Ayo, sekarang kita bekerja dengan fokus, kita menyerahkan hati dan konsentrasi kita pada pekerjaan.

— Merry Riana


Inspirasi

6 Cara Untuk Mengetahui Siapa Sahabat Sejati Kamu

Aku sampai pada suatu titik dalam hidup ini di mana aku mengerti bahwa kita tidak harus berharap banyak dari orang-orang di sekitar kita, dan bahwa kita juga tidak harus membuat orang bertanggung jawab atas kebahagiaan, kesehatan dan kesejahteraan kita sendiri. Aku banyak kehilangan hal-hal penting dalam hidup ini karena tidak pernah menjaganya secara lebih baik.

Dan meskipun kita mengetahui cara ideal hidup yang bahagia, seimbang dan harmonis, itu karena ada orang-orang dalam kehidupan kita yang biasa kita sebut sebagai sahabat, mereka adalah orang-orang yang mengatakan bahwa mereka mencintai dan memuja kita, dan sahabat adalah orang-orang yang kita sendiri cintai dan pedulikan, mau tak mau kita mulai mengharapkan untuk menerima “perlakuan khusus” dari orang-orang ini.

Kita pasti mengharapkan mereka untuk berada di sisi kita ketika seluruh dunia tidak di sisi kita, dan kita pasti mengharapkan mereka untuk menjaga hubungan tidak hanya dalam hal-hal yang indah, dan masa-masa bahagia, tetapi juga dalam kondisi kita yang paling gelap dan masa-masa suram sekalipun. Dan untuk itulah mengapa saya memutuskan untuk menulis posting blog ini.

“Tidak ada lagi di dunia yang lebih berharga dari persahabatan sejati.”
 Thomas Aquinas

 

Teman-teman disini mungkin belum mengerti apa itu arti sahabat sejati, namun secara garis besar akan kami singgung sedikit mengenai hal tersebut. Berikut adalah 6 cara untuk menilai apakah orang-orang dalam kehidupan kamu — yaitu orang-orang yang menyebut diri mereka sahabat — adalah benar-benar teman sejati kamu.

 

 

Buku PromoKisah-Kisah Menggetarkan Hati, Mereka Yang Mengejar Ridho Ilahi. Mengenali yang haram agar tak salah jalan. Atas nama gengsi, seperempat orang Indonesia berhutang. Buku Mencari Jalan Pulang. Karya Saptuari Sugiharto. Dapatkan sekarang!


1. Sahabat sejati menghormati kata-kata yang keluar dari mulut mereka dengan sebuah tindakan.

“The focus should not be on talking. Talk is cheap. It must be on action.”
Howard Berman

Berbicara itu mudah. Yang membuatnya berharga adalah adanya tindakan. Aku sering nge-tweet omong kosong tentang perihal motivasi karena itu mudah, lebih mudah daripada melakukan tindakan nyata.

Diluar itu, jika sekarang kita berbicara tentang masalah cinta, perlu kita ketahui cinta adalah sebuah kata kerja, bukan kata benda ataupun kata keterangan. Jika seseorang ingin kamu tahu berapa banyak kamu benar-benar berarti bagi mereka, dan betapa pentingnya kehadiran dan keberadaan kamu dalam hidup mereka, maka mereka akan membuktikan kepada kamu bukan hanya dengan menggunakan semua jenis kata-kata indah dan berwarna-warni seperti sandal Melly, tetapi juga dengan memastikan bahwa mereka menghormati semua kata-kata yang pernah mereka ucapkan dengan dengan sebuah tindakan.

Orang-orang yang mencintai dan peduli tentang kamu, adalah teman sejati, mereka menghormati kata-kata mereka dengan tindakan. Tidak hanya bergumam atau berkata namun tanpa makna. Mereka menepati janji-janjinya.

 

 

2. Sahabat sejati mencari waktu untuk kamu dalam jadwal sibuk mereka.

Orang-orang yang mengaku bahwa mereka mencintai kamu, tetapi mereka jarang menyempatkan diri untuk kamu, sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang cinta, dan itu bukanlah teman sejati. “You know nothing, John Snow !!”

Nah, jika kamu benar-benar mencintai seseorang, dan jika hubungan kamu dengan mereka penting bagi kamu, maka kamu akan membuat diri kamu selalu “tersedia” untuk orang-orang ini. Kamu akan menemukan cara untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dengan mereka. Teman sejati menemukan waktu untuk kamu dalam jadwal sibuk mereka.

Buku PromoJika aku menjauhi praktek riba bukan karena aku sok kaya. Tapi karena ingin menghindari dosa. Tidak semua yang dilakukan orang pada umunya itu benar. Dan tidak semua kebenaran dilakukan oleh banyak orang. Aku hanya manusia akhir zaman, yang sedang terus belajar, berbagi dan memperbaiki diri. Buku Kembali Ke Titik Nol. Karya Saptuari Sugiharto. Dapatkan sekarang!


Baca juga
7 Kunci menuju ketenangan hati

Waktu kamu adalah hidup kamu. Itulah sebabnya karunia terbesar yang dapat kamu berikan ke seseorang adalah “waktu”. Tidaklah cukup untuk kita hanya mengatakan “hubungan kita ini penting loh !!” , tetapi kita juga harus membuktikan dengan menginvestasikan waktu kita di dalamnya. Kata-kata saja tidak berharga … Hubungan membutuhkan waktu dan usaha, dan cara terbaik untuk mengeja cinta adalah W-A-K-T-U.

Teman itu seperti daun Dapat ditemukan dimana saja. Sahabat sejati itu seperti berlian Jarang dan sangat berharga.

 

 

3. Sahabat sejati tertawa bersama kamu, tetapi mereka juga menangis dengan kamu.

Saya pernah mendengar seseorang berkata bahwa ketika kita tertawa, seluruh dunia akan tertawa dan berbahagia bersama kita, tetapi ketika menangis, kita menangis sendiri. Dan aku tidak setuju dengan ini. Dari pengalaman pribadi, aku dapat memberitahu kamu bahwa ada orang di dunia ini yang tahu banget bagaimana caranya untuk benar-benar mencintai. — itu bukan aku —

Sahabat sejati adalah orang-orang yang akan berada di sini untuk kamu tanpa mempedulikan kondisi apapun. Mereka adalah orang-orang yang akan tertawa dengan kamu, tapi yang juga akan menangis dengan kamu. Orang-orang yang tidak akan meninggalkan kamu sendirian terutama di saat-saat gelap dan menyakitkan ketika cinta dan dukungan mereka adalah apa yang kamu paling butuhkan. Teman sejati tertawa dengan kamu, tetapi mereka juga menangis bersama kamu.

Jika suatu hari kamu merasa ingin menangis … panggillah aku, aku tidak berjanji bahwa akan membuat kamu tertawa, tapi aku mungkin bisa menangis bersama kamu.
Jika suatu hari kamu ingin lari dari kenyataan hidup ini, jangan takut untuk menelepon aku. Aku berjanji tak akan meminta kamu untuk berhenti berlari, tapi aku janji akan menemani dan berlari bersama kamu.
Jika suatu hari kamu  tidak ingin mendengarkan kata-kata orang lain, panggil aku, Hmm.. aku berjanji untuk berada di sana buat kamu, tetapi aku juga berjanji untuk tetap tenang dan diam, tapi …
Jika suatu hari kamu menelepon, mengirimi pesan, dan tidak pernah ada jawaban selama beberapa hari… datanglah lebih cepat untuk menengokku.. Mungkin aku sangat memerlukan bantuanmu.

 

 

4. Sahabat sejati akan mengingatkan kamu tentang siapa kamu sesungguhnya di balik ini semua.

Tidak peduli berapa kali kamu akan “gagal” untuk menjadi sempurna, atau sulitnya cita-cita kamu untuk menjadi seseorang yang baik dan penuh kasih, dan tidak peduli berapa kali kamu berperilaku gila, negatif, tidak sehat dan urakan, baik terhadap diri sendiri dan terhadap orang-orang di sekitar kamu, orang-orang yang benar-benar mencintai kamu tidak akan menyalahkan dan mengkritik untuk kelemahan kamu tersebut.

