Software konversi aksara jawa ke latin

HANACARAKA Adalah sebuah software konversi aksara jawa ke aksara latin.
Hanacaraka v 1.0 merupakan program pembelajaran aksara Jawa yang telah dibuat untuk Dinas Kebudayaan Propinsi Yogyakarta.
Konversi Aksara memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Andapun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.


Di program ini juga terdapat Menu pengenalan aksara yang membantu Anda dalam mengingat dan mengenal aksara Jawa. Interaksi pengguna yang ditampilkan dalam bentuk seperti kalkulator memungkinkan Anda dapat belajar aksara secara cepat dan tepat.


Diantaranya ialah :
1. Aksara Carakan Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa.
2. Aksara Swara Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya.
3. Angka Jawa Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa
4. Aksara Murda Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembagaberbadan hukum.
5. Sandangan Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a.
6. Pasangan Aksara Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.

Di program ini juga terdapat Soal-soal Latihan Aksara Jawa .
Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Keterangan lebih lanjut tentang penggunkan program HANACARAKA versi 1.0 dapat anda baca pada file HELP yang terdapat pada program.

Hanacaraka Software konversi aksara jawa ke latin

Silahkan unduh Software konversi aksara jawa ke latin melalui tautan di bawah ini.
http://hanacaraka.4shared.com
Semoga bermanfaat.

 

051008



Topik :
    yhs-ddc_bd, yhs-fullyhosted_003, aksara jawa, generator pengubah huruf menjadi aksara jawa, konversi aksara, Merubah nama ke huruf jawa
Kamus

85 comments

  1. andi says:

    knp aku susah downloadnya ya. boleh tau cara downloadnya coz aku pengen bs,, sapa tau ja aku bisa melestarikan tulisan jawa,,,

  2. mas, bener mas, downloadnya gak pernah full, saya pake speedy aja selalu putus di tengah jalan. Mbok kalo bisa usul saya:
    1. Gunakan Rapidshare atau 4shared
    2. Jika memang masih pake ziddu lakukan pemecahan fila menjadi per 10 mega atau lebih dengan menggunakan winzip/winrar.
    3. File exe memang rentan putus download, maka di zip/di winrar lebih memudahkan.

    Matur nuwun…

  3. agha_dienar says:

    bro aku butuh registration key untuk able2doc ni…! kalo punya tolong dikirim ke email saya ya… thanks…

  4. bayu adhetya says:

    mas ini saya lagi ngerjain TA konversi kata kedalam aksara jawa berbasis web.tapi bingung mau mulai dari mana .sedangkan 3 bulan lagi sudah sidang.Mohon bantuannya ya mas

  5. lee-a says:

    mas topan, saya tertarik untuk membuat program semacam ini untuk tugas akhir saya. mungkin bisa bantu sedikit untuk gambaran pemrogramannya, trims

  6. rhanu says:

    maksih mas software nya bagus, bisa melestarikan budaya jawa, banyak sastra -sastra jawa yang masih menggunakan aksana jawa (hanacaraka), itung -itung juga buat baca naskah kuno, siapa tahu ada warisan terpendam (JOKE) hehehe
    Thanks banget

  7. Dani says:

    Thaks ya Mr.Topan atas kamus aksara jawanya, Sebagai anak keturunan jawa yang tinggal di Bali, aku jadi bisa belajar aksara jawa, tanpa harus berguru ke Pulau jawa lagi, ngomong2, Mr.Topan ada rencana buat kamus aksara Bali Gak?.

  8. Bagus says:

    Bos, mbok tolong software dikimim via email, mau download nga bisa terus nih..putus2..

    matur nuwun..

  9. rofie says:

    terima kasih bpk.udah saya download.
    saya mau tanya lagi gmn caranya bisa coment di sini pakai tulan jawa(ha na ca ra ka)
    terimakasih.

  10. topan says:

    @harisdianto: Learning by doing mas. Tidak perlu pakai Tutorial. Di pelajari aja mas, nanti lama-lama kan bisa. Learning by doing, bro !!

    • topan says:

      @joko suryono: Tinggal klik aja link download nya mas. File nya sebesar kurang lebih 20 MB. Dianjurkan menggunakan koneksi internet yang bagus agar tidak putus di tengan jalan.

  11. Nhoer Dhien says:

    Amazing… Amazing…!! Njenengan jan HUEBAT Tenan Mas !! Jempolllll ! Sakderengipun kulo ngaturaken agunging Panuwun Awit sampun pikantuk ndownload Software HANACARAKA niki.. lamun Suwi Banget.. nanging tetep kulo cobi..! Pun dangu sanget anggenipun kulo ngentosi munculipun Software niki, sebab migunani sanget tumrap konco2 ingkang badhe ndamel LKS, Soal Ujian dll.. Suwun Mas..!

    • Topan says:

      @anto satriani:
      Daftar Unicode bahasa jawa? Wah tidak punya mas. Kalau ada bisa dipakai buat database kamus bahasa Jawa – bahasa indonesia tuh.

  12. anto satriani says:

    Woo nggih sampun nek mekaten.Kulo ajeng nyuwun pirso.Mbok menawi file huruf (e.g: misalkan.ttf) honocoroko ingkang kompatibel kangge Windows PPC, wonten boten.?Matur nuwun sanget sakderengipun nggih mas.

  13. wong ndeso says:

    iku baru wong indonesia beneran……lek iso juga sampeyan gawekne komputer boso jowo…supoyo wong2 jowo cepet maju

  14. Pangki says:

    Matur nuwun mas.
    O iyo, krungu-krungu jare hanacaraka bakal dimasukno nang unicode, piye yo kelanjutane?

  15. EDI says:

    APIK MAS, MATUR NUWUN..TAK IKUT MELESTARIKAN BOSO JOWO KE SEANTERO DUNIA. SALUT, SEHARUSE NJENENGAN ENTUK REKOR MURI ATAS USAHANYA MEMBUAT PROGRAM BAHASA JAWA.
    SEDIKIT MASUKAN, DITAMBAH SOUND / SUARA. MISAL AGENG ( BESAR ) DAN AJENG ( AREP / AKAN ) TENTU INTONASI SUARANYA BERBEDA. MIRIP DI CARAKITA.COM ITU LOH….MONGGO….

  16. lida says:

    mas mau tanya itu tulisan jawanya ga bisa di copy di word ya??
    saya yang udah saya ubah dihanacaraka bisa saya copy…

  17. Rudha says:

    sae mas….muantep…njenengan kudune dadi linguist. amergi njenengan gadah kompetensi ing bidang bahasa, khususe basa jawa. kulo melu ngunduh yo mas…

  18. pompom says:

    wkwkw..THANKS BGT….. buat yang gak bisa download.. MAKANYA SABAR DAN TELITI.. GAMPANG BGT KOK DOWNLOADNYA…

  19. Terimaksih informasinya mas, indonesia memang terkenal dengan kaya budaya namun kadang faktor bahasa menjadi kendala untuk mempelajarinya. Semoga saja software ini menjebatani para pemerhati budaya.

Leave a Reply