Hai, nama saya Taufan Prakoso. Atau panggil saja saya topan. Dilahirkan di Yogyakarta, Indonesia. Saya pernah menduduki bangku di :

SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta, SMP Negeri 16 Yogyakarta, SMU Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Saya juga merupakan alumni dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Yogyakarta, Jurusan Hubungan Internasional. Saya adalah pribadi yang jujur, loyal, berdedikasi tinggi, dan sanggup bekerja dibawah tekanan.  Saya memiliki beberapa pengalaman pekerjaan yang sejarahnya telah saya lampirkan di Curriculum Vitae.

* Loh kok malah kayak nglamar pekerjaan gini? *

Hahaha..

Pada zaman dahulu kala, saya kuliah di jurusan ilmu politik, namun saya lebih banyak mempelajri ilmu komputer daripada ilmu politik itu sendiri. Alhasil, saya menyelesaikan kuliah lebih lama di banding mahasiswa normal pada umumnya. Saat masih kuliah pun, saya memiliki beberapa pekerjaan sambilan seperti jagain rental vcd, jagain gallery pameran lukisan, sampai event organizer wisata kuliner, untuk menambah uang jajan dan tabungan. Karena saya gak bakal bisa makan siang di kantin kampus kalau tidak begitu. Saya kan bukan orang kaya seperti kamu yang tiap hari bisa minta uang sama orangtua se-enaknya.

Di pertengahan 2008, saat masih kuliah, saya iseng-iseng les belajar bahasa jepang. Alasanya, bahasa Inggris kan udah biasa, dan saya ingin sesuatu yang lain. Lagian kan banyak tuh perusahaan Jepang di Indonesia, pikir saya, siapa tau ilmu nya bisa kepake kelak. Saat sedang asyik menterjemahkan bahasa Jepang tentu saja saya membutuhkan sebuah kamus bukan? Nah sayangnya saya tidak menemukan software bahasa Jepang-Indonesia di internet. Saya akhirnya memutuskan berhenti belajar bahasa Jepang setelah beberapa bulan, dan kemudian mulai mendalami bahasa pemograman Visual Basic untuk membuat Software kamus bahasa Jepang.

Ok, bisa Anda lihat sendiri, betapa tolol nya saya. Les bahasa Jepang belum selesai, udah les bahasa pemograman. Udah gitu kuliah Ilmu Politik saya gimana? Semua nya benar-benar tidak ada yang nyambung. Setelah kamus bahasa Jepang-Indonesia yang saya beri nama Kaijin Dictionary tersebut selesai di kerjakan dan saya publish untuk umum, dan telah di download lebih dari 35.000 orang di seluruh dunia, barulah saya bisa bahagia, meskipun semua itu telah mengorbankan beberapa waktu-waktu terpenting dalam hidup saya. Apakah saya mendapatkan keuntungan finansial dari apa yang saya lakukan? Tentu saja tidak. Tapi saya suka melakukannya, dan kelak saya hanya ingin bekerja di perusahaan dimana saya di bayar KARENA saya melakukan sesuatu hal yang saya suka. Titik.

Flashback. Kembali ke masa sebelumnya, saat masih kuliah juga, yaitu sekitar tahun 2005. Saya belajar membuat lagu pertama saya (meskipun suaranya berantakan dan kacau balau) menggunakan software Fruity Loops dan microphone yang biasanya di pakai ibu saya buat pengajian di rumah. Sempat saya publish di blog ini, tapi tidak akan saya berikan link nya, karena lagunya sangat suram.

Di sekitar tahun 2009 (ini kuliah saya baru skripsi), saya menemukan mainan baru. Yaitu kode HTML dan PhP. Tentu nya mainan saya ini dapat di implementasikan pada bidang desain web. Saya mulai aktif nge-blog dengan domain dan hosting berbayar. Dan ber-eksperimen bermain degan kode-kode yang menurut saya rumit (karena di kuliah gak di ajarin kayak gini). Saya membuat dan membangun web mulai dari nol secara otodidak. Satu-satunya guru saya adalah Google. Tempat dimana saya selalu menimba ilmu sampai dengan sekarang.

