Cara jadikan HP sebagai modem internet

nokia logo Cara jadikan HP sebagai modem internet

Nokia

Peralatan yang diperlukan antara lain :

1. Hand Phone yang dapat melakukan koneksi GPRS. Jika Hand phone anda belum terkoneksi dengan GPRS anda dapat mendaftarkan nya dengan operator selular anda. Untuk Operator selular IM3, anda dapat mendaftarkannya secara gratis dengan cara : Ketik GPRS (spasi) Merek HP (spasi) Nomer seri HP. Misal : GPRS Nokia 6100 Lalu kirim ke 7373 Untuk operator selular yang lain mungkin anda bisa menanyakannya kepada costumer sevice operator yang bersangkutan. 2. Peralatan lain yang diperlukan adalah Kabel data.

Kabel data digunkan untuk megkoneksikan HP anda dengan komputer.
Anda juga dapat menggunkan perangkat koneksi yang lain seperti Bluetooth atau Infrared. Saya sendiri menggunakan kabel data DKU-5 untuk Nokia 6100.

(Tutorial di bawah bawah ini adalah pengalaman saya sendiri, mungkin untuk beberapa jenis HP atau alat koneksi yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula.) Berikut adalah daftar peralatan yang saya gunakan : – Nokia 6100 – Kabel data DKU-5 – Kartu IM3 Setelah semua peralatan tersedia, dan GPRS di HP anda sudah aktif, anda dapat menjadikan HP mungil anda sebagai modem untuk berinternet dengan cara sebagai berikut :

1. Koneksikan HP anda dengan komputer,

Masuk Contol PanelPhone and modem options – Tab “Modems” – Add. Lalu akan keluar halaman baru, beri tanda check, di kotak Dont detect my modem i will select it from a list. Lalu (Next). Lalu akan keluar halaman baru, Lihat di situ apakah HP Nokia sudah ada di list. Jika sudah klik HP anda di dalam list kemudian klik (Next).
Jika di list tidak menampilkan nama HP anda, anda dapat meng klik (Have Disk) lalu (browse) di Hard Disk dimana anda menyimpan kabel driver untuk HP anda. Dalam kasus ini, saya menggunakan Nokia 6100, saya tidak menemukan cable driver HP saya di CD bawaan kabel data saya, maka saya mencari cable driver untuk Nokia 6100 di Goggle. Misal ketik : “Driver Modem Nokia 6100″. Filenya hanya 7kb, cukup cepat untuk di download.

2. Setelah itu, cek apcdah terinstall.

Caranya masuk Contol PanelSystem - Tab “Hardware” – Device Manager. Setelah itu anda akan menemukan halaman baru. Cek di bagian ”modems” apakah sudah terdapat: ”Nokia 6100 USB Modem” atau dalam kasus lain tertulis “Nokia 6100 (cable)“. Cek apakah kinerja modem sudah dapat bekerja, caranya klik kanan ”Nokia 6100 USB Modem” – properties – Tab ”diagnostics” tekan tombol ”query modem”. Tunggu beberapa saat. Jika berhasil, akan keluar hasil diagnostic nya. Jika gagal, itu artinya modem belum terdeteksi, cobalah untuk mengecek cek kabel kembali, atau baca buku petunjuk handphone, atau bertanya ke customer service anda untuk membereskannya sebelum melangkah ke bagian selanjutnya.

3. Men setting nomor dial, user name dan password.

Caranya klik (Start) – (All Programs) – (Accecories) – (Communication) – (New Connection Wizards). Setelah itu akan muncul halaman baru.. Klik Connect to the internet – (Next) – Klik Set up my connection manually – (Next) – Connect using a dialup modem – (Next). Lalu di halaman Connection name ini tulis sembarang kata saja. Misal “Asyik HP ku bisa main internet”. Lalu klik (Next) Di halaman Phone Number to Dial, ketik *99***1# (Next) Di halaman Internet Account Information, ketik :

Username: gprs
Password: im3
Confirm password: im3

Setelah itu (Next) – Pilih “Add a shortcuts to this connection to my dekstop” untuk memudahkan anda. Klik (Finish)

4. Double klik shortcuts yg telah anda buat tadi di dekstop,

Akan muncul jendela baru, lalu masukkan ketik di password = im3, lalu klik (Dial). Proses dial akan dimulai, Opening port…. Dialing *99***1#… Verifiying user name and password..Registering your computer to the network… Autenthicated.
.

