Misalnya kita memasang target penghasilan 50 juta rupiah per bulan, itu sangat bisa.

— Merry Riana


Android

Cara Menghapus Suaramu Yang Direkam Oleh Google



Teman-teman mungkin sudah tahu jikalau Google melacak dan menyimpan pencarian web yang biasa kalian lakukan saat menjelah di internet, tetapi apakah kalian tahu bahwa Google juga menyimpan rekaman suara kalian?

Kalian bisa menemukan file-file audio di halaman “Aktivitas Saya“, yang bisa teman-teman akses pada laman www.myactivity.google.com.

Ketika teman-teman membuka laman “Aktivitas Saya” tersebut, kalian akan melihat garis waktu kegiatan yang permah kalian lakukan di seluruh produk dan layanan Google, termasuk situs web yang pernah kalian cari dan kunjungi, juga gambar ataupun video-video yang pernah kalian lihat di masa lalu.

Pengaturan Privasi (Privacy Settings) teman-teman saat ini akan menentukan apa yang akan ditampilkan pada timeline kalian di situ.

 

Mendengarkan Rekaman Yang Pernah Dibuat

Jika teman-teman pernah menggunakan perintah “Ok Google” untuk melakukan pencarian Google menggunakan suara, kalian bisa menggulirkan laman ke bawah menuju tab “Suara dan Audio” atau kalau yang profil Google-nya pake bahasa Inggris bisa langsung aja menuju tab “Voice and Audio Activity” untuk mendengarkan rekaman kamu yang disimpan Google, seperti tampak pada gambar di bawah ini:

 

Sebagai contoh, seperti tampak pada gambar di atas, saya pernah menggunakan fitur voice-control OK Google untuk membuka aplikasi Spotify di HP saya menggunakan perintah suara:

“Buka aplikasi Spotify.”

Sebelumnya juga saya pernah menggunakan perintah suara:

“Rumah makan paling dekat disini dimana ya?”

Nah, semua rekaman itu tersimpan di server Google, tapi kamu jangan khawatir, hanya kamu yang bisa mengaksesnya.

Eh, maksud saya, hanya saya yang bisa mengaksesnya. Jadi saya tidak perlu khawatir. Begitu. Hidup ini terlalu singkat jikalau hanya dihabiskan untuk khawatir pada hal-hal yang tidak bisa kita kontrol.

 

Berikut adalah penjelasan Google mengenai audio yang terekam tersebut:

Google merekam suara Anda dan audio lainnya, serta beberapa detik sebelumnya, saat Anda menggunakan aktivasi suara seperti: Mengucapkan perintah seperti “Ok Google” Men-tap ikon mikrofon. Audio disimpan ke akun hanya jika Anda masuk dan Aktivitas Suara & Audio diaktifkan. Audio dapat disimpan meskipun perangkat sedang offline.

 

Baca juga
HaditsLengkap - Aplikasi Android

Menghapus rekaman dari Aktivitas Suara & Audio

Jika teman-teman ingin menghapus suara kalian yang disimpan Google di server mereka, caranya sangat mudah.

Untuk menghapus rekaman satu per satu, caranya:

Kunjungi laman Aktivitas Suara & Audio.
Tentu kalian harus log-in akun Google terlebih dahulu ya untuk mengaksenya.

  • Seperti tampak pada gambar di atas, Pilih rekaman yang ingin dihapus.
  • Lalu di bagian atas pada menu sebelah kanan, pilih Hapus.

 

Untuk menghapus semua rekaman sekaligus

Kunjungi laman Aktivitas Suara & Audio.

Seperti tampak pada gambar di atas, Di sudut kanan atas, pilih Hapus aktivitas menurut — Pilih tanggal — Sepanjang waktu — Hapus.

 

Nah, gampang kan? Selanjutnya jika kalian ingin mengubah pengaturan default ini agar di masa mendatang Google tidak lagi menyimpan hasil rekaman suara kalian secara otomatis, begini caranya:

Mengubah pengaturan default

Seperti tampak pada gambar di atas, dari bar navigasi di sebelah kiri, klik “Kontrol aktivitas

Setelah masuk ke laman tersebut, gulir ke bawah dan temukan menu “Aktivitas Suara & Audio”. (Voice & Audio Activity)

Matikan opsi tersebut agar Google tidak lagi menyimpan suara kamu di server mereka saat kamu merekam suara di HP kamu.

Inilah penjelasan Google tentang perubahan ini:

Saat aktivitas Suara & Audio dinonaktifkan, masukan suara tidak akan disimpan ke Akun Google, meskipun Anda masuk ke Akun Google. Sebaliknya, masukan suara tersebut hanya dapat disimpan menggunakan pengenal anonim.

 

Tinjau Pengaturan Privasi

Google ingin teman-teman tahu bahwa informasi yang tercantum pada halaman “Aktivitas Saya” adalah pribadi, dan tidak seorangpun mengetahuinya kecuali sang pemilik akun.

Baca juga
Menulis Cepat Di Android Dengan JotterPad

Selain berkas audio, Google juga menyimpan catatan penelusuran web masa lalu kalian, riwayat lokasi, pencarian di YouTube dan banyak lagi lainnya. Kenapa? Semata-mata untuk memberikan kalian experience yang relevan sesuai minat dan bidang yang kalian sukai.

Jika ada waktu, teman-teman bisa menjalankan Alat Pemeriksaan Privasi Google (Privacy Checkup Tool) untuk meninjau dan menyesuaikan pengaturan privasi teman-teman sekalian.

 

Selanjutnya,
Terserah teman-teman, apakah mau menghapus suara hasil rekaman kalian yang disimpan di server Google ataukah membiarkan begitu saja seperti sediakala.

Semoga bermanfaat.

Oh, iya, ini adalah artikel pertama di blog ini yang saya tulis langsung dari HP pake aplikasi WordPress for Android. Termasuk pengambilan screenshoot dan pengunggahan artikelnya. Semoga nanti hasilnya nggak belepotan ya :) Dan jangan lupa cobain aplikasi Android saya yang ada di Google PlayStore. Terima kasih banyak sudah membaca.

Oleh: Taufan Prakoso          




Ikuti MOT|VASEE di