Bersiap-siaplah. Cantikkanlah dirimu. Cintamu yang baru sedang dalam perjalanan menemuimu.

— Mario Teguh


Media Sosial

Cara Menambah Pengunjung Blog Yang Efektif & Tak Lekang Waktu

Saya masih ingat ketika 7 tahun yang lalu ketika saya mendapat pengunjung pertama web saya dari Google. Saat itu rasanya seneng banget. Saya kemudian menge-ceknya di Google Analytics untuk melihat keyword apa yang digunakan pengunjung hingga sampai di web pertama saya dan halaman mana yang mereka kunjungi. Saat itu saya tidak memiliki kemampuan apa-apa di bidang programming web, karena memang saya tidak kuliah pada jurusan yang membahas tentang hal ini.

Awalnya saya hanya suka menulis apa aja yang saya suka, tidak lebih, kemudian mem-publish nya di internet. Dulu, saya banyak sekali belajar pemograman HTML, membuat web, menyewa domain, hosting, dan kini tengah belajar Virtual Private Server (VPS) untuk meningkatkan kemampuan saya dan hal penting lainnya secara otodidak, sebuah dunia yang belum pernah saya pelajari sebelumnya di bangku kuliah. Namun saya berhasil melakukannya, karena satu yang saya percaya bahwa sebenarnya.. “Kita tak bisa memilih darimana kita akan datang, tapi kita bisa memilih kemana kita akan menuju.”

Ketika waktu terus berjalan, banyak dari kita masih memiliki rasa penasaran yang tinggi ingin tahu lebih dalam tentang bagaimana algoritma hasil pencarian Google bekerja. Mengapa web A bisa di halaman pertama urutan ke-1 sedangkan web B berada pada halaman pertama urutan ke-10. Begitu juga sebaliknya. Dan kita semua ingin bahwa keyword yang ada pada web kita memiliki peringkat nomor satu untuk setiap kata kunci yang di tampilkan pada SERP (Search Engine Result Page) Google. Karena kita semua tahu bahwa jika lebih banyak traffic ke situs web kita maka itu berarti kita bisa menghasilkan lebih banyak uang. (Bagi yang meng-optimasi web nya untuk jualan Toko Online atau mengikuti program Adsense atau Affliate Internet Marketing).

Mereka yang terbutakan oleh Traffic
Mereka yang terbutakan oleh Traffic Komunitas NGONOO.com – Mereka yang terbutakan oleh Traffic

Hari ini, mempelajari Search Engine Optimization (SEO) adalah sama pentingnya seperti 7 tahun yang lalu. Namun aturan permainan telah berubah, dan mereka akan terus berubah dari sekarang sampai selamanya. (Mungkin hanya aku yang tidak berubah, aku masih orang yang kamu kenal sama seperti dulu. Eaaaa… ) Nah, dari kronologi algoritma Google Penguin, Google Panda sampai Pirate 2.0, peraturan-peraturan mengenai hasil pencarian yang ditampilkan selalu berubah. Adalah Matt Cutts yang bertanggung jawab atas semua pengaturan tersebut. Ia adalah kepala tim web spam di Google yang bekerja dengan tim kualitas pencarian pada isu-isu optimasi mesin pencari.

Saat ini ada lebih banyak cara untuk mendapatkan dan menarik pengunjung ke web kita daripada hanya melakukan riset kata kunci saja (yang bagi sebagian orang katanya melelahkan). Yaitu dengan kerterlibatan kita dalam interaksi sosial.

Namun, Search Engine dan situs media sosial seperti Facebook selalu mencari cara baru dan senantiasa up-to-date untuk meningkatkan kebutuhan mereka sendiri, dan itu berarti kepentingan mereka tidak akan sejalan dengan kepentingan kita sebagai pemasar dan pemilik bisnis.

Pada akhirnya, kita bukanlah pelanggan mereka (Media Sosial). Pengguna mereka adalah pelanggan mereka dan mereka ingin kita membayar jika kita ingin mendapat akses agar produk atau web kita dapat ditampilkan ke pengguna mereka. Google membangun sebuah kerajaan pada prinsip ini di awal 2000-an dan seterusnya dengan Google AdWords, dan Facebook melakukan banyak hal yang sama dengan di rilisnya Facebook Ads.

Saat semua sudah di monopoli Google dan Facebook, apakah ada cara agar kita dapat bekerja lebih cerdas dan melindungi diri kita dari perubahan Google di masa depan? Adalah langkah yang bijak apabila kamu mulai belajar memasang iklan di Facebook Ads atau belajar memasang iklan di Google Adwords mulai dari sekarang.

As long we try, maybe things will change.