Selesai…

Sekarang HP anda dapat digunkan untuk modem internet. Perlu di ingat bahwa tarif GPRS untuk IM3 adalah Rp.1,1 / kb. Bandingkan dengan telkomsel yang Rp.12 / kb. Padahal jika kita ingin membuka satu hal web tanpa gambar, memerlukan kurang lebih 10kb. Jika kita membuka halaman web yang penuh dengan gambar maka akan menguras kb lebih banyak lagi.

Oh iya.. dari handphone Anda juga bisa transfer rekening bank lho.

OK. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

UPDATE :
Jangan memasukkan kabal data ke lubang yang berbeda saat akan melakukan koneksi (lagi). Karena masing-masing lubang flashdik di komputer memiliki nomer port yang berbeda. Jika anda memasukkan kabel data HP anda di lubang yang berbeda di kemudian hari, maka anda harus mengulangi trik saya diatas dari awal.

Setting user name dan password IM3 Time Based / Berdasar Waktu :
username : indosat@durasi
password : indosat@durasi

Sedangkan untuk berdasar Kilo bytes(Kb):
username : gprs
password : im3

Untuk koneksi IM3 GPRS Time Based / Berdasar Waktu anda bisa membeli Pulsa Gprs seharga sekitar Rp. 7.500 untuk 250 Menit.
Sedangkan Tarif IM3 GPRS per Kb adalah Rp.1,1



Topik :
    aplikasi untuk hp telkomsel supaya bisa youtube pan/, hp jadi modem, hp blackberry yang tidak bisa di jadikan menyimpanan di PC, Download intagram di lg gw300 bisa gak, Download aplikasi sms pengubah sms bawaan hp nokia 110, cara mudah membuka internet di laptop pakai modem hp, cara menghubungkan melalui inframerah window7, Cara memasukn wifi dri hp nokia biasa k laptop, Bagaimana untuk mengubah link internet hp nokia 2700 classic supaya bisa menonton video di youtube, Bagaimana caranya hp di jadikan modem
Tips

123 comments

  1. Fendi says:

    tolong di bantu dong mengenai penggunaan hand phone sebagai modem dengan nerek hand phone sonyericson tipe K618i. saya menggunakan kartu Im3.

    tolong dibantu dan dijelaskan secara lengkap yach…
    terima kasih

  2. yandi says:

    masih bingung ??????
    1. setelah disetting, gimana taunya kalo gprsnya dah aktif ?
    So’alnya pas dicoba’in connect dari nokia 6100 “GPRS connection not available”.
    2. Terus so’al driver modemnya? emang kebaca “Nokia 6100 (cable)“ cuman pas dilihat pake nokia pcsuite, eh… no modem?
    Gimana solusinya boz…..

  3. 2FUN says:

    Jawab:
    Cari driver modem HP anda (sonyericson K618i) di website resmi sonyericson (ukurannya kecil, skitar 10kb).
    Masuk Contol Panel – Phone and modem options – Tab “Modems” – Add.
    Lalu akan keluar halaman baru, beri tanda check, di kotak Dont detect my modem i will select it from a list. Lalu (Next).
    Lalu akan keluar halaman baru, Lihat di situ apakah HP sonyericson sudah ada di list. Jika sudah klik HP anda di dalam list kemudian klik (Next).
    Jika di list tidak menampilkan nama HP anda, anda dapat meng klik (Have Disk) lalu (browse) di Hard Disk dimana anda menyimpan driver untuk HP sonyericson anda tadi.

  4. 2FUN says:

    Jawab :
    Tenang aja..
    Sekitar Juni – Juli, menteri DISKOMINFO akan menurunkan tarif internet sebesar 40 – 60 % kok.
    Jadi walo gak gratis, tapi bakalan lebih murah dari sekarang..
    Mungkin ini merupakan salah pengalihan dana subsidi BBM.
    :)

  5. eizi says:

    tolongin donk ???
    aku bingung cara koneksi hp sony SE 501i ke Komputer. gmn caranya wat internet’an??? please, kasih tau ya??

  6. efnu says:

    bos…sudah ikutin intruksi semua, percobaan pertama berhasil sampai :”Cek di bagian ”modems” apakah sudah terdapat: ”Nokia 6100 USB Modem” atau dalam kasus lain tertulis “Nokia 6100 (cable)“. Cek apakah kinerja modem sudah dapat bekerja, caranya klik kanan ”Nokia 6100 USB Modem” – properties – Tab ”diagnostics” tekan tombol ”query modem”. Tunggu beberapa saat. Jika berhasil, akan keluar hasil diagnostic nya”
    tapi selanjut nya gagal, kemudian saya uninstall modem nya, malah gag bisa terus..

    ada saran?

  7. D9 says:

    Bos, aku pake DKU-5 non ori (Prolific}. Bisa dial, tapi nggak bisa received data. Kayaknya sih cuma bisa buat transfer data antara hp dengan kompi. Nggak bisa dijadiin modem. Masalahnya pas aku query modem, error alias nggak terdeteksi. Ngomong2x, jumlah pin soket DKU-5 memang cuma ada 5 yaa.. maklum,bos.. Gaptek. Mohon pencerahannya..

  8. cnoov says:

    infonya bermanfaat banget :-)

    gw dah prnh coba setting hp jd modem tp kagak bisa :-(

    ntar aku coba lg deh…

    thanks ^_^

  9. rouf sm says:

    pas kepepet aja aq pake,hp sbg modem,aq sdh coba dan berhasil secara manual maupun otomtis,tp itu lho mahal banget..pulsanya.asli mending d warnet,

  10. indez says:

    wah aq dah coba om,pasti kendalanya di percobaan no 2.
    pas di query modem itu lho,psti gagal. smpe jari2 tnganku misah neh… hehehe. tolong om jwbanya.

  11. Hermawan says:

    Mohon pencerahannya Boss, Hp saya Audiovox Thera 2032 Verizon CDMA, pake kartu Starone, bagaimana caranya supaya bisa dijadikan modem untuk laptop, kalo di Hpnya dah bisa connect internet..tapi kalo ke laptop belum, padahal sudah syncronize..nuwun

  12. Gaara akatsuki says:

    Driver modem nya didownload lwt handphone bisa g?klo bisa trus hsl donlotna dkemanain?tolong kirimin filenya ke emailQ dong!

  13. Gaara akatsuki says:

    Tolongin dong kirimin file driver modem 6100nya lewat emailku..soalnya aQ uda nyari tp g dapet2.please..

  14. Uzumaki Naruto says:

    Mohon pencerahannya bro. Hp gw sony ericsson K530i. Gmn caranya biar bisa dijadikan modem untuk komputer. Thx

  15. Rendy says:

    Aq Rendy di Bdg,aq jg pakai hp sebagai modem? Aq mo nanya ada yang tau gk gmn cara nya pake kabel data tp kecepatan download nya bs 10 Mbps ato 100 Mbps?! Mesti pake software apa ato bs pake trik?! Plis yah jwb kl ada yg tau?! Thankz

  16. Gun says:

    Artikelnya sangat membantu sekali. Saya coba pake Nokia 6120 classic dengan kartu IM3, tapi pas dial gak bisa connect: Error 734. Kenapa ya?

    • Topan says:

      @Gun:
      Coba instal Nokia PC Suite (cari di Google), kita hanya butuh Windows driver package nya aja yg terinstall otomatis saat kita menginstall Nokia PC Suite. Setelah itu putuskan koneksi dari Nokia PC Suite ke HP kita (Melalui setting di PC Suite, Hapus semua tanda centang nya, pokoknya HP kita gak boleh konek PC Suite). Setelah itu close PC Suitenya (jgn lupa close juga icon PC Suite di icon taksbar kanan bawah monitor kamu). Setelah semua di close, masuk Control Panel – Add Remove Hardware, Uninstall versi Windows Driver Package – Nokia Modem seri yang lama dan sisakan seri yang baru yaitu yang Windows Driver Package – Nokia Modem (05/22/2008 7.00.0.1) (ini adalah driver Nokia PC Suite yang baru yaitu versi 7). Setelah itu ulangi tutorial di atas. Insya Allah bisa.

  17. zamapp says:

    Jual ponsel 2nd – Samsung 3G SGH Z170, Full set

    ok buat modem
    Kelengkapan full set resmi:
    Handset, red backcasing, manual book, kartu garansi resmi, hands free stereo, kabel data, samsung cd driver, Dus/packaging.