Di awal 2010, Februari setelah saya wisuda. Saya kemudian bekerja di sebuah Apple store di daerah Yogyakarta. In here, understand Apple Mac OS and iPhone Operating System is a MUST. Banyak sekali hal baru yang saya dapat di sini. Akhir tahun 2010 akhirnya saya keluar dan merintis side-job berupa Service iPhone, upgrade iOS, dan Jailbreak (30 days money back Guarantee).

Kemudian awal 2011, saya menjadi Freelance Web Designer di sebuah Advertising company, yang bergerak dalam bidang Engaged printing, Promotion, Wedding Video & Video animation sampai sekarang. Selain itu saya juga menjadi Google Publisher sampai saat ini.

Ingin nglamar kerja jadi Public Relation dan Internet Marketing di perusahaan besar tapi sampai saat tulisan ini di buat kok belum dapat panggilan juga. Saya udah capek jadi bos. Pengennya jadi karyawan ajah.. hueh..hehe..

Hal-hal yang saya lakukan di atas semuanya bukan merupakan bidang saya, tapi saya berhasil melakukan dan mewujudkannya. Karena saya percaya: “Apapun hal yang kita yakini, pasti bisa tercapai.”

That’s the point. Life is NOT always about skills. Sometimes the person who wins is the person who believe he/she can win!

Hobby saya adalah mentertawakan diri sendiri (karena saya tak akan dan tidak ingin mentertawakan orang lain, apalagi mentertawakan impian orang lain), juga suka travelling, wisata alam, nongkrong di pinggir jalan ngomentari orang lewat, menulis, programming, webdesign, blogging, japanese, twitteran, SocialMediaMarketing, futsal dan ada kalanya ingin menyendiri. I’m only a dreamer and i’m not the only one.

Dari tahun 2012 sampai sekarang saya adalah seorang pemulis pada portal berita online di Situs Anti Gaptek @NGONOOcom dan website rujukan aplikasi android nomer 1 di Indonesia @APLIKAOLOGI. Di tahun 2012 sampai sekarang kamu juga bakal lebih sering menemukan saya di Ambarrukmo Plaza Yogyakarta, karena saya memiliki sebuah counter kecil yang menangani service dan solusi untuk berbagai produk Apple.

Jika suatu saat anda bertemu dengan saya maka jangan kaget. Saya lebih bego daripada muka saya.
Senang berkenalan dengan Anda,

Taufan Prakoso

 

- Follow me on Twitter
– LIKE my Facebook Page
– Lihat salah satu toko online saya di JogjaGadget.com

+ Kirimi saya Email melalui halaman Kontak.

64 comments

  1. nur hadiman says:

    terima kasih atas hadirnya “hanacaraka” telah membantu saya untuk belajar lebih baik ttg penulisan aksara jawa. sungguh sangat hebat program tersebut. ada ganjalan sedikit, pernah pada saat belajar dulu, ada beberapa keunikan dalam tata cara penulisan aksara jawa (sayangnya saya cari dalam pedoman penulisan yg terlampir dlm program ini tidak ada). yakni penulisan “nc”, “nj” bukankah akan terucap luluh menjadi “nyc” dan “nyj”. Misal dalam kata : pancen, janji, panjaluk, konci. Kata “pancen” akan terucap “pa(ny)cen”. Nah dalam penulisan aksara jawa setahu saya tidak menggukan “na” mati, namun “nya” mati. Jika memang benar cara penulisan yg saya ungkapkan, ada usul untuk perbaikan program. Aksara latin “n” akan tertulis aksara jawa “nya” mati jika dan hanya jika setelah “n” (latin) diikuti huruf “c” atau “j” tanpa disisipi spasi.Ada satu pembanding kalimat yg akan tertulis sama pada aksara jawa jika nj tidak tertulis nyj. ” kacang lan jaran” dengan ” kacang lanjaran”. semoga bermanfaat.

  2. di LA says:

    mas, kenalin
    saya dila, 16 sai, malang
    saya dari dulu tertarik sama bahasa jepang, dan mulai belajar otodidak dari anime & dorama (itu mah banyakan maennya XD)
    saya anak smk telkom, dan masih belajar pemrograman, internet, etc
    karna hobi kita banyak yang sama, saya pengen temenan ama mas XD
    yoroshiku!!!^^

  3. yusuf says:

    tnk’s mas atas semuanya saya haturkan banyk2 terimaksih..karna berkat ada in saya lebih paham bnyak..sekali lagi makasih…

  4. yanto says:

    thx ya atas programnya….
    aku ada masalah sedikit ini….
    minta bantuannya….
    Microsoft .NET Framework Runtime 2 program ini tdk bs install….. data error…..
    tolong kirimkan ke email aku ya….. thx….