Mereka tidak pernah akan menghukum kamu untuk menjadi manusia yang penuh dengan ego dan untuk memiliki sesuatu yang kita semua memiliki yaitu “sisi gelap”. Teman sejati tidak akan melarang kamu untuk apa pun, tapi selalu menghidupkan kembali semangat batin kamu dengan terus-menerus mengingatkan kamu tentang siapa kamu sesungguhnya di balik itu semua, selalu mengingatkan apa cita-cita yang belum kamu saat ini.

Karena mereka mencintai dan memuja kamu, dan karena mereka dapat melihat melampaui semua amukan kamu, keraguan, ketakutan, kegelapan dan ketidakamanan, mereka terus-menerus akan mengingatkan kamu tentang siapa kamu sesungguhnya di balik itu semua, membantu kamu meingkatkan kecerdasan batin, kebijaksanaan, kebesaran dan kekuasaan. Dan membantu kamu untuk menjalani hidup kamu dari tempat yang benar, penuh cahaya, penuh cinta dan integritas, tidak lagi dari tempat yang penuh ketakutan dan keraguan.

Jika kamu memperlakukan seseorang seperti biasa, maka dia akan tetap menjadi seperti seorang yang biasa. Tetapi jika kamu memperlakukan seseorang seolah-olah sesuai apa yang dia inginkan, maka dia akan benar-benar menjadi apa yang seharusnya dia inginkan. Karena setiap orang harus menjadi apa yang dia inginkan dan harus menjadi apa yang dia bisa jadi.

Apakah kamu sudah mendapatkan point penting dari paragraf di atas?

Baca juga
Girls, Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sendiri

 

5. Sahabat sejati memberimu izin untuk menjadi diri sendiri.

Teman sejati, adalah orang-orang yang benar mencintai kamu, mereka tidak akan pernah mencoba untuk mengendalikan hidup kamu, atau untuk mengubah kamu atau untuk meyakinkan kamu bahwa kamu harus menjadi apa pun selain diri kamu sendiri. Mereka memberi kamu izin untuk hanya menjadi apa yang kamu inginkan.

Untuk menjadi diri sendiri, tanpa ada rasa penyesalan, mencintai untuk diri kamu sendiri, dan tidak memaksa siapa yang harus kamu cintai. Ingatlah, teman sejati selalu memberikan izin untuk kamu agar menjadi diri sendiri.

 

6. Sahabat sejati selalu membuat kamu lebih baik.

Teman sejati menuntun kamu ke jalan keluar yang terbaik dalam diri kamu. Mereka membuat hidup kamu lebih manis dengan kata-kata mereka, kehadiran mereka, tindakan dan perilaku mereka. Mereka meningkatkan kemampuan kamu dalam berfikir, mereka meningkatkan kualitas kehidupan kamu, mereka mampu meningkatkan life-skill kamu dan mereka membuat kamu ingin menjadi orang yang lebih baik secara tidak langsung tanpa kamu sadari.

Teman sejati menginspirasi kamu untuk terus hidup dan menggali potensi yang ada di dalam diri kamu, untuk selalu menjadi pribadi lebih baik di setiap hari demi hari, dan untuk terus mencari hikmah di setiap hal baik di dalam kedaan buruk, dan pelajaran di setiap hal jelek di dalam keadaan yang bagus. Selalu-lah ingat, teman sejati membuat kamu lebih baik, dan tidak mengungkapkan kepahitan yang tanpa makna.

Sahabat sejati akan menambah hal-hal baik yang sudah ada dalam hidup kita dan mengurangi hal-hal buruk yang ada di dilamnya. Berusahalah untuk memiliki teman-teman yang baik hati sebanyak mungkin, karena hidup tanpa teman-teman itu seperti hidup di gurun pasir yang tandus … jika kamu menemukan satu sahabat sejati dalam hidup, maka itu adalah sebuah keberuntungan; dan menjaganya adalah sebuah berkat.

 

Nah itu tadi sekilas info mengenai apa arti sahabat. By the way, setiap ada kesempatan membaca buku atau menonton film aku selalu mencari pesan moral apa yang dapat ditarik dari tayangan yang udah ditampilkan. Nah kalau kamu masih bingung pesan moral apa yang ada dalam tulisan ini, kamu bisa membacanya kembali di paragraf pertama.

Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa bahagia 🙂

3615




Ikuti MOT|VASEE di