    Kondisi teknis OK 100%, casing mulus, Garansi Resmi Samsung (tgl. pembelian 12 September 2008 – bon ada).
    Alasan jual: tidak dipakai (barang simpenan)

    udah saya tambahin: microSD-TransFlash 1GB (original tidak dikasih) + anti gores

    contact reza: 081802133779

  18. tha_tha says:

    mas mau tnya nich……
    klau Hp nikoa seri 5070 bisa ngak jd modem???
    klau bisa caranya gmn???
    tolong donk…..
    aq pngen bnget nich hp nya jadi modem….
    thanxs ya…….

  19. gana says:

    slm knal, hp saya nokia n72 kartu m3 trus sdh instal Nokia PC Suite dari cd originalnya, saya coba dikomputer teman saya sukses, tapi ketika coba di PC saya gak bisa, ada pesan bahwa koneksi sudah terpakai saya coba utak-utik ternyata di phone and modem saya sudah ada/aktif/terisi, yang mw saya tanya gimana supaya phone and modem option kembali seperti semula ?? tanks sblmnya

    • Topan says:

      @gana:
      Koneksi internet di PC menggunakan modem N72 seharusnya lebih mudah. Anda tinggal buka Nokia PC Suite, Pilih Connect internet (gambar pilihan yg diujung kanan atas) lalu klik tombol konfigurasi (gambar Tang).
      Akan muncul jendela baru, pilih modem dari list yg ada. Pilih saja Indosat Gprs (klo tidak salah, saya lupa. Jika tak ada, pilih saja dari list tersebut yg ada kaitannya dengan Indonesia). Lalu klik next. Dst. Sekarang coba deh buka web browser anda untuk memastikan apakah sudah connect apa belum.

      Coba baca-baca comment di atas siapa tahu ada yang bisa membantu.

  20. ganatara says:

    gk bisa conek nih ,pesannya operator asistd or manual dial :pick up the handset and dial dst-dst phone number *99# BOS Tlg ksh tw caranya0 tanks

  21. bondas says:

    bos sudah saya coba tapi gak bisa ada pesan dari operator asisted or manual dial ” pick up the handset and dial (or ask the operator to dial) press ok immediately after dialing then replaced the handset… phone number *99#, dan saya ok timbul error 777, gimana caranya supaya hp n72 saya bisa coneksi dengan komputer dengan baik , tanks boss.

  22. M Gee says:

    Om, gw pake Nokia 3230. gemana setingannya kalo koneksinya pake bluetooth?
    Postingan diataskan pake kabel data…. thanks bt replynya.

  23. Dean says:

    Sy pakai pc suite dan udh cönnect dng modem n 6120c, tapi saat coba browsng dng intert explorer knp gak bisa ya? Mohon pencerahan.

  24. Yuni says:

    Ya ampuun, pala gw puyeng mikirin knp hp n kmptr gy gak conect jg ke intoernet. Gw pk se k800i / im3 pdhl smua stepx udah gw jabanin. Pliiis bantuin gw dund.. Gpl yah soalx mumpung gw lg didpn kompi neh mas

  25. Ultra Blue Heart Station says:

    Sblumnya sory klo kliatannya OOT..
    Gni, hp akuw Samsung F250 kartu im3, setting gprsnya uda aku install cman pas pgen browse muncul tulisan “Request time out” mlulu.. niatnya mw bawa ke Indosat centernya cman mumpung disini boleh minta panduannya..

  26. nana says:

    wah infonya bermanfaat bgt nih. tengkyu tengkyu bro…..

    tpi ada masah ni aku, blom dapet kabel datanya buat HPQ soni ericsson T250i, bisa tolongin gak?????

    ^_^

  27. adyakha says:

    Waahh…tulisannya buagus banget…
    Kasus yang ak alami jg tidak beda sm temen2 diatas.
    Ak coba pk nokia 6610i & 6100 wat modem, ak pake telkomsel/hallo flash. Kasusnya sama, hp tidak terdetek modem. jadi masalahnya dimana ya….???
    Tolong dong….!!! Thank’s yaa..

  28. topan says:

    cari dulu driver modem Nokia 6100 di website Nokia atau ketik di Google. Setelah di download copy kan di hardisk.

    Masuk Contol Panel – Phone and modem options – Tab “Modems” – Add. Lalu akan keluar halaman baru, beri tanda check, di kotak Dont detect my modem i will select it from a list. Lalu (Next). Lalu akan keluar halaman baru, Lihat di situ apakah HP Nokia sudah ada di list. Jika sudah klik HP anda di dalam list kemudian klik (Next).
    Jika di list tidak menampilkan nama HP anda, anda dapat meng klik (Have Disk) lalu (browse) di Hard Disk dimana anda menyimpan driver modem yang telah anda download tadi.

  29. Adi Inohara says:

    sensei…
    udah berhasil nih…
    arigatou ya… ^^v

    lalu artikel tentang penggunaan opera mini di komputer, dimana ya???

  30. MbhuyKo says:

    Saya tertarik dengan bahasan anda, dan saya ingin tau lebih banyak lagi. apakah anda memiliki YM atau skype ???biar saya bisa tanya lebih lanjut???alamat YM saya mbhuy@yahoo.com
    saya berharap sekali anda membalas saya..
    terima kasih banyak.

  31. darius_lin@yahoo.com says:

    awalnya aku berfikir koneksi internet yang murah dan cepat hanya impian aja. tapi ga ada kata untuk menyerah. dengan modem atau HP sebagai modem kita bisa mendapatkan koneksi internet yg cepat dan murah. yang aku coba perjam nya ga lebih dari 2 ribu, tampiln full konent. speed yang tampil 115 kbps. tapi pada kenyataannya kecepatan brosing bisa 5-6 kali lebih cepat. Sebagai contoh untuk membuka halaman facebook kurang dari 10 detik. bagi teman2 yang membutuhkan penjelasan lebih lengkap. kirim email ke darius_lin@yahoo.com. sertakan juga jenis modem/HP yang digunakan. di tunggu ya… GBU

  32. ronald says:

    tolong dong,
    aq uda mencoba sprti yg anda sarankan tp gak conect jg.
    gmn nih ?
    dan bagai mana jika menggunakan GSM AXIS ?
    Tq

  33. udi says:

    saya mau nanya gmana caranya dantrik hp dijadikan modem.khususnya untuk hp samsung.hp saya samsung i550 mohon bantuanya.thank sebelumnya

  34. Aditya says:

    Trims Mas saya sudah bisa internetan pake hape nokia 6230i kartu im3,,,

    tapi tarifnya masih per kb (duh mahal) ,,, kalo mw di ganti ke yg htngan per menit gmna setingnya???

    Mohon secara t’perinci
    ym: zovanadhiet

  35. nu2q says:

    hp gw 7610,seting dial up nya sdah bnar,tapi kok masih ga bisa???apa masih ada oerlu setingan yang laeinnya????thankz

  36. Etak says:

    mantab… aku uda coba, tapi ko g bisa nyambung ya,
    apa semua hp bisa djadikan modem ato cuma hp tertentu aja???

    hpku tipe LG KP110 dan LG KU250.

    dua-duanya g bisa..
    mohon bantuannya.
    trims

  37. ana says:

    apa merk n jenis smua hp yg udh di aktfn gprsnya bisa d pake bwt modem?? klo nokia 7210 supernova bsa pa ga? klo pake bluetooth pa cra’y jg sma? tlong bagi informasinya donk???

  38. sang pembaptis says:

    manis kali mulut ular yg di atas @darius ginting
    jangan mau kalian tertipu sama ULAR ini..
    setelah kalian mengirim email sama ULAR ini, kalian akan di minta mentransfer uang sebesar rp 50.000 utk membayar harga software yg ditawarkan. jika kalian menanyakan nama software tersebut jangan harap si ULAR akan mengasi tau namanya.. kenapa????
    kerna software tersebut udah banyak berserak di internet dan banyak blog yg menjelaskan cara penggunaannya.. tapi si ULAR ini dengan liciknya mencari ke untungan dengan menjual software tersebut.. si ULAR tidak mau mengasi tau nama software tersebut supaya kalian tidak dapat mencari informasi ttg software tsb.. padahal software tersebut berupa OPEN SOURCE dan gratis.. bisa di unduh dari situs resminya..