    • topan says:

      @yanto:
      Mungkin itu berarti proses downloadnya tidak sempurna. Seharusnya jika downloadnya sempurna proses install akan berhasil pada versi Windows manapun. :)

  5. Lucky Ahmad says:

    Mas Topan Kereeeenn…
    Subarashiii…
    sangat bermanfaat buat saya yang saat ini lagi belajar bahasa jepang..
    saya ada saran nih mas..
    bagaimana kalau dibikin juga kamus buat handphone..??
    kayaknya asik tuh, bisa dibawa kemana-mana…
    yang saya punya cman indonesia-inggris..
    yang PDIndonesia-English…

    • topan says:

      @Lucky Ahmad:
      Untuk Kaijin Dictionary sementara ini hanya dapat digunakan untuk Windows. Sedangkan untuk HP (Java, Symbian, iPhone atau Blackberry) sedang saya pelajari. Tapi susah juga. Tampaknya saya mengalami kebuntuan. Doakan saja berhasil ya teman

  6. septa prasetya says:

    Salut buat Mas TP(Topan Prakoso),dari cara belajar otodidak & semangatnya sehingga membuat seperti LOL!!.hee. tp itu cuma perasaan mas,daripada ga ada kemauan tp banyak maunya.
    jadi semangat nih saya tuk pelajari blog(dari dulu mau create,,,cuma niatnya stengah²)
    Sukses buat Mas TP dan sukses terus ya buat KD nya(Kaijin Dictionary)

    Salam kenal
    Septa Prasetya

  7. Ia says:

    Salam knl mas topan, sukses sll…..mas tlng bantu saya gimana cara instalasi LAN buat warnet secara detail, sebelumnya saya ucapkan terima kasih……

  8. apyt says:

    lsm kenal…
    mas minta artiin dunk bahasa italia ” qua sera-sera ariefidence numero uno gracie ..”
    kirim ke email ku aja yah
    makasih bangetrtttt

  9. Ia says:

    Mas, Untuk kedua kalinya saya mau nanya gimana cara mengatasi out of range saat mau mengubah resolusi monitor ke yg lbh tinggi, mohon bantun mas topan, sebelumnya saya ucapkan trima kasih

    • topan says:

      @Ia:
      Aduh mas maaf saya tidak tahu, bukannya ada setting nya ya di monitornya. Atau kalau setting di Windows, di desktop klik kanan, lalu properties, begitu ya maksudnya.

  10. T10 says:

    Salam persahabatan….

    kenapa ya lagunya SAHARA ngga ada di lirik DATABASE…..????? skalian lagu ROCK tahun 80-an.

    makasih

  11. mansen bir says:

    @topan…lam kenal ya,mau nanya nih apa k-touch bisa dijadikan modem laptop….tlng dong jelasin bila ada yg tau

  12. darjat says:

    Mas Topan yang ganteng (seperti di photonya:),
    kenalin saya Darjat, praktisi pendidikan bahasa Jepang, hobi kayaknya gak jauh seperti mas Topan, geweb, grafis, pemrograman, kita tuker-menukar link gimana?, klo diijinkan software KAIJINnya akan saya masukkan ke link download di situs saya http://www.bahasa-jepang.com, boleh minta emailnya? suatu saat mungkin kita bisa kolaborasi.

  13. lham kenall sayha fhumii,,, shaya sekarang thinggall d jarta,, seblunyha shaya d tokyo_jpang,, sdha 6 bulan shya d sini,, dhan bekrjha d prusahaan yang inter… skarang shya senang tinggal d ibue kota yang bernama,, tangs indo..

  14. Amin_PTK says:

    Salam kenal aja Mas Topan…kalau saya pernah kuliah di Jogja selama 2 tahun…jadi cukup tahu daerah-daerah perkotaan Jogja…salam ngeblog aja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *