat dan mengenal aksara Jawa. Interaksi pengguna yang ditampilkan dalam bentuk seperti kalkulator memungkinkan Anda dapat belajar aksara secara cepat dan tepat.


Diantaranya ialah :

Aksara Carakan Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa;
Aksara Swara Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya;
Angka Jawa Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa;
Aksara Murda Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembaga berbadan hukum;
Sandangan Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a;
Pasangan Aksara Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.

 

Baca juga
Tutorial Mengetik 10 Jari

Di program ini juga terdapat soal-soal Latihan Aksara Jawa . Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Keterangan lebih lanjut tentang penggunaan program HANACARAKA versi 1.0 dapat anda baca pada file HELP yang terdapat pada program tersebut.

 

Software konversi aksara jawa ke latin
Software Konversi Aksara Jawa ke Latin

 

Aplikasi ini bisa di download secara gratis untuk semua lapisan masyarakat baik itu untuk individu maupun untuk perusahaan komersial. Silahkan unduh Software konversi aksara jawa ke latin untuk PC / Windows melalui tautan di bawah ini:

 

Dengan melestarikan budaya asli Indonesia, diharapkan di masa depan kebudayaan kita sendiri tidak akan luntur diterjang kebudayaan-kebudayaan asing yang kian kemari semakin menjamur di tanah air tercinta. Jika kebudayaan kita sendiri hilang, lalu apa yang kita wariskan untuk anak cucu kita kelak?

Semoga aplikasi Windows ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin atau pun yang sudah mulai belajar Bahasa Jawa secara lebih mendalam. Terima kasih :)

 

Baca juga :

+ Cara menampilkan Thumbnail Video pada Windows Explorer
+ 9 Tips memlilih Power Bank yang berkualitas
+ Shortcuts Keyboard di Windows 7 yang mungkin tidak Anda ketahui

Baca juga
Tutorial Microsoft Office OneNote

051008




Ikuti MOT|VASEE di