Apa itu Microsoft Office OneNote 2007

Microsoft Office OneNote 2007 adalah sebuah Software untuk menulis catatan-catatan kecil, atau materi-materi kuliah, jadwal kegiatan, planning kegiatan mu untuk seminggu kedepan, untuk mencatat ide yang datang secara tica-tiba, bahkan dapat digunakan seperti Diary atau catatan sehari-hari kamu. Software ini seperti halnya buku catatan elektronik atau Binder atau Notebook atau Loose Leaf yang biasa saya gunakan saat masa-masa kuliah. Semua catatan yang kamu tulis dapat di organisir dan dimanajemen oleh software ini sehingga kamu tidak lagi kesulitan mencari dimana tulisan-tulisan penting kamu. Halaman ini mungkin adalah sedikit tutorial Microsoft Office OneNote.
Berikut uraian selengkapnya :

OneNote adalah program yang di-khusus-kan untuk keperluan pencatatan (note taking), berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan program pengolah kata (word processing). Dengan OneNote kamu mungkin bisa dengan mudah mencatat apa saja yang terlintas di pikiran dan mengelompokkannya secara teratur. Karena OneNote mengorganisasi ide dan pemikiran dengan baik,
Mencatat pada aplikasi ini jauh lebih baik daripada di text editor atau word processor.

OneNote ini juga menyediakan fasilitas Search sehingga saat kamu lupa dimana kamu menulis misal: diary kamu saat berwisata ke Pantai tahun lalu, kamu dapat menemukannya dengan mudah. Kamu juga dapat menyisipkan Foto atau documen lainnya dalam halaman kamu, selain kamu juga dapat mengedit tulisan kamu dengan warna, Stabillo, coretan pensil warna dan fasilitas lainnya untuk memperindah catatan-catatan kamu.

Ada juga fasilitas screen capture (icon dengan tulisan Clip) dimana kamu dapat memotret layar yang sedang tampil di monitor dengan cara menyeleksinya terlebih dahulu dan kemudian dapat menjadikannya format gambar (.png)

Saat kamu selesai menulis dan akan keluar dari program ini kamu juga tidak perlu men-save nya karena semua dilakukan secara otomatis oleh Microsoft Office OneNote 2007. Tinggal Close saja, nanti saat kamu membuka program ini lagi, kamu akan berada di halaman dimana terakhir kamu mengedit nya.

Berikut ini beberapa fitur dari OneNote:

• Fasilitas Insert – Tag – To do
Yaitu sebuah checkbox (kotak kecil) di depan tulisan, yang mana ibarat sebuah jadwal kegiatan, dan bila kamu sudah menyelesaikan pekerjaan itu kamu bisa memberikan tanda Check (centang) di checkbox tersebut. Dan ada sekitar 30-an fasilitas Insert Tag yang lain, seperti insert Tag Idea (dengan gambar lampu), Insert Tag Highlight dan lain sebagainya.
• Dikelompokkan dalam tab dan halaman
Semua catatan dikelompokkan dalam beberapa tab (disebut section), dan setiap tab dibagi lagi menjadi beberapa halaman. Ini memudahkan pengorganisasian semua catatan sehingga kita bisa dengan mudah menemukan catatan yang kita cari.
• Setiap halaman bisa berisi banyak catatan
Untuk setiap halaman, kita bisa membuat banyak catatan sekaligus. Cukup klik di mana saja di halaman itu dan kita bisa mulai menulis. Setiap catatan bisa digeser ke mana saja kita mau sehingga posisi catatan menjadi sangat fleksibel, tidak kaku seperti di Microsoft Word.
• Bisa membuat outline
Kita bisa membuat outline dalam setiap catatan. Ini berarti untuk setiap baris item, kita bisa membuat catatan detailnya yang dapat ditampilkan atau disembunyikan. Ini memudahkan dalam mencatat dan mengembangkan ide, sebab kita bisa melihat gambaran besar maupun detail dengan mudah.
• Semua catatan ada di satu tempat
Kalau kita menulis catatan kita di file teks atau Microsoft Word, biasanya ada banyak file untuk semua catatan kita, satu file untuk setiap jenis catatan. Ini menyulitkan kita saat hendak menuliskan catatan, karena kita harus mencari dulu file yang sesuai dan membukanya. Begitu pula saat kita hendak melihat catatan yang sudah ditulis, kita harus menemukan dulu file yang dimaksud. Bisa jadi ada file yang tercecer di Explorer karena banyaknya file-file yang kamun simpan. Dengan OneNote, semua catatan kita ada di satu tempat (atau lebih gampangnya sebut saja semua file-file Word kamu ada di satu buku). Mudah ditemukan, lengkap dan tidak akan ada yang hilang atau tercecer.
• Kamu tidak perlu save
OneNote secara otomatis akan menyimpan semua yang kita tulis tanpa perlu memakai perintah save seperti biasanya. Di OneNote bahkan tidak ada perintah save ! Ini sangat memudahkan kamu untuk menulis catatan-catatan penting secara cepat.

Dan masih banyak lagi fitur OneNote lainnya yang mungkin akan kamu dapat seiring berjalannya waktu kamu menggunakan software ini, seperti menyimpan catatan dalam bentuk suara, gambar, maupun tulisan tangan, dan lain-lainnya. Saya menggunakan OneNote

Screenshot OneNote 2007 Apa itu Microsoft Office OneNote 2007

Software ini biasanya terinstall otomatis saat kamu pertama menginstall Microsoft Ofiice 2007. OneNote ini merupakan satu wadah dengan aplikasi-aplikasi Microsoft Office 2007 ( seperti Word, PowerPoint, Excel, Access dll) Menurut saya inilah kelebihan Microsoft Office dibanding software-software Word editing lainnya seperti OpenOffice. Saya sudah mengutak-atik software OpenOffice 3.0 namun saya tidak menumukan fasilitas seperti Microsoft Office OneNote 2007 di OpenOffice 3. Memang sih OpenOffice adalah Freeware (Software gratis), namun saya sangat berharap di versi yang akan datang OpenOffice dapat menyediakan fasilitas seperti OneNote seperti yang saya temui di Microsoft Office.

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menggunakan Microsoft Office OneNote yang mungkin tidak anda sadari telah ada di komputer anda saat menginstall Microsoft Office 2007. Microsoft Office OneNote juga ada versi alone nya, yang di install terpisah dengan software-software Microsoft Office lainnya. Mungkin Anda bisa mencari info selengkapnya di Website resmi Microsoft.

Terima kasih.
Semoga bermanfaat.



Topik :
    apa kegunaan Mc OneNote 2007, fungsi microsoft office onenote 2007, fungsi microsoft one note 2007
Software

15 comments

  1. IKA says:

    thanks ya mas Topan,
    tp, btw aman ga sih klo kita punya file penting dionenotte?
    misal aja ada virus dikompt, krn kan dia software ya, bisa diselametin ga klo tiba2 komputernya musti diupgrade?atau ngehank? atau diinstal ulang? thanks sblumnya, klo bersedia minta dijawab ke email aq ya,
    thanks a lot mas Topan ^_^

  2. Budi says:

    biasa gw pake untuk edit (convert) file hasil scan (jpg) caranya buka One Note then pada tab insert pilih=>picture=>from file terus browse cari file jpg(hasil scan) setelah terbuka tinggal klik kanan copy text from picture ……terus buka ms word dan tinggal di pastekan aja

Leave a Reply