Ada banyak penelitian yang harus kita lakukan, banyak pekerjaan dan keterampilan khusus yang dibutuhkan pada tahun 2015 ini jika kita ingin mendapat peringkat tinggi pada setiap pencarian tertentu, apalagi terhadap kata kunci kompetitif yang banyak saingannya. Menjaga agar web kita tetap exist di Google. Ada banyak yang harus dikorbankan untuk itu, diantaranya adalah waktu dan uang. Demi sebuah impian yang katanya disebut dengan istilah “pinansial pridom”.

senang bahagia

Dan bagian terburuk nya ialah … mungkin kita bisa bermain dengan aturan SEO pada hari ini, tapi besok aturan akan berubah dan ketika mereka melakukannya mungkin kamu akan berada pada belas kasihan mereka. Bisa saja web kamu di hilangkan dari hasil pencarian, atau apes nya akun kamu di banned. Ketika perubahan Google terjadi, bagaimana dengan uang yang dulu Anda habiskan untuk melakukan riset? Bagaimana dengan jam kerja yang telah kamu habiskan? Apakah sia-sia?

Forget what hurt you, but never forget what it taught you.

Saya pernah menukarkan (invest) 1 dollar dan mendapat 10 dollar (dan itu mengasikkan). Pernah juga menukarkan 100 dollar namun tidak mendapat apa-apa (sakitnya tuh di sini..). Ya, karena saya tidak pernah menyerah, saya selalu percaya bahwa selalu ada jalan bagi orang-orang yang mau berusaha, dan caranya adalah dengan membangun sebuah komunitas online pembaca yang setia.

Baca juga
Cara post ke Social Media disertai dengan gambar

 

Startup awal itu butuh 2 hal

Tujuan dari Komunitas Online

Fokus komunitas online adalah tidak pada SEO, tetapi pada manfaat yang yang disebarkannya. Sebuah komunitas adalah tentang membangun sesuatu yang berharga, hubungan saling berpatisipasi yang membawa nilai bagi mereka yang menulis, membaca dan terlibat dengan satu sama lain. Seiring waktu, ini akan menunjukkan Google bahwa Anda adalah orang yang nyata (real, bukan BOT) yang memiliki ide-ide berharga yang di butuhkan oleh orang lain yang ingin juga mengkonsumsi dan berkontribusi.

Ketika Google sedang mencoba untuk melihat jika konten Anda adalah cocok untuk audiens atau pembaca mereka (yaitu orang-orang yang melakukan pencarian) mereka ingin tahu bahwa apakah Anda kompeten, kredibel, otentik, transparan dan benar-benar membantu untuk audiens mereka.

Membangun komunitas online tidak harus rumit. Kamu hanya perlu membuat content yang benar-benar bermanfaat bagi para pembaca. Jangan Spamming. Jangan Money Oriented. Pertama, carilah influencer (orang yang memiliki banyak relasi) yang melayani audiens yang sama dengan yang Anda layani. Kalau bisa, sama-sama memliki ketertarikan yang sama, tetapi dengan cara yang berbeda dan mulailah menghubungkan mereka.

Kedua, berhubunganlah dengan orang-orang yang mungkin kurang berpengaruh secara online tetapi mungkin memiliki potensi yang sangat besar sehingga Anda dapat saling membantu untuk menumbuhkan blog atau website Anda.

 

Team Aplikanologi
Team Aplikanologi Komunitas Android Aplikanologi.com – Rujukan review aplikasi Android no, 1 di Indonesia

 

Bagaimana Anda Membangun Komunitas yang dicintai Google?

*Tinggalkan sebuah komentar bermanfaat pada blog yang dapat meningkatkan percakapan dan menawarkan nilai bagi blogger dan pembaca lainnya.

*Bagi isi blog Anda yang bernilai ke pembaca Anda melalui media sosial. Berikan perhatian kepada pembaca blog dan biarkan mereka tahu bahwa Anda serius membangun hubungan dengan mereka.

*Ketika Anda membaca blog lain yang inspiratif untuk Anda, masukkan komentar atau kutipan di blog Anda dengan link ke artikel blog lain tersebut dan pastikan mereka tahu dengan menge-tag mereka di media sosial. Bagi saya pribadi, hal ini memang lebih berbobot daripada hanya sosial share dan juga lebih pribadi dan intentional. Hal ini juga menunjukkan kepada mereka bahwa saya juga berpikir dan menghargai tentang apa yang mereka tulis. Pada awalnya ini akan membantu SEO mereka dan jika mereka membalas di masa depan tentu akan memiliki potensi untuk membantu peringkat pencarian Anda juga di masa datang.

*Ulangi dari waktu ke waktu …

 

Manfaat dari pendekatan ini untuk membangun komunitas:

*Anda akan bertemu banyak orang lain yang dapat membantu Anda mendorong bisnis Anda. Saya tidak bisa memberitahu Anda berapa banyak orang-orang hebat yang saya temui dalam enam bulan terakhir saja yang telah memperkenalkan saya kepada klien baru dan orang-orang hebat.

*Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menulis di blog lain yang dapat mengekspos Anda untuk audiens Anda yang baru. Mereka adalah orang yang perlu tahu bagaimana Anda dapat memecahkan masalah mereka dan membuat perbedaan dalam hidup mereka atau bisnis mereka.

*Anda akan mendapat link baru secara besar-besaran dari situs yang kredibel yang memiliki peringkat tinggi di Google dan akan membantu website atau blog Anda bergerak ke peringkat atas. Ini akan mengekspos Anda kepada audiens baru yang sama sekali berbeda.

*Anda akan mendapatkan follower baru pada posting media sosial Anda yang mencintai pokok pemikiran yang Anda bawa ke mereka dan pada gilirannya mereka akan membagikan konten Anda ke lebih banyak audience.

*Anda akan mendapat beberapa teman jangka panjang yang luar biasa yang melakukan bisnis dengan Anda untuk waktu yang sangat lama dan kemudian memperkenalkan Anda ke lebih banyak orang karena mereka percaya kepada Anda dan juga percaya pada apa yang telah anda kembangkan bersama mereka. That’s why.. Kepercayaan itu mahal harganya, bro…

Baca juga
Kenapa Facebook dilarang, lalu apa manfaatnya

Berikut adalah realitas yang tak pernah diungkap dari internet dan juga jarang dibahas. Di sini, semuanya saling terkoneksi.

Dulu ada suatu masa dimana Google hanya peduli tentang Keywords (kata kunci) dan link. Namun, hari-hari itu tampaknya sudah berlalu dan kini telah menjadi lingkungan yang lebih kompleks berkat adanya media sosial dalam kaitan usaha Google untuk memerangi spam dan konten sampah.

Saya ingat pada tahun 2012 ketika Google memperkenalkan algotirma Google Panda dan mengubah permainan ini selamanya. Banyak bisnis tutup dan banyak yang tidak pernah pulih. Beberapa akun rekan-rekan saya di Internet Marketing yang berjualan di Internet beberapa ada yang di banned. Saat itu saya memang belum terjun secara langsung ke dunia tersebut, saat itu saya hanya mengamati saja bahwa di antara mereka banyak yang melakukan tindakan abuse dan kurang manusiawi hanya demi mengejar keuntungan semata.

Bagaimana cara Anda Melindungi Diri Anda Terhadap Itu?

Seperti yang telah saya kemukakan tadi, Pertama adalah dengan membuat konten yang luar biasa, bermanfaat, dan juga melibatkan orang-orang sehingga dengan mudah mereka juga akan ikut berbagi.

Kedua, dengan membangun komunitas setia yang konstan dan berkembang dengan jaringan online dengan audiens Anda yang ter-target sesuai dengan apa yang Anda bahas. Jangan sampai salah target, karena akan sangat lucu apabila Anda membahas tips menggunakan jilbab kemudian mentargetkannya ke audience pria. Paham kan maskud saya :)

Tapi apa yang akan Anda dapat?

Ini akan membawa Anda mengetahui apa sebenarnya bisnis yang sedang Anda “benar-benar” jalani, apa masalah yang “benar-benar” dapat Anda tangani, dan untuk siapa Anda “benar-benar” menyelesaikan masalah tersebut.

Ok, saya ambil contoh. Saat pertama kali saya mendirikan startup CV. Jogja Gadget Teknologi, yang bergerak dalam bidang service dan accessories produk Apple, maka saya tentu harus mengetahui seputar permasalahan yang ditemui pengguna produk Apple. Saya mencatat setiap permasalahan yang saya dapat dari customer saya. Saya jawab jika saya bisa, saya tampung jika saya belum dapat memberikan solusi. Seiring berjalannya waktu, saya terus belajar dari customer, sehingga pada akhirnya semua masalah terselesakan, dan semua orang bahagia.

Nah, saya rasa Anda pun bisa melakukannya, karena pasti Anda lebih jago mengenai bisnis Anda sendiri daripada saya.

Sisakan waktu secara intensif dan produktif setidaknya seminggu sekali, untuk menulis pertanyaan dan jawaban yang Anda temui untuk memberikan nilai tambah bagi para audience Anda. Buatlah sebuah artikel. Ini akan memakan waktu dan membutuhkan proses. Karena membangun komunitas itu bukanlah olahraga lari, melainkan sebuah marathon.

Jika Anda ingin membangun sebuah komunitas yang mendukung dan membantu Anda dalam membangun bisnis Anda, maka Anda harus bersedia untuk melakukan untuk orang lain apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda.

Apakah Anda ingin mendapat lebih banyak Traffic (lalu lintas) dari Google hari ini dan di masa depan, terlepas dari apa aturan yang mereka buat atau ubah? Jika demikian, saya mendorong Anda untuk membangun sebuah komunitas yang akan dicintai Google dan pada akhirnya nanti Anda tidak akan pernah perlu khawatir lagi tentang darimana lalu lintas situs Web Anda akan datang.

Semoga bermanfaat.

170115




Ikuti MOT|VASEE diย  ย  ย  ย  ย  ย  ย