7 Kunci menuju ketenangan hati

Sebenarnya tidak hanya 7, ada banyak cara untuk mencari ketenangan hati. Namun di sini akan saya tuliskan 7 point saja. Tulisan tentang 7 Kunci menuju ketenangan hati ini sebenarnya sudah pernah saya tulis di blog saya di Friendster yang sudah lama sekali tidak saya buka. Password Friendster nya aja saya lupa.

Tulisan ini sebenarnya bersumber pada sebuah poster berukuran besar di rumah saya, tepatnya di ruang tamu. Saat itu saya menyalin tulisan di poster tersebut pada secarik kertas bekas. Kemudian meletakkannya pada meja belajar di dalam kamar saya, hingga kemudian kertas itu hilang entah kemana.

Namun seiring berjalannya waktu, saya menemukannya kembali ia terselip di dalam lekukan sebuah buku yang jarang sekali saya buka. Akhirnya saya menyalin ulang tulisan pada kertas usang tersebut ke computer menggunakan software evernote agar mudah saya baca kembali di kemudian hari.

Tapi sejak tulisan ini saya publish di blog ini saya tidak tahu lagi dimana poster itu berada, mungkin sudah usang dimakan oleh waktu. Langsung saja, inilah ke-7 kunci ketenangan jiwa tersebut. Beberapa di antaranya saya tambahi keterangan, agar makna yang terkandung di dalamn kata-kata ini dapat Anda pahami seutuhnya :

1. Jangan tergantung pada orang lain.

Tergantunglah pada diri sendiri dan bersikaplah mandiri. Hanya Tuhan-lah satu-satunya zat dimana kamu dapat menggantungkan hidup.

 

2. Jangan berburuk sangka orang lain akan membicarakan/menghinamu.

Berfikirlah positif, hal ini mungkin tidak menyelesaikan SEMUA masalah mu. Tapi kegiatan ini AKAN mengusir sifat pembenci dalam dirimu dan kemudian melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat.

 

3. Jangan selalu mengingat penyesalan di masa lalu.

Oleh karena itu hiduplah sebaik-baiknya. Hidup itu mudah teman, buatlah satu keputusan.. dan JANGAN PERNAH menyesalinya.

 

4. Jangan menyimpan kemarahan, dendam, iri hati dan kebencian.

Resep ketenangan hati adalah jangan pernah menyimpan kebencian. Dendam itu bagaikan racun. Ia bisa menguasai hidupmu. Sebelum kamu menyadarinya, dendam itu bisa mengubahmu menjadi seorang yang jahat. Sebaiknya, jika kau merasa hari mu sungguh berat, maka percayalah bahwa di setiap kesulitan PASTI selalu ada ada kemudahan.

 

7 Kunci menuju ketenangan hati Happy People 7 Kunci menuju ketenangan hati

 

5. Jangan membiasakan sikap terburu buru. Oleh karena itu MANAGE-lah waktumu.

Aset utama dan terpenting dalam kehidupan bukanlah uang, intan, permata ataupun berlian, tetapi adalah WAKTU. Ingatlah bahwa mesin waktu itu tidak pernah ada, kita tak akan bisa membeli waktu, memutar waktu, ataupun menghentikan waktu. Dan demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian yang sangat besar apabila mereka tidak dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

 

6. Jangan pernah khawatir akan hari esok.

Inilah kunci ketenangan hati dan jiwa. Ingatlah bahwa Tuhan menjanjikan masa depan, dan harapan kita tidak akan pernah lenyap.
Bukankah cinta, hidup dan mati itu ada di tangan Tuhan?
Ia telah menuliskan takdir manusia jauh saat sebelum kita di lahirkan.
Ia tahu apa yg terbaik bagi kita, maka dari itu jangan pernah sesali apa yang terjadi meskipun terasa perih bagi kita.
Pada akhirnya setiap manusia akan di ciptakan untuk saling berpasang pasangan, maka dari itu jangan pernah kuatir akan cinta mu. Segala sesuatu akan indah.. pada waktunya. Percayalah. Sudah banyak orang yang pernah mengalaminya.

 

7. Ketuklah, maka pintu akan terbuka.

Ingatlah pada Nya, maka Ia akan mengingatmu.
Berdoalah, maka keluh kesahmu akan didengarkan.

 

Yah, itulah tulisan mengenai tips ketenangan batin  pada poster yang pernah saya miliki dulu. Mungkin ada diantara kamu yang tidak setuju. Ambil saja hikmahnya dan tetaplah semangat.
icon smile 7 Kunci menuju ketenangan hati



Topik :
    ketenangan, ketenangan hati, mencari ketenangan hati, ketenangan jiwa, Tip mendapat ketenangan, tentang ketenangan hati, resep ketenangan hati, proses munuju ketenangan, menuju ketenangan hati, mendapat ketenangan hati
Inspirasi

21 comments

  1. afrie says:

    ass’ semoga semua tuisan in bs bermanfaat bgi kita semua, jujur aq sangat suka dengan tulisan ini yang bisa memberi pelajaran berharga bagi qu..
    terima kasih

  2. ella says:

    aq suka dgn karya tulisanmu,…aq akn mencoba tuk terutama menjadi diri sendiri dan menghargai diriku sendiri………belajar tenang dalam menghadapi masalh

  3. Umariyadi says:

    Sepertinya saya susah menjalankan apa yang anda tuliskan, tapi saya akan berusaha,,, gampang emosi,,, adalah kelemahanku, saya sudah pernah belajar untuk menenangkan diriku tapi rupanya susah, tapi saya percaya akan diriku bisa merubah semua itu.

  4. Magda says:

    Tips ini sangat inspiratif, jika dpt dijalani smua org alangkah damai dunia ini krn dunia akan damai jika ada kesadaran dr msng2 kt untuk menuju suatu ketenangan hati. GBU

  5. Arie Sheba Munandar says:

    Saya ambil poin 3 dan 6
    Karna poin 3 ini sangat kuat sekali mempengaruhi pola hidup seseorang yang sangat susah sekali melupakan masa lalunya, termasuk saya.
    oleh karna itu kita jangan terlalu banyak berfikir kebelakang, nanti akhirnya banyak waktu yang terbuang sia-sia, dan kita akan lupa dengan langkah kedepannya.
    Dan yang ke 6 adalah memang betul kita tidak perlu kuatir akan masa depan klo kita sudah yakin apa yang saat ini kita kerjakan pasti kedepannya pun akan membawa hasil yang baik pula, right…
    Oke thax buat mas topan atas inspirasinya
    Salam sukses selalu

  6. Suci says:

    Sangat inspiratif,, memang g gampang untuk langsung merubah semuanya. Tapi y step by step dan kita juga harus menghargai arti dari sebuah proses..

Leave a Reply