    ingat si ULAR akan mengasikan garansi seandainya kalian tidak puas dengan software tersebut, uang akan kembali.. ini cuma janji2 si ULAR doang.. BULLSHIT kalo uang kalian kembali..

    kenapa aq menulis komen ini???
    kerna aq salah satu yg tertipu oleh Si ULAR ini, padahal software yg dijual oleh si ULAR ini sudah pernah aq gunakan sebelumnya.. padahal dari pertama aq sudah curiga kenapa si ULAR tidak mau memberi tau nama software yg ditawarkannya, kerna dia memberi garansi uang kembali.. makanya aq transfer uang 50rb ke rek BCA si ULAR.. ternyata setelah mendapat email dari si ULAR baru aq tau bahwa aq telah tertipu.. aq mengirim email kembali kepada si ULAR, bahwa aq sudah pernah menggunakan software tsb dan meminta uang kembali, kerna software tersebut banyak kekuranngannya.. hasilnya apa??
    si ULAR sama sekali tidak menanggapi email, sms dan telpon dari aq..

    semoga kalian tidak tertipu lagi dengan si ULAR ini, cukup aq dan orang2 sebelumnya yg pernah tertipu…

    si ULAR yg aq maksud adalah DARIUS GINTING
    EMAIL darius_lin@yahoo.com
    no telpon: 02197912390

    pasti kalian akan bertanya apa software yg di jual oleh si ULAR??
    softwarenya adalah MICROemulator+ opera mini..
    kalian bisa googling dengan keyword di atas.. banyak blog yg menjelaskan cara penggunaanya.. tidak perlu kalian mengeluarkan uang utk mendapatkan software tsb..

    kalo kalian tidak percaya n menganggap ini cuma fitnah tanpa fakta, silakan kalian buktikan sendiri..

    • topan says:

      @sang pembaptis: Iya mas. Terima kasih peringatannya. Saya duu juga pernah dihubungi beberapa kali melalui email. Tapi tetap saja saya gak mau beli. La saya gak punya duit.
      :lol:

    • topan says:

      @Heroe Ssk:
      Saya tidak menggunakan Blackberry mas. mungkin Anda bisa menanyakannya pada provider kaertu Anda. Tapi setahu saya, teman saya menggunakan XL terkena potongan 5000rb perhari dengan koneksi unlimited.

  39. yasser says:

    minta petunjuknya nih mas, sy punya laptop HP mini 110 sy mo coba konek pake hp nokia CDMA tapi kok error terus, apa memang tidak bisa sama sekali ato ada settingan lain??

  40. fariz says:

    mas kalo download driver 3120 classic untuk windows seven(7) dimana ????
    di webnya nokia gxx ada yg buat windows 7
    sebelumnya THXx yach.. :)

  41. fariz says:

    mas kalo hp 3120 classic klo dijadiin modem,,truss laptopku pKenya windows 7 pke driver mana
    mohon bantuannya….^_^

  42. Pak Yoyok says:

    mas aku pake SE K630i setting gprsnya selalu salah tak pakai internetan bisa tapi biayanya muahal sekali solusinya mas

  43. kzp says:

    Mas,,,,maksud yang “Untuk koneksi IM3 GPRS Time Based / Berdasar Waktu anda bisa membeli Pulsa Gprs seharga sekitar Rp. 7.500 untuk 250 Menit.”
    emang da plsa Im3 khusus Gprs ya….??
    Saya qo ru tau ya…….

    • Topan says:

      @kzp:
      Ada. Klo mo beli pulsa di celuler bilang aja sama yang jual gini:
      “Mas, beli pulsa gprs.”
      Ntar kan mas nya yg jual tau.
      :p
      Btw, maaf bagi komentar2 diatas yg tdk sy jawab itu berarti bahwa sy tdk tau jawabannya.
      :)

  44. sutaryo says:

    mau tanya neh, Nokia 2700clasic. untuk modem gimana caranya. PC swit sdh tersambung tapi konek Internet ndak bisa? Apa ada yg perlu di istal/seting lagi?

  45. 2FUN says:

    Jawab :
    Matikan koneksi ke Nokia PC suite (di Nokia PC suite, pengaturan koneksi, tanda centang nya di hilangkan semua. Kita connect internet bukan dari Nokia PC suite. Close semua program PC Suite, yg icon PC suite bawah pojok kanan juga di close.

Leave a